Sukses

Beauty

Sleeping Mask Jadi Rahasia Merawat Kulit Sensitif, Simak di Sini Cara Menggunakannya

Fimela.com, Jakarta Hampir seluruh perempuan mendambakan kulit yang cerah, bersih, dan glowing. Untuk mendapatkannya, membutuhkan perawatan ekstra. Salah satunya adalah menggunakan sleeping mask, yang tengah populer dalam dunia perawatan wajah. Sama halnya seperti rangkaian produk perawatan wajah lainnya, sleeping mask memiliki sejumlah manfaat untuk kulit wajah. 

Berbeda dengan masker pada umumnya, sleeping mask merupakan produk skincare yang dioleskan sebelum hendak tidur dan diformulasikan dengan nutrisi yang ampuh mengatasi kekeringan. Mereka dibiarkan meresap semalaman hingga bangun di pagi hari. Biasanya, sleeping mask memiliki tekstur yang lebih padat dan memiliki bahan aktif yang lebih tinggi. Sehingga mampu memberikan kelembapan dan nutrisi pada kulit selama istirahat. 

Selain melembapkan, mereka juga mampu mengatasi berbagai keluhan seperti meningkatkan tekstur kulit, mencegah datangnya tanda penuaan, hingga mengobati iritasi. Sudah banyak sleeping mask yang dijual di pasaran dari berbagai macam merek lokal dan luar negeri. Mereka cocok digunakan untuk semua jenis kulit, khususnya untuk kulit sensitif. Apa saja?

Kegunaan sleeping mask untuk kulit sensitif

Mungkin hanya sedikit orang ang tahu bahwa sebenarnya kegunaan sleeping mask itu tidak hanya sebatas menghidrasi kulit. Selama tidur, mereka melakukan beberapa fungsi. Pertama, sleeping mask berperan sebagai pelindung dari debu dan kotoran yang menempel pada pori-pori di malam hari. Kedua, berbeda dengan masker lainnya yang hanya ditinggalkan selama beberapa menit, sleeping mask memiliki waktu yang lebih banyak untuk bekerja memberikan perlindungan pada kulit. Semua nutrisi dan vitamin akan meresap lebih optimal dibandingkan masker lainnya. 

Bagi pemilik kulit sensitif, jangan khawatir sleeping mask akan menganggu kondisi kulitmu. Beberapa jenis sleeping mask dirancang khusus untuk kulit sensitif dengan mengandung bahan-bahan yang menenangkan, seperti calendula, aloe vera, dan ceramides. Ketiga bahan tersebut aman dan ampuh untuk meredakan kemerahan dan peradangan pada kulit sensitif. 

Kulit sensitif cenderung lebih rentan terhadap kekeringan, maka dari itu diperlukan adanya dorongan dari luar untuk memberikan hidrasi yang kuat. Sleeping mask adalah senjata ampuhnya. Mereka dikemas dengan kandungan pelembab yang tinggi untuk memberikan hidrasi yang dibutuhkan kulit sensitif, sehingga pemilik kulit sensitif dapat mengurangi rasa ketidaknyamanan akan kekeringan.

Cara penggunaan sleeping mask

Seperti namanya, sleeping mask, yaitu masker yang digunakan selama beristirahat. Penggunaan sleeping mask tidak akan merubah rutinitas perawatan wajah, cukup oleskan saat tahap akhir rangkaian di malam hari. Ikuti beberapa langkah di bawah ini. 

Bersihkan wajah sebelum menggunakan skincare

Mencuci muka merupakan langkah pertama dan yang paling utama sebelum melakukan rutinitas perawatan wajah. Gunakan facial wash yang kamu punya untuk membersihkan kotoran-kotoran dan debu yang menempel setelah beraktivitas seharian. Langkah ini penting dilakukan untuk memastikan sudah tidak ada sisa-sisa riasan sekaligus membuka pori-pori yang tersumbat. 

Lanjutkan dengan serum

Setelah wajah dipastikan telah bersih dengan sempurna, selanjutnya adalah gunakan serum yang mengandung hyaluronic acid dan niacinamide untuk memberikan kelembapan dan mengatasi kemerahan. Menggunakan serum juga berfungsi untuk membantu menunda datangnya tanda-tanda penuaan, sehingga membuat tampilan lebih awet muda.

Moisturizer untuk hidrasi yang lebih kencang

Meskipun kegunaan moisturizer dan sleeping mask hampir sama, tetapi tidak ada salahnya untuk menambahkan kelembapan untuk kulit sensitif. Pada dasarnya, moisturizer telah menjadi rutinitas rangkaian perawatan wajah sehari-hari. Mereka berfungsi untuk memberikan kelembapan serta mengunci kadar air dalam wajah agar tidak cepat menguap. Pembedanya adalah moisturizer digunakan pagi dan malam. Sementara sleeping mask digunakan hanya di malam hari saja. 

Saatnya sleeping mask!

Setelah setiap produk kering dengan sempurna, maka saatnya kamu untuk mengoleskan sleeping mask untuk menutup rangkaian perawatan wajah. Oleskan sleeping mask secukupnya dan jangan berlebihan ratakan ke seluruh wajah hingga leher. Banyak yang menganjurkan untuk menggunakan sleeping mask 30 menit sebelum  tidur agar produk menyerap dengan maksimal dan tidak meninggalkan noda di bantal. Rasakan kulit kenyal dan lembut di pagi hari!

 

*Penulis: Balqis Dhia.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading