Sukses

Beauty

5 Aturan Simple Mencuci Wajah yang Tepat

Fimela.com, Jakarta Tak hanya tubuh, wajah juga perlu dijaga kebersihannya dengan rutin mencuci wajah supaya tetap cerah dan ternutrisi, terutama bagi kamu yang banyak memiliki aktivitas seharian di luar ruangan. Dengan membersihkan wajah perlu dibersihkan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

Jika debu dan kotoran yang menempel dibiarkan, wajah akan menjadi kusam atau bahkan berjerawat. Munculnya jerawat pada wajah terkadang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Oleh karena itu, kamu perlu selalu mencuci wajah setelah beraktivitas atau menggunakan makeup, baik menggunakan pembersih wajah terlebih dahulu maupun langsung mencucinya menggunakan sabun. 

Pastikan kamu mencuci muka dengan sabun yang sesuai dengan tipe wajahmu untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan dan supaya dapat bekerja secara maksimal pada muka. Dilansir dari itcosmetics.com, pembersih wajah merupakan produk berbahan dasar air yang dapat menjadi berbusa saat dipijat ke kulit dan cenderung mengandung lebih banyak bahan astringen untuk membantu memerangi produksi minyak.

 

 

Aturan Mencuci Wajah yang Perlu Diperhatikan

Mencuci wajah memang merupakan hal yang wajib dilakukan seseorang setiap harinya, tetapi jangan sampai kamu melakukan langkah mencuci muka yang salah dengan tidak memperhatikan aturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Lalu, apa saja sih aturan mencuci wajah yang perlu diperhatikan?

1. Pilih pembersih yang tepat untuk kulitmu

Bagi yang memiliki kulit kering atau sensitif, kamu dapat memilih pembersih yang menghidrasi dan tidak berbusa karena zat penyusun yang digunakan dalam pembersih berbusa cenderung membuat kulit menjadi semakin kering, sedangkan bagi yang memiliki kulit berminyak dan cenderung berjerawat, pembersih berbahan dasar asam salisilat atau berbusa dapat menjadi pilihan terbaik karena kulit berminyak membutuhkan pembersihan yang lebih dalam dan asam salisilat yang terkandung juga dapat membantu menghilangkan minyak dari kulit secara efektif, dilansir dari everydayhealth.com

2. Jangan membilas wajah dengan air panas atau hangat

Mencuci wajah dengan air panas dapat membuat kulit menjadi kering dan teriritasi karena kelembapan yang terserap. Selain itu, air panas juga dapat menyebabkan kemerahan pada wajah, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif atau rosacea. Oleh karena itu, sebaiknya kamu mencuci wajah dengan menggunakan air dingin karena cocok untuk semua jenis kulit dan dapat mengencangkan kulit dengan merangsang aliran darah serta meningkatkan sirkulasi. Bagi kulit yang cenderung berjerawat, air dingin juga dapat memperkecil ukuran pori dan mencegah munculnya jerawat karena pengaturan produksi sebum atau minyak kulit.

 

 

3. Mencuci Wajah Dua Kali Sehari

Sebaiknya kamu mencuci muka dua kali sehari pada pagi hari dan sebelum tidur karena tidur dengan kulit bersih menjadi suatu keharusan. Oleh karena itu, kamu dapat mandi atau membersihkan wajah sebelum tidur untuk menghilangkan segala kotoran yang menempel supaya dapat tidur dengan wajah yang bersih. Begitu pula setelah berolahraga, kamu juga perlu membersihkan diri. 

4. Jangan terlalu banyak eksfoliasi 

Dilansir dari vinmec.com, kulit memiliki penghalang alami yang dapat melindungi dan membantu dalam mempertahankan kelembapannya sehingga jika seseorang melakukan eksfoliasi atau mencuci terlalu sering akan merusak skin barriernya dan menyebabkan iritasi kulit, berjerawat, hingga rasa sensasi yang menyengat saat menggunakan produk lainnya. 

5. Menggunakan toner setelah mencuci muka

Menggunakan toner setelah mencuci muka merupakan langkah yang wajib dilakukan dan tidak boleh diabaikan karena toner merupakan formula cair ringan yang digunakan untuk mengatur ulang pH kulit untuk melindungi diri dari bakteri sehingga ia bekerja untuk menyeimbangkan kembali kulit. 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading