Sukses

Beauty

Tanpa Perlu Repot, Begini Perawatan Wajah yang Bisa Dilakukan Saat Mengalami Breakout

Fimela.com, Jakarta Tiba-tiba mengalami kondisi kulit yang meradang dan muncul banyak jerawat jelas bikin panik. Muncul satu saja sudah mengganggu, apalagi ini dalam jumlah banyak pastinya bikin penampilan jadi kurang oke. Dalam dunia kecantikan, kondisi ini dikenal dengan istilah breakout. Breakout adalah kondisi kulit ketika mengalami iritasi, kemerahan dan muncul banyak jerawat.

Ada banyak penyebab breakout yang bisa dialami perempuan. Mulai dari stres dan kurang istirahat, penggunaan produk skincare atau makeup yang kurang tepat, sampai pola diet yang nggak sehat. Saat mengalami kondisi yang satu ini, jangan panik. Ada beberapa rutinitas perawatan wajah yang bisa dilakukan buat mengatasi breakout tanpa repot. Apa saja sih?

Cuci Wajah 2 Kali Sehari

Basic skincare pertama yang wajib banget dilakukan saat mengalami breakout adalah rutin cuci wajah 2 kali sehari. Hal ini penting untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu dan polusi yang menempel di permukaan wajah, karena bisa memicu pertumbuhan jerawat yang lebih banyak.

Jadi, disarankan untuk mencuci wajah setiap pagi dan malam hari setelah beraktivitas. Jangan lupa lakukan double cleansing, yaitu dengan facial cleanser yang cocok untuk kulit sensitif dan pilih sabun pembersih dengan busa lembut dan formula menenangkan kulit.

Tetap Pakai Moisturizer Ya!

Saat sedang breakout, sering banget jadi super cemas dengan produk apapun yang digunakan. Tapi, disarankan agar kamu tetap menggunakan pelembap atau moisturizer ya. Hal ini sangat penting untuk menjaga kelembapan alami kulit, sebab kulit yang kering bisa memicu produksi minyak semakin banyak. Kondisi tersebut bisa merangsang pertumbuhan jerawat yang bertambah parah.

Namun, pastikan moisturizer yang dipilih sesuai dengan kondisi kulit. Carilah produk yang memiliki label non comedogenic dengan tekstur ringan yang mudah diserap kulit. Hal ini penting agar formula pelembap tidak menyumbat pori-pori.

Minimalisir Penggunaan Makeup

Saat mengalami breakout parah, disarankan untuk mengurangi penggunaan makeup untuk sementara waktu. Hal ini sangat penting untuk mencegah formula tertentu pada makeup yang bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan breakout pun semakin parah.

Selain itu, pastikan tangan bersih saat akan mengaplikasikan produk apapun ke wajah. Cuci secara rutin sponge atau makeup brush yang dipakai untuk menghindari transfer bakteri yang menyebabkan pertumbuhan jerawat.

Gunakan Acne Patch

Saat melakukan perawatan wajah yang mengalami breakout, kamu bisa mencoba gunakan acne patch sebagai salah satu solusi mengatasi masalah tersebut. Produk yang satu ini dapat membantu mengatasi jerawat dengan praktis karena memiliki kandungan Benzoil Peroksida, Salicylic Acid, dan Tea Tree Oil.

Ketiganya dikenal sebagai formula antibakteri yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat sekaligus menenangkan kulit. Selain itu, penggunaan acne patch juga bisa meminimalisir kebiasaan pegang-pegang jerawat yang malah menimbulkan transfer bakteri.

Sekarang nggak perlu galau lagi dengan masalah breakout. Perawatan di atas bisa membantu mengatasinya tanpa perlu repot. Selamat mencoba, Sahabat Fimela!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading