Sukses

Beauty

Diary Fimela, Kisah Inspiratif Bidan Seruni dari Gaji Ratusan Ribu Kini Jadi Pengusaha Sukses Hingga Jadi TikToker

Fimela.com, Jakarta Tak pernah terbayang dalam benak Seruni untuk bisa menjadi seorang pengusaha sukses. Sebelumnya, Seruni hanyalah seorang Bidan di daerah Bogor pedalaman.

Ia pun kerap disapa dengan sebutan Bidan Seruni.Saat kecil, ia sangat ingin menjadi guru, polisi, hingga ingin menjadi seorang pramugari. Cita-cita itu membuatnya berkali-kali mengikuti tes seleksi masuk demi meraih profesi impiannya tersebut.

Sayangnya, ia mengalami kegagalan terus menurus hingg tidak pernah berhasil menjadi seorang guru, polisi ataupun pramugari.Setelah berkali-kali gagal, akhirnya ia memutuskan untuk menjadi seorang Bidan. Seruni mengatakan bahwa menjadi seorang Bidan artinya mengerjakan tugas mulia karena bisa bermanfaat untuk orang lain.

Seruni sangat memegang prinsip “Khairunnas Anfauhum Linna” yang artinya Sebaik-baiknya manusia adalah dia yang bisa bermanfaat untuk orang lain. Saat menjadi seorang Bidan, seruni hanya mendapatkan gaji ratusan ribu. Tetapi profesi itu tetap ia jalankan dengan tulus karena ia ingin selalu bisa membantu orang lain.

Hingga akhirnya, hal menyedihkan pun menimpanya. Sang ayah di rumah harus jatuh sakit dan harus dijaga 24 jam, sehingga Seruni terpaksa harus berhenti dari pekerjaannya untuk menjaga orangtuanya hingga pulih.

“Setelah sang ayahanda sembuh, saya mulai bekerja lagi sebagai seorang Bidan pada tahun 2019 di sebuah klinik selama 2 tahun, hingga akhirnya Seruni membuka praktek Bidan sendiri,” katanya. 

Edukasi melalui media sosial

Pada tahun 2020 di saat sedang Covid, Seruni mulai menggunakan aplikasi Tiktok dan membuat video Edukasi tentang Kebidanan. Ia lakukan itu secara konsisten karena ingin memberikan edukasi tentang kebidanan kepada masyarakat yang membutuhkan pengetahuan secara cuma-Cuma. 

Hingga akhirnya, ia pun berhasil menjadi influencer di Tiktok yang dikenal sebagai Bidan Seruni, karena identik dengan konten-konten seputar kebidanan.

Saat Tiktok memiliki fitur Tiktok Affiliate, Seruni coba mengadu Nasib dengan menjadi affiliator di TikTok. Dan tidak disangka-sangka, keberhasilan menyertainya.

“Karena berjualan di TikTok, saya yang dulu hanyalah seorang Bidan, kini mampu untuk membeli tanah, kendaraan dan barang-barang berharga lainnya dari uang yang dia hasilkan sendiri melalui bisnis,” ujarnya. 

Mendirikan brand skincareSetelah berhasil menjadi seorang Affiliator untuk brand orang lain di TikTok, pada pertengahan tahun 2023 Seruni memberanikan diri untuk mendirikan Brand sendiri yang ia namakan sebagai Brand Seruni.Saat ini Brand Seruni memiliki 4 kategori produk skincare yaitu, Diamond Brighten Cleanser Face Wash, Dark Spot & Brightening Serum, Exclusive Day Cream dan Exclusive Night Cream.

“Saya akan melakukan pengembangan produk dari Brand Seruni untuk cakupan yang lebih luas, tidak hanya pada produk-produk beauty dan skincare. Nantinya akan ada produk-produk untuk Bayi, Ibu dan Ayah,” katanya.

Pekerjaan Seruni sebagai seorang Bidan yang membuat ia ingin tetap hadir di tengah Ibu, Ayah dan Anak. Dan menghadirkan produk berkualitas dengan harga terjangkau untuk mereka semua. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading