Sukses

Beauty

Urutan Perawatan Rambut yang Benar Agar Rambut Makin Kuat dan Sehat

Fimela.com, Jakarta Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat.

Penampilan biasanya dilihat dari hal yang terlihat dari luar, seperti pakaian yang kamu kenakan, makeup bahkan tatanan rambutmu. Bagi perempuan, hal yang dianggap paling penting adalah makeup. Namun rambut pun penting juga untuk mengimbangi makeup yang kamu kenakan. Untuk apa kamu mengenakan makeup yang cantik namun rambutnya tak sesuai?

Untuk membuat tatanan rambut yang bagus, kamu harus punya rambut yang sehat terlebih dahulu. Rambut yang sehat bisa kamu dapatkan dengan merawat rambut secara urut dan benar. Berikut urutan perawatan rambut yang benar agar rambut semakin kuat dan sehat.

1. Hair Oil

Urutan hair care pertama yang harus kamu lakukan adalah mengaplikasikan hair oil. Ini adalah minyak khusus rambut yang memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan dan membuat rambut berkilau.

Kamu bisa menggunakan hair oil minimal dua minggu sekali sebelum keramas. Penggunaan hair oil yang berlebihan dapat menimbulkan rambut kelebihan minyak, jadi jangan biarkan hair oil menempel lama-lama, ya.

2. Sampo

Mencuci rambut dengan shampo adalah tahap yang paling penting dalam hair care. Keramas mampu membersihkan kulit kepala dan seluruh bagian rambut dari kotoran-kotoran yang menempel setelah aktivitas seharian.

Jangan lupa sesuaikan sampo yang kamu gunakan dengan kebutuhan rambutmu. Misalnya jika rambutmu rontok, maka gunakan sampo yang punya klaim bisa mengatasi rambut rontok.

Umumnya, kebanyakan orang mencuci rambut dengan sampo setidaknya dua atau tiga kali seminggu. Namun kebutuhan tiap orang berbeda-beda, jadi sesuaikan dengan kebutuhan rambutmu sendiri ya, Sahabat Fimela.

3. Kondisioner

Setelah keramas, kamu bisa menggunakan kondisioner. Penggunaan kondisioner sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki rambut kering. Karena, produk perawatan rambut ini sangat bagus untuk melembabkan rambut.

Ada 4 jenis kondisioner, Pre-Shampoo Conditioning Treatment, Rinse-Out Conditioner, Leave-In Conditioner dan Deep Conditioner. Pahami perbedaan di antara keempatnya dan sesuaikan dengan kebutuhan rambutmu.

Gunakan kondisioner secukupnya sesuai volume rambut kamu. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, sebarkan kondisioner dengan menyisir rambut dengan jari tangan atau sisir bergigi. Lalu, diamkan selama 20 - 30 menit, kemudian bilas bersih.

4. Hair Tonic

Hair tonic adalah vitamin rambut yang memiliki kombinasi minyak, parfum, alkohol dan mampu untuk merangsang pertumbuhan rambut. Kamu bisa gunakan hair tonic setiap hari, namun lebih baik sesuaikan dengan kebutuhan rambut kamu.

Setelah keramas, tunggu sampai rambut setengah kering. Lalu, teteskan secukupnya hair tonic pada kulit kepala. Kemudian, pijat lembut agar nutrisi hair tonic bisa terserap ke bagian dalam rambut.

5. Masker Rambut

Hair mask bermanfaat untuk memberi nutrisi rambut sambil menguatkan akar, sehingga meminimalisir rambut rontok. Gunakan hair mask setelah keramas ketika rambut sudah setengah kering.

Waktu setelah keramas dapat membantu penyerapan hair mask secara maksimal ke dalam rambut. Oleskan hair mask pada rambut pada bagian tengah sampai ujung rambut, kemudian pijat lembut. Setelah itu, diamkan sesaat selama 8 - 10 menit, lalu bilas perlahan.

Perawatan rambut tadi tidak perlu kamu lakukan setiap hari kok. Kamu bisa menyampo rambut dan memakai kondisioner saja selama seminggu sekali, kemudian melakukan perawatan rambut lainnya 2 minggu atau sebulan sekali. Kamu juga bisa tambahkan perawatan conditioner, baik sendiri di rumah atau di salon, sebulan sekali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading