Sukses

Beauty

10 Penyebab Bibir Kering dan Pecah-Pecah yang Jarang Disadari Beserta Cara Mudah untuk Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Sebagai salah satu aset kecantikan, bibir perlu banget untuk diberikan perawatan. Bukan cuma perawatan biasa, tetapi yang ekstra dan maksimal. Pasalnya, di balik bibir sehat, tersembunyi aura kecantikan yang bisa semakin terpancarkan. Beda lagi jika kamu memperlakukan bibir secara asal-asalan, yang akhirnya dapat menyebabkan berbagai permasalahan yang bikin risih, misalnya saja seperti kondisi bibir kering dan bibir pecah-pecah. 

Memiliki bibir kering dan pecah-pecah memang sangat menyebalkan ya, Sahabat Fimela. Pasalnya, masalah ini bisa banget mengganggu penampilan dan menyulitkan diri sendiri saat hendak memakai lipstik atau riasan bibir lainnya. Parahnya lagi, kondisi ini juga bisa membuat bibir jadi berdarah karena saking keringnya dan sering terkelupas. 

Oleh karena itu, penting untuk selalu memperhatikan kondisi bibir setiap saat agar masalah yang satu ini nggak sampai kejadian. Namun sebelum itu, kamu juga perlu nih mengetahui apa saja penyebab dari bibir kering dan bibir pecah-pecah. Sebab, dengan mengetahui penyebabnya, kamu pun akan bisa mencari solusi jitu untuk mengatasi bibir yang kering serta pecah-pecah. Tanpa basi-basi lagi, berikut daftarnya!

1. Kurang Minum Air Putih

Kamu pasti sudah sering mendapatkan anjuran untuk mengonsumsi air putih yang cukup, bukan? Memang benar jika memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh harus menjadi kebiasaan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan begitu, kamu jadi terhindar dari masalah dehidrasi serta berbagai jenis penyakit yang mungkin saja bisa mengintai.

Akan tetapi, siapa yang menyangka jika rutin minum air putih juga dapat membantu menghidrasi kulit, termasuk pula pada area bibir. Dengan kulit yang lembab, sudah tentu kondisi seperti bibir kering serta pecah-pecah dapat dihindari. Untuk itu, jika bibir sering kering serta pecah-pecah, coba diingat lagi berapa banyak gelas air putih yang telah kamu minum. Karena bisa jadi asupan air putih yang diminum kurang dari jumlah normalnya.  

2. Suka Menjilat Bibir

Apabila memiliki kebiasaan menjilat bibir, sebaiknya hentikan sekarang juga sebelum hal yang nggak mengenakkan terjadi. Ini karena, salah satu penyebab bibir menjadi kering dan pecah-pecah adalah karena sering dijilati. Sadar atau nggak, hal seperti ini sangat kurang baik untuk dilakukan.

Meskipun bibir bisa basah karena terkena air liur, namun hal tersebut hanya berlaku sementara saja. Pasalnya, di dalam air liur terkandung enzim pencernaan yang berfungsi untuk mencerna makanan di dalam tubuh. Apabila enzim ini sampai terkena udara, bisa-bisa malah menjadi uap dan akhirnya menghilang. Inilah yang kemudian menyebabkan kondisi bibir kering serta pecah-pecah bisa semakin parah.

3. Sering Menggigit Bibir

Kebiasaan yang satu ini sering banget dilakukan orang-orang tanpa sadar. Baik itu saat sedang gugup, merasakan kebosanan, atau di kala sedang merenung. Akan tetapi, sering menggigit bibir ini ternyata memiliki potensi yang besar untuk memperparah kesehatan bibir kamu, lho. 

Saat menggigit bibir, gigi otomatis melakukan kontak fisik dengan bibir dan berkemungkinan besar akan membuatnya menjadi iritasi. Selain itu, bibir yang terlalu sering digigit juga dapat membuat lapisan kulit menjadi terkelupas dan ujung-ujungnya berdarah. Oleh karena itu, hindari mulai sekarang perbuatan seperti ini, ya.

4. Terlalu Banyak Minum Alkohol

Seperti yang telah diketahui, terlalu banyak minum alkohol bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah malnutrisi, di mana penyerapan vitamin dan mineral di dalam tubuh jadi terhambat. Sebagai akibat, kamu pun jadi nggak mendapatkan kedua nutrisi ini dengan cukup. 

Selain itu, kekurangan vitamin dan mineral juga dapat berujung pada kulit bibir yang kering dan pecah-pecah. Untuk menyiasati masalah ini, sebaiknya kurangi mengonsumsi alkohol sedini mungkin. Bisa juga untuk mengubah kebiasaan minum alkohol dengan rajin minum air putih, yang sudah pasti lebih sehat. 

5. Banyak Mengonsumsi Makanan Asin dan Pedas

Makanan Indonesia pada umumnya memiliki rasa yang dominan asin dan pedas. Memang godaan berbagai makanan tersebut bisa sangat nggak tertahankan. Apalagi karena variasinya yang sangat banyak dan hampir semuanya terasa enak. Meski begitu, ada perlunya untuk mengurangi menyantap makanan yang asin dan pedas yang terlalu sering.

Pasalnya, kedua jenis makanan ini dapat menjadi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Garam yang terkandung di dalam makanan asin nyatanya bisa mengiritasi lapisan kulit bibir dan membuatnya mengalami peradangan, begitu pula seperti makanan pedas. Jadi, perhatikan jumlah asupan makanan asin dan pedas setiap harinya, ya.

6. Terpapar Sinar Matahari yang Berlebihan

Bukan cuma kulit di area tangan dan kaki saja yang bisa menjadi kering akibat paparan sinar matahari, melainkan juga di sekitar area wajah seperti kulit bibir contohnya. Ini terjadi karena panas yang dihasilkan oleh matahari nggak hanya mampu menghilangkan kelembapan pada kulit tubuh di bagian tangan dan kaki saja, melainkan juga bibir. Terlebih lagi karena kulit bibir cenderung lebih tipis dan nggak memiliki pelindung khusus seperti area kulit tubuh lainnya. 

7. Mengonsumsi Obat-Obatan

Bibir yang kering dan pecah-pecah ternyata juga bisa diakibatkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu. Beberapa di antaranya adalah obat kemo terapi, obat penekan pembuluh darah, dan obat vertigo yang memiliki efek samping berupa bibir menjadi kering serta terkelupas. Selain itu, kamu juga perlu berhati-hati terhadap reaksi alergi yang disebabkan oleh penggunaan benda sehari-hari, seperti pasta gigi yang mengandung guaiazulene atau sodium lauryl sulfate di dalamnya.

8. Kekurangan Vitamin dan Zinc

Kekurangan vitamin B dan zinc, terbukti dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Kondisi yang diakibatkan oleh kekurangan nutrisi ini bisa dianggap sangat serius, karena membutuhkan waktu yang lama untuk menyembuhkannya. Nah, mengingat tubuh nggak menghasilkan berbagai nutrisi ini, maka solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayur-sayuran dan kacang-kacangan yang tinggi vitamin dan mineral.

9. Faktor Cuaca

Bukan cuma paparan sinar matahari saja yang mampu mengakibatkan bibir kering dan pecah-pecah, melainkan juga cuaca. Cuaca yang terlalu dingin atau kering biasanya menjadi salah satu penyebab mengapa bibir dapat kering dan pecah-pecah. Apalagi jika kamu memiliki permukaan kulit bibir yang sensitif.

Cuaca yang kering atau dingin dapat memicu hilangnya kelembapan pada bibir. Jika dibiarkan, lama-kelamaan lapisan kulit bibir bisa saja terkelupas. Bahkan yang lebih parah, bibir bisa mengalami luka serta peradangan yang mengkhawatirkan.

10. Masalah Angular Cheilitis

Kamu harus waspada apabila bibir terasa kering, panas, gatal, keras jika diraba, bersisik, bahkan timbul luka di sudut bibir. Karena bisa saja hal tersebut merupakan gejala dari angular cheilitis atau kondisi di mana luka yang terjadi di sudut bibir. Adapun peradangan ini disebabkan oleh infeksi jamur Candida atau Staphylococcus aureus. Jika ingin mengatasi masalah bibir yang satu ini, kamu perlu untuk mengunjungi dokter untuk dapat mendapatkan penanganan medis yang tepat. 

Tips Mengatasi Masalah Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Mengalami bibir kering dan pecah-pecah memang bukan pengalaman yang menyenangkan. Meskipun demikian, masih ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi permasalahan bibir yang satu ini. Berikut 5 tips yang patut kamu terapkan.

Oleskan Lip Balm

Pertama-tama, kamu bisa mencoba mengoleskan lip balm pada bibir kering dan pecah-pecah. Sebaiknya lakukan hal ini setiap hari agar kelembapan bibir tetap terjaga. Terlebih lagi bila kamu tinggal di daerah yang kering atau bersuhu sangat dingin, seperti pinggiran laut atau pegunungan. 

Produk lip balm yang bagus biasanya bersifat non-comedogenic. Artinya produk tersebut ampuh mencegah bibir kering tanpa perlu takut menimbulkan reaksi alergi. Selain itu, produk lip balm yang wajib dipilih adalah yang mengandung bahan-bahan alami, seperti minyak alami jojoba dan avocado. Sehinga, bibir nggak cuma bisa lembap, tetapi juga glossy dan bahkan lebih lembut saat disentuh.

Pilih Produk Lipstik yang Tepat

Tips yang kedua adalah memperhatikan penggunaan lipstik yang dipakai dalam keseharian. Ketahuilah bahwa produk lipstik yang nggak sesuai dengan kulit bibirmu bisa berakibat buruk, termasuk pula membuatnya jadi kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu, cermatlah dalam membeli lipstik dan pastikan produk tersebut telah diformulasikan khusus untuk mengatasi bibir yang kering serta pecah-pecah. 

Manfaatkan MaduJika bibir kering dan pecah-pecah, cobalah untuk mengoleskan madu alami di permukaannya. Umumnya, madu memiliki sifat anti-mikroba, anti-jamur, dan anti-radang. Selain itu, bahan alami ini juga ampuh dalam membantu mengatasi bibir yang mudah kering dan terkelupas. Untuk caranya, cukup oleskan saja secara merata di kulit bibir. Lakukan hal ini secara rutin sampai kondisinya bisa lebih baik dan sehat. 

Manfaatkan Madu

Jika bibir kering dan pecah-pecah, cobalah untuk mengoleskan madu alami di permukaannya. Umumnya, madu memiliki sifat anti-mikroba, anti-jamur, dan anti-radang. Selain itu, bahan alami ini juga ampuh dalam membantu mengatasi bibir yang mudah kering dan terkelupas. Untuk caranya, cukup oleskan saja secara merata di kulit bibir. Lakukan hal ini secara rutin sampai kondisinya bisa lebih baik dan sehat. 

Gunakan Gel Lidah Buaya

Cara lainnya yang bisa dilakukan saat bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan memanfaatkan gel lidah buaya. Bahan alami ini memang sudah dikenal memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, khususnya pada kulit. Gel lidah buaya sebagai obat bibir kering dan pecah-pecah bahkan sudah semakin marak ditemukan dengan merek dan harga yang bervariasi. 

Tapi tetap berhati-hati juga ya. Sebab, belum tentu semua produk gel lidah buaya seratus persen asli dan bisa saja ada yang sengaja dioplos alias dicampur bahan-bahan yang nggak teruji klinis. 

Pakai Obat atau Krim dari Resep Dokter

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah terakhir adalah dengan menggunakan obat atau krim dari resep dokter. Tips untuk bibir kering dan pecah-pecah ini sebenarnya bisa dicoba apabila kondisi bibir semakin parah dan sulit untuk disembuhkan, misalnya saja dalam kasus bibir yang mengalami angular cheilitis.

Pasalnya, bibir kering yang diakibatkan oleh penyakit ini memang memiliki berbagai gejala yang bikin nggak nyaman. Sehingga, harus segera diberikan penanganan medis yang benar sesuai tipe kulit bibir kamu.

Nah, sekarang kamu sudah semakin tahu bukan apa saja penyebab terjadinya bibir kering dan pecah-pecah? Perlu diingat pula bahwa sebagian besar dari penyebab ini adalah karena kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari. Jadi, sebisa mungkin hindarilah hal-hal yang ada di atas dan ubah gaya hidup menjadi lebih baik serta sehat.

Oiya, jangan lupakan pula untuk mencoba beberapa tips mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang telah dijelaskan. Sebab, semua cara tersebut pasti akan bermanfaat, entah di waktu kini atau masa depan. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading