Sukses

Beauty

14 Cara Merawat Rambut Sehat untuk Si Pemilik Curly Hair agar Lembut dan Bebas Kusut

Fimela.com, Jakarta Rambut keriting memiliki tekstur yang unik sehingga bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para pemiliknya. Butuh perawatan khusus yang tepat untuk menjaga rambut sehat, sehingga bisa mencegah berbagai masalah yang sering dialami para pemilik curly hair. Misalnya saja rambut yang rentan kusut, rontok, hingga susah diatur.

Padahal, ciri rambut sehat itu adalah rambut yang terasa lembut saat disentuh, tumbuh makin panjang, tampak berkilau, nggak gampang kusut, hanya sedikit mengalami kerontokan dan tidak mudah patah saat ditarik. Apakah ciri-ciri tersebut nggak bisa dimiliki pemilik rambut keriting?

Jawabannya bisa kok! Asalkan melakukan rangkaian perawatan yang tepat, kamu bisa mewujudkan rambut keriting yang sehat, lembut, dan bebas kusut. Intip dulu beberapa rekomendasi perawatan mudah yang bisa dilakukan di rumah.

Kenali Masalah yang Sering Dialami Pemilik Rambut Keriting

Bagi pemilik rambut keriting, penting banget untuk mengenali lebih dalam bagaimana kondisi dan masalah apa yang sering dihadapi sehari-hari. Secara umum, curly hair lebih rentan mengalami masalah rambut rontok dan mudah alami. Hal ini disebabkan karena helaian rambut keriting yang bentuknya lebih pipih dibandingkan rambut lurus sehingga membuatnya jadi mudah patah.

Selain itu, kondisinya juga cukup unik. Rambut keriting lebih mudah berminyak, tapi hanya sampai di akarnya saja sementara batang rambut berada dalam keadaan yang sangat kering. Kondisi kontras ini terjadi karena bentuk rambut keriting membuat distribusi minyak alami dari akar rambut menuju batangnya tidak bisa terjadi dengan merata.

Selain itu, rambut keriting juga mudah kusut! Kalau hal yang satu ini mungkin sudah familiar bagi pemilik curly hair yang sering mengalami kesulitan dalam penataan rambut. Masalah umum lainnya adalah rambut yang tampak kusam. Hal ini karena dalam kondisi kering, lapisan kutikulanya mudah terbuka dan mengelupas yang membuat rambut kehilangan kilau alaminya.

Miliki Rambut Sehat dengan Perawatan yang Tepat

Biarpun ada banyak masalah yang rentan dialami pemilik rambut keriting, tapi sebenarnya jenis rambut yang satu ini juga punya banyak keuntungan. Rambut yang memiliki tekstur curly membuatnya selalu terlihat lebih tebal dan bevolume. Nggak gampang lepek, bahkan jika kamu hanya keramas 1 kali dalam seminggu.

Volume rambut ini juga akan tetap bertahan dalam kondisi cuaca apapun, baik itu panas maupun hujan. Namun, berbagai kelebihan ini hanya akan terasa maksimal jika kamu melakukan perawatan yang tepat untuk menjaga rambut tetap sehat. Apa saja sih?

1. Pilih Shampo dan Conditioner dengan Formula yang Tepat

Hal pertama yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan rambut sehat bagi si pemilik curly hair adalah pastikan memilih shampo dan conditioner yang tepat. Kedua produk ini merupakan bagian dari daily care, yang menjadi kunci dari rambut keriting yang sehat, lembut, dan bebas kusut.

Khusus pemilik rambut keriting, sebaiknya pilih shampo dengan formula yang melembapkan rambut. Hal ini karena tekstur rambut keriting yang umumnya terasa kasar, kaku, dan kering sehingga susah diatur. Untuk membuatnya lebih lembut dan mudah diatur, shampo dengan formula melembapkan sangat diperlukan untuk menghidrasi rambut.

Kamu bisa memilih shampo dengan kandungan Argan Oil atau minyak alami lainnya yang memang berperan untuk menjaga kelembapan rambut hingga ke lapisan terdalam. Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya juga dapat membantu rambut keriting agar tetap lembut.

2. Perhatikan Cara Keramas untuk Rambut Keriting

Ternyata, pemilik curly hair harus menerapkan cara keramas tersendiri yang berbeda dengan jenis rambut lurus. Soalnya, cara keramas yang kurang tepat malah membuat rambut jadi lebih kusut dan kasar. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menjaga curly hair yang tetap sehat.

Langkah pertama, basahi rambut secara menyeluruh, setelah itu jepit rambut menjadi 4 bagian. Gunakan shampo di salah satu bagian rambut, ratakan hingga kulit kepala. Pijat lembut ke seluruh bagian rambut. Setelah itu, ulangi hingga bagian yang lain selesai. Jika sudah semua, bilas hingga bersih.

3. Keramas dengan Air Dingin

Suhu air yang dilakukan saat keramas juga mempengaruhi kesehatan rambut keriting. Tips mencuci rambut lainnya yang harus diterapkan pemilik curly hair adalah hindari keramas dengan air panas. Hal ini karena suhu air yang panas bisa merusak rambut dan membuat kutikula terbuka sehingga rambut jadi mudah rapuh.

Demi perawatan rambut sehat yang dilakukan, sebisa mungkin keramas dengan air dingin saja. Jika memang terpaksa karena cuaca dingin, gunakan air hangat suam-suam kuku untuk meminimalisir efeknya pada rambut.

4. Hindari Menyisir Rambut Saat Basah

Menyisir rambut saat basah adalah BIG NO banget buat pemilik rambut keriting. Soalnya, rambut dalam keadaan paling rentan dan rapuh ketika basah. Jadi, nggak heran ketika disisir, justru malah rontok dan patah dalam jumlah yang banyak.

Jadi, sebaiknya sisir rambut sebelum keramas untuk mengurangi dampak rambut kusut setelahnya. Saat masih basah, keringkan rambut dengan handuk lembut dan sisir menggunakan jari secara perlahan untuk mengurai kekusutannya.

5. Pilih Jenis Sisir yang Tepat

Pemilihan sisir ternyata sangat penting dalam perawatan rambut sehat. Bagi pemilik curly hair, disarankan untuk menggunakan sisir bergigi jarang. Jika giginya terlalu rapat, cenderung menyulitkan saat akan mengurai rambut yang kusut. Hasilnya yang ada malah rambut jadi ketarik-tarik, sehingga patah dan rontok.

Pemilik rambut keriting sebaiknya menggunakan detangled brush yang memang didesain untuk mengurai permasalahan rambut kusut. Sisir secara perlahan dengan memberikan sedikit penekanan di kulit kepala untuk efek pijat yang baik bagi kesehatan rambut.

6. Lakukan Perawatan dengan Hair Oil

Rutinitas perawatan dengan hair oil dapat membantu menjaga rambut keriting tetap sehat. Hair oil dapat melembapkan rambut, sehingga mencegah kondisi kering dan kusut yang sering jadi dilema pemilik curly hair.

Nah, perawatan dengan hair oil sebenarnya bisa dilakukan dengan cara memijat kulit kepala dan rambut dengan minyak alami sebelum keramas. Namun, belakangan ini berkembang tren baru hair slugging yang viral di TikTok. Tahapannya cukup simpel, tapi dapat membantu merawat rambut agar lebih lembut.

Lakukan hair slugging di malam hari sebelum tidur. Mulailah dengan rambut yang bersih, gunakan hair oil di area batang tengah hingga ujungnya. Ambil kaus kaki, masukkan seluruh rambut ke dalamnya. Ikat dengan scrunchie dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, keramas seperti biasa hingga bersih.

7. Terapkan Teknik Scrunch

Rambut sehat juga bisa terlihat dari teksturnya yang terjaga dengan baik. Perawatan lain yang bisa dilakukan oleh pemilik curly hair adalah hair scrunch. Teknik ini merupakan cara mengeringkan rambut yang bisa menjaga tekstur rambut keriting tetap kriwil alami.

Setelah keramas, balik rambut ke depan dan gunakan gerakan meremas sambil mengeringkan rambut dengan cara memelintirnya. Teknik yang satu ini bisa digunakan pemilik rambut keriting dan mengembang untuk mengembalikan ikal alaminya.

8. Selalu Gunakan Vitamin Rambut

Pemilik curly hair pasti familiar banget dengan kondisi rambut yang mudah kering. Nggak jarang nih efek frizzy juga terasa yang membuat rambut tidak terlihat berkilau. Untuk mengatasi masalah ini, gunakan vitamin rambut secara rutin untuk mengembalikan kilau alami rambutmu.

Vitamin merupakan kunci rambut sehat yang wajib masuk dalam ritual perawatan curly hair. Pilih vitamin yang mengandung ekstrak Vitamin E yang berperan menjaga kelembapan alami rambut. Pilih jenis hair mist yang teksturnya lebih ringan digunakan karena menyerupai air. Hal ini untuk mencegah efek rambut jadi lengket.

9. Cepol Rambut Ketika Tidur

Sering mengalami dilema rambut singa yang tampak kusut setiap kali bangun tidur? Rambut keriting memang mudah mengembang dan berantakan. Terlebih dalam kondisi tidur di mana tiap helai rambut bisa saling bergesekan.

Kondisi kusut ini bisa membuat rambut jadi mudah patah dan rontok. Untuk mencegahnya, cepol saja rambut di puncak kepala saat tidur. Hal ini berperan untuk mengurangi gesekan antar rambut saat tidur sekaligus menjaga bentuk alami dari rambut.

10. Pakai Sarung Bahan dengan Bahan Satin

Sarung bantal yang digunakan ternyata juga menjadi bagian penting dalam perawatan rambut sehat. Jika kamu memiliki rambut keriting yang mudah kusut, disarankan untuk memakai sarung bantal dengan bahan satin. Kenapa begitu ya?

Ternyata, ketika tidur, gesekan tidak hanya terjadi antar rambut saja. Tapi juga antara rambut dan sarung bantal yang dipakai. Jika menggunakan bahan yang kasar, risiko pergesekan akan terjadi yang membuka lapisan kutikula rambut. Hal inilah yang kemudian membuatnya tampak kasar dan kaku.

11. Gunakan Masker Alpukat dan Yogurt

Menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami juga bisa menjadi alternatif perawatan rambut sehat bagi si curly hair. Salah satu rekomendasinya adalah alpukat yang kaya akan vitamin E. Zat tersebut berperan penting untuk menjaga kelembapan alami rambut dan memperbaiki folikel rambut yang kering atau rusak. Sementara itu, yogurt sendiri berperan untuk menjaga keseimbangan pH kulit kepala.

Cara membuatnya juga gampang banget. Siapkan 1 buah alpukat, haluskan. Campurkan dengan 2 sdm yogurt, aduk rata. Aplikasikan ke seluruh rambut secara merata. Bungkus dengan shower cap, diamkan selama 20 menit. BIlas dan keramas hingga bersih.

12. Bikin Pelembut Rambut Alami dari Minyak Zaitun

Untuk mewujudkan rambut sehat yang tampak lembut, kamu bisa mencoba perawatan dengan minyak zaitun. Sudah bukan rahasia lagi kalau minyak zaitun memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan rambut dan membantunya tetap halus.

Cobalah bereksperimen membuat pelembut rambut dari minyak zaitun. Caranya mudah kok, siapkan 150ml air di dalam wadah, masukkan 2 sdm conditioner yang biasa digunakan dan 2 sdm minyak zaitun. Aduk hingga rata, tuangkan ke dalam botol spray. Gunakan spray tersebut untuk melembutkan rambut sehat kamu.

13. Potong Rambut yang Bercabang

Saat melakukan perawatan rambut keriting, jangan lupa potong ujung rambut secara rutin. Hal ini karena bagian ujung pemilik curly hair biasanya cenderung sangat kering hingga tampak bercabang. Supaya tidak mempengaruhi penampilan secara menyeluruh,

Pastikan potong ujung rambut yang bercabang setiapnya setiap 3 bulan sekali. Trik yang satu ini juga bisa memicu pertumbuhan rambut keriting yang lebih sehat dan bebas masalah bercabang.

14. Maksimalkan dengan Pola Diet yang Tepat

Kalau ingin mewujudkan rambut sehat yang jadi impian, jangan lupa untuk selalu memperhatikan pola diet sehari-hari. Ingatlah bahwa you are what you eat. Seberapa bagus produk perawatan rambut yang digunakan, hasilnya akan kurang maksimal jika tidak didukung dengan asupan nutrisi dari dalam. Jadi, penting banget memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Sekarang waktunya mengonsumsi makanan berprotein tinggi untuk menunjang pertumbuhan rambut yang sehat. Pilih makanan dengan kandungan Omega 3 seperti daging merah, ikan, kedelai dan kacang-kacangan. Kadar protein di dalam makanan sendiri juga berperan menjaga kilau rambut sehat yang dimiliki.

Mewujudkan rambut sehat untuk pemilik curly hair bukannya nggak mungkin dilakukan, kan? Dengan beberapa tips mudah di atas, kini kamu bisa melakukan perawatan sehari-hari yang tepat. Say goodbye pada rambut keriting yang bermasalah, welcome rambut yang tampak lebih berkilau dan sehat!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading