Sukses

Beauty

Acne Patch Lagi Populer untuk Meredakan Jerawat, Seberapa Efektif Sih Penggunaannya?

Fimela.com, Jakarta Tren skincare terus berkembang dan menghadirkan berbagai inovasi untuk mengatasi masalah kulit. Misalnya saja jerawat yang sampai saat ini masih sering bikin dilema para perempuan. Benjolan kecil yang muncul mungkin terlihat sepele. Tapi, dampaknya nggak sesepele itu karena bisa mengganggu penampilan. Belum lagi bekas jerawat yang sering menimbulkan noda hitam.

Untungnya banyak inovasi treatment yang bisa membantu meredakan jerawat dengan ampuh. Salah satunya adalah acne patch yang belakangan ini sedang trending. Tapi, seberapa efektif sih penggunaannya? Kupas tuntas lebih jauh yuk, Sahabat Fimela!

Apa Sih Acne Patch Itu?

Sesuai dengan namanya, acne patch adalah salah satu treatment jerawat yang berbentuk mirip stiker berwarna transparan yang belakangan ini cukup populer di kalangan beauty enthusiast. Stiker jerawat ini digunakan pada kulit yang mengalami jerawat dengan tujuan menutupi peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Secara umum, acne patch terbuat dari pembalut hidrokoloid yang dapat menyerap kelembapan dan banyak digunakan untuk menyembuhkan luka kronis. Karena bersifat menyerap kelembapan, pembalut ini dapat menyerap cairan yang dipenuhi bakteri sehingga jerawat bisa lebih cepat kering.

Apakah Bisa Meredakan Jerawat dengan Efektif?

Kalau ditanya tentang efektivitasnya, jawabannya bisa bervariasi antara setiap orang. Namun, pada dasarnya kandungan hidrokoloid di dalam acne patch itu sendiri bisa membuat jerawat lebih cepat kering. 

Selain itu, beberapa produk juga diperkaya dengan kandungan lain seperti salicylic acid dan niacinamide yang membantu proses penyembuhan jerawat berjalan lebih cepat. Nah, pemakaian acne patch itu sendiri juga membantu menutupi jerawat yang meradang. Hal ini juga meminimalisir kebiasaan memegang jerawat yang bisa jadi transfer bakteri sehingga malah membuat kondisinya makin parah.

Namun, perlu dipahami juga kalau hasil dan efektivitasnya berbeda-beda untuk setiap orang. Nggak selamanya memberikan hasil dalam semalam. Namun, jika digunakan secara rutin dan tepat, bisa membantu meredakan jerawat dengan efektif.

Acne patch sendiri memiliki aturan pakai, yaitu harus digunakan setidaknya selama 6 jam. Patch ini bekerja lebih baik pada jenis jerawat yang sudah terbentuk, karena dapat menarik keluar dan menyerap nanah, minyak, dan cairan lain untuk membuatnya lebih cepat kering. Nggak heran jika banyak yang menggunakan produk ini saat tidur di malam hari demi mendapatkan kondisi jerawat yang lebih baik keesokan harinya.

Maksimalkan Juga dengan Skincare Routine yang Tepat

Acne patch memang bisa menjadi treatment mengatasi jerawat yang efektif. Namun, jangan hanya mengandalkan produk yang satu ini saja. Penting juga untuk menerapkan skincare routine yang tepat untuk meminimalisir pertumbuhan jerawat yang mengganggu penampilan.

Hal pertama yang wajib diperhatikan adalah pastikan untuk rutin membersihkan wajah 2 kali sehari, yaitu di pagi hari dan malam hari. Hal ini penting untuk mencegah penumpukan minyak, bakteri, dan bekas makeup yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, rutin menggunakan serum dan pelembap yang memang diformulasikan untuk wajah berjerawat. Kedua produk tersebut memiliki formula untuk menekan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan memberikan efek calming pada kulit.

Dengan melakukan skincare routine yang tepat, pemakaian acne patch untuk mengatasi jerawat pun bisa memberikan hasil yang maksimal. Jadi, berniat untuk mencobanya juga, Sahabat Fimela?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading