Sukses

Beauty

Perempuan Mulai dari Usia 25 Kehilangan 1% Kolagen Sebabkan Penuaan Dini, Berikut Dua Kandungan Skincare untuk Wajah Tetap Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Memiliki wajah awet muda dambaan setiap orang, terutama perempuan. Namun, masih banyak yang menunda untuk rutin menggunakan skincare.

Padahal, sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa setiap tahunnya, perempuan mulai dari usia 20-an mengalami penurunan 1% kolagen pada kulit mereka. Kolagen merupakan komponen utama yang menjaga struktur dan memberikan kekuatan pada kulit.

Perempuan memiliki risiko yang lebih tinggi mengalami penuaan dini dibandingkan dengan laki-laki. Hal ini disebabkan karena ketebalan kolagen pada kulit perempuan lebih cepat menipis dibandingkan laki-laki, sehingga perempuan dapat terlihat lebih tua pada usia yang sama.

Meskipun proses penuaan adalah hal yang alami, namun proses ini dapat terjadi sebelum usia yang seharusnya. Oleh karena itu, bagi perempuan, perawatan kulit merupakan investasi jangka panjang yang penting untuk mendukung penampilan dan kecantikan mereka dan nampak awet muda.

Dermatologist, dr. Claudia Christin MBBS, Phd menyampaikan untuk membooster kolagen maka ada baik untuk rutin menggunakan skincare dengan kandungan retinol dan niacinamide.

“Perempuan, khususnya pada usia 25 tahun, mengalami penurunan elastisitas kulit akibat pertambahan usia. Apalagi setiap tahunnya akan terjadi penurunan kolagen sebanyak satu persen,” ujar dr. Claudia dalam acara Ponds Age Miracle.

Retinol dan Niacinamide

Kandungan Retinol telah dipercaya selama puluhan tahun sebagai bahan aktif yang dapat merangsang produksi kolagen yang berguna untuk mencegah penuaan dini. Kandungan Niacinamide juga mendukung peran Retinol dalam mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam pada wajah.

dr. Claudia mengatakan kandungan Retinol memang dapat mengatasi penuaan dini, namun penggunaan yang tidak tepat dapat menimbulkan risiko iritasi. Penelitian Portland State University (2020) juga menunjukan bahwa penggunaan Retinol yang berlebihan dan tidak tepat dapat menyebabkan iritasi, seperti kulit memerah hingga pengelupasan kulit yang berlebihan.

Serta produk dengan Retinol biasanya membutuhkan waktu penyesuaian dalam pemakaiannya dan harus disertai dengan penggunaan bersama tabir surya.

“Retinol ini turunan vitamin A, paling dianjurkan memproduksi kolagen di tubuh. Efek samping retinol biasanya yang diresepkan dokter, misalnya efek kering atau merah. Jika sudah dipasarkan biasanya cenderung aman, namun kulit orang beda-beda, jadi ada baiknya coba perlahan 2-3 seminggu, kalau aman baru ditingkatkan penggunannya,” paparnya.

Sedangkan Niacinamide, dr. Claudia menyampaikan kandungan niacinamide ini sangat mudah digunakan untuk membuat kulit wajah lebih cerah. Bahkan, dari remaja sudah boleh dikenakan. 

“Saat memilih produk harus kenali kondisi kulit, lalu gunakan produk yang sesuai, rajin menggunakan sunscreen, ngga boleh nunggu-nunggu untuk kenakan retinol dan niacinamide, sebab lebih aik mencegaj dibanding sudah muncul tanda penuaan dan barengi dengan pola hidup yang sehat dari makanan hingga istirahat,” ujarnya. 

 

#NeverStopGlowing

Dua kandungan skincare tersebut, terdapat pada  rangkaian produk Pond’s Age Miracle. Pond’s Skin Institute mengembangkan teknologi Retinol-C yang minim risiko iritasi. 

“Setelah melakukan penelitian yang berkesinambungan selama lebih dari 20 tahun, Pond's Skin Institute berhasil menemukan bahan aktif anti-aging yang teruji klinis, sama efektifnya dengan Retinol namun lebih lembut dan stabil,” kata Essy Prita Cinta selaku Product Group Manager Pond’s

Dr Telisiah Utami Putri selaku R&D Unilever Beauty & Wellbeing Manager mengungkapkan jika rangkaian Pond’s Age Miraclemenjadi solusi terbaik untuk mencegah penuaan dini dan minim efek iritasi. 

“Rangkaian diperkaya dengan kandungan Retinol-C, yang terbukti menstimulasi produksi kolagen alami dalam kulit dan minim efek iritasi. Terobosan formulasi ini terbukti efektif dalam mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan, hiperpigmentasi, dan flek hitam, serta meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit hanya dalam waktu 7 hari pemakaian. Selain itu, kandungan Niacinamide telah teruji klinis oleh Dermatologist dapat membantu mencerahkan kulit dalam waktu 7 hari,” ujar. Dr Telisiah 

Essy mengatakan jika Pond's Age Miracle mengajak perempuan Indonesia memulai perjalanan Start Now to  #NeverStopGlowing untuk menemukan pancaran diri yang dimulai dari perawatan kulit sejak usia 25, guna mencegah tanda penuaan dini agar tampil muda bercahaya.

“Melalui kampanye Start Now to #NeverStopGlowing, Pond’s mendukung perempuan Indonesia memulai langkah sejak dini dalam mencapai kesuksesan termasuk dalam penampilan kulit, mengingat bahwa keberhasilan tidak bisa dicapai dalam semalam.” 

Untuk mengetahui kondisi kulit, produk skincare yang cocok, hingga dimake over dengan MUA profesional, bisa datang ke Pond’s Age miracle Lab yang hadir dari tanggal 8 Juni 2023 hingga 11 Juni 2023 di Atrium Laguna Central Park Mall Jakarta.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading