Sukses

Beauty

Miliki Bebas Wajah Kusam dengan Beberapa Perawatan Rumahan Ini

Fimela.com, Jakarta Bebas wajah kusam menjadi dambaan banyak orang, baik itu pria maupun wanita. Apalagi tinggal di Indonesia juga artinya harus siap berjibaku dengan cuaca yang lembap hingga asap kendaraan bermotor yang kerap dijumpai setiap kali beraktivitas di luar. Hal-hal tersebut menjadi salah satu faktor eksternal munculnya wajah kusam dan berminyak.

Gara-gara hal itu pula beberapa orang kadang merasa khawatir setiap kali mau melangkahkan kaki keluar rumah, terlebih setelah selesai melakukan perawatan wajah, agar bebas wajah kusam. Padahal, ada banyak profesi yang mengharuskan bertatap muka dengan banyak orang, di samping juga harus sering keluar ruangan. 

Buat kamu yang pekerjaanya sering berada di luar ruangan, dan sering panas-panasan di jalan maupun terpapar polusi kendaraan, ternyata masih ada cara yang lebih solutif. Menariknya, cara ini benar-benar bisa membantumu mendapatkan bebas wajah kusam seterusnya, bilamana diterapkan secara konsisten.

Bukan itu saja, cara mendapatkan bebas wajah kusam ini pun tak harus mengeluarkan biaya mahal, lantaran bisa dilakukan dengan perawatan rumahan yang simpel namun ampuh. Lantas, perawatan rumahan seperti apa yang bisa dicoba sendiri agar bebas wajah kusam ini tak lagi sekadar mimpi khususnya buat kamu yang sering berkegiatan di luar ruangan?

 

Rajinlah Minum Air Putih

Kiat sederhana pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bebas wajah kusam ini adalah rajin minum air putih. Walau tampak sepele, minum air putih ini memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh. Salah satunya untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Nah, yang jarang disadari banyak orang, kecukupan cairan dalam tubuh ini berkaitan erat dengan kesehatan kulit. Selain itu, kulit wajah dan tubuh juga terdiri dari beberapa sel yang membutuhkan asupan air, agar dapat berfungsi dengan baik. Jadi, kalau tubuh kurang terhidrasi dengan cukup, maka kesehatan kulit pun akan terganggu, termasuk munculnya kulit wajah yang menjadi kusam, kering dan berminyak.

Lebih-lebih buat orang yang sering terpapar sinar matahari dan padat rutinitasnya, sehingga mudah mengalami dehidrasi jika tak cukup meminum air putih. Oleh karena itu, jangan hanya meminum minuman favorit saja, tetapi tetap imbangi dengan minum air putih. Jangan jadikan rasanya yang tawar sebagai alasan, kamu bisa mengkreasikannya dengan membuat infused water atau menambahkan perasan buah segar, seperti lemon tanpa gula, agar tubuh tetap terhidrasi.

Tingkatkan Asupan Buah dan Sayuran

Jika minum air putih bertujuan untuk memenuhi kecukupan kebutuhan cairan dalam tubuh, untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk kulit wajah dan tubuh, maka kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang seimbang. Tentunya, ini menjadi PR tersendiri bagi beberapa orang yang kesehariannya hobi makan makanan cepat saji. Oleh karena itu, supaya tubuh dan kulit wajah lebih sehat, mulailah memperbanyak makan makanan sehat. 

Adapun makanan sehat dan bergizi ini pun banyak macamnya. Termasuk di antaranya meningkatkan asupan buah dan sayuran. Baik sayuran maupun buah-buahan sama-sama mengandung vitamin dan mineral esensial yang dibutuhkan oleh tubuh dan kulit. Di dalamnya juga terkandung molekul antioksidan yang mampu membuat organ tubuh lebih sehat, sekaligus memberikan pengaruh yang bagus bagi kesehatan kulit.

Di samping buah dan sayuran, yang harus ditingkatkan juga adalah asupan sumber lemak sehat. Benar saja, selain lemak yang bisa memberikan pengaruh buruk bagi tubuh, juga ada lemak sehat yang justru diperlukan oleh tubuh. Menurut ahli, mengonsumsi sumber lemak sehat dan menjauhi makanan olahan bisa memberikan pengaruh yang baik bagi kesehatan kulit. Menariknya, ada satu buah yang bisa dikonsumsi karena kaya vitamin, antioksidan sekaligus lemak sehat, yaitu alpukat. Jadi, kamu bisa sering-sering mengonsumsinya.

Jangan Mandi Air Hangat Terlalu Lama

Setelah seharian berkegiatan, apalagi jika cuacanya sedang panas, biasanya ada keinginan untuk mandi berlama-lama. Apalagi jika mandi dengan air hangat, uap hangatnya dapat membantu pori-pori kulit menjadi terbuka dan membantu mengeluarkan racun. Hanya saja, mandi air hangat terlalu lama ini ternyata juga dapat menghilangkan minyak pada kulit. Akibatnya, kulit menjadi terlihat lelah dan kusam.

Solusinya, kurangi durasi mandi yang terlalu lama, agar efek lelah dan kulit kusam dapat dihindari. Akan lebih baik jika sebelum selesai mandi air hangat, kamu membilas wajah terlebih dulu dengan air dingin. Bukan tanpa sebab, hal tersebut berguna untuk melancarkan sirkulasi darah. Apabila sirkulasi darah lancar, maka kulit wajah akan terlihat lebih kencang bahkan tampak awet muda lho. 

Jangan Lupa Melakukan Eksfoliasi Kulit

Selain mempersingkat durasi mandi agar tidak terlalu lama, saat mandi jangan lupa juga melakukan eksfoliasi kulit. Manfaat eksfoliasi kulit secara rutin dapat membantu mencerahkan wajah dengan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk. Bukan itu saja, eksfoliasi wajah dapat membantu menyamarkan kerutan dan garis halus. Bahkan, proses eksfoliasi ini juga dapat membantu mencegah penyumbatan pori-pori bila dilakukan dengan benar dan rutin.

Namun, yang perlu dipahami, rutin di sini bukan artinya dilakukan setiap hari. Sebaliknya, proses eksfoliasi yang benar cukup dilakukan setiap 2-3 kali seminggu saja. Pasalnya, terlalu sering melakukan proses eksfoliasi dapat menyebabkan kerusakan serius pada kulit wajah. Lapisan sel kulit jadi banyak yang hilang, karena eksfoliasi dilakukan tak hanya terlalu kencang tetapi juga dilakukan secara berlebihan.

Berbahagialah, Jangan Terlalu Stres!

Padatnya kesibukan, belum lagi ditambah dengan efek buruk lingkungan, acap membuat beberapa orang mengalami stres. Sejatinya, stres termasuk hal yang wajar terjadi. Pada dasarnya, stres merupakan perubahan reaksi tubuh Ketika menghadapi ancaman, tekanan atau situasi yang baru.

Saat menghadapi stres, tubuh akan melepaskan hormon adrenalin dan kortisol. Kondisi tersebut membuat detak jantung dan tekanan darah meningkat, pernapasan menjadi lebih cepat, serta otot menjadi tegang. Apabila sering terjadi, stres juga dapat membuat wajah menjadi kusam. Oleh karena itu, supaya bebas wajah kusam, pastikan untuk selalu berbahagia dan menghindari stres, karena bisa mengganggu kesehatan kulit.

Ada banyak hal menyenangkan yang bisa dicoba saat sedang stres. Apabila kamu suka jalan-jalan, bisa traveling dulu untuk mengusir stres. Sementara jika merasa keseharian sudah sering berkegiatan di luar dan ingin di rumah saja saat rehat, kamu bisa meminum teh hijau sambil menonton film. Di samping dengan melakukan hobi yang kamu senangi, kamu juga bisa mengusir stres dengan rajin berolahraga. Apalagi olahraga juga berperan baik dalam menjaga kesehatan tubuh dan kulit wajahmu.

Cara Mendapatkan Bebas Wajah Kusam dengan Bahan-Bahan Alami

Kabar baiknya, wajah kusam bisa dihilangkan dengan perawatan mudah dan sederhana menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Bahan-bahan ini biasanya dapat dijumpai di dapur. Kira-kira bahan alami apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit kusam pada wajah? Berikut ini daftarnya beserta manfaat dan juga cara menggunakannya.

Mentimun

Boleh dibilang sayuran satu ini hampir selalu ada di kulkas dan rumah, apalagi jika suka menyantapnya sebagai lalapan saat makan. Selain segar disantap, mentimun ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan wajah kusam secara alami. Ini karena mentimun tak hanya memiliki efek yang mampu mendinginkan kulit tetapi juga mengandung Vitamin C yang juga dapat membantu mencerahkan wajah.

Untuk menggunakannya, kamu bisa menghaluskan mentimun ini terlebih dulu menggunakan blender. Setelah itu, tambahkan satu sendok makan gel lidah buaya. Campur sampai rata. Oleskan pada permukaan wajah secukupnya sampai merata. Pastikan sebelum dioleskan wajah sudah dibersihkan dulu ya. Diamkan selama 10-20 menit, baru setelahnya cuci wajah sampai bersih dengan air hangat.

Minyak Kelapa

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan wajah yang kusam adalah minyak kelapa. Seperti diketahui, minyak kelapa sudah dimanfaatkan sejak lama untuk kecantikan. Ini karena bahan alami tersebut memiliki sifat antiradang, antioksidan, dan efek pemulihan. Selain itu, minyak kelapa juga dapat berfungsi sebagai pelembap saat diapliasikan pada kulit wajah. Kamu bisa mendapatkan minyak kelapa ini di rumah. 

Cara memanfaatkannya pun tidak sulit. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa secukupnya ke permukaan wajah, sambil memijat kulit wajah perlahan-lahan. Kemudian, diamkan selama beberapa saat, baru setelahnya cuci wajah sampai bersih menggunakan sabun cuci muka yang biasa kamu gunakan. Perlu diketahui, bagi yang memiliki riwayat alergi minyak kelapa, sebaiknya tak menggunakannya untuk mengatasi masalah wajah kusam ini.

Lidah Buaya

Sama halnya minyak kelapa, lidah buaya juga lama dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk merawat kulit wajah. Ini karena lidah buaya memiliki efek yang dapat memulihkan kulit. Tanaman ini juga mampu merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Bukan itu saja, lidah buaya juga dapat membantu menenangkan dan melembapkan kulit wajah tanpa menyebabkan penyumbatan pori-pori. 

Adapun menggunakan lidah buaya untuk mendapatkan bebas wajah kusa mini tidaklah ribet. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya setelah membersihkan wajah menggunakan sabun cuci muka. Hal tersebut dapat membantu menghilangkan wajah kusam dan membuatnya terlihat lebih cerah. Untuk mengetahui cocok tidaknya lidah buaya ini pada kulit wajah, kamu bisa melakukan tes sederhana dengan mengoleskannya pada lengan tangan. Tunggulah selama 24 jam. Jika tidak ada reaksi, maka lidah buaya ini aman untuk digunakan pada wajah.

Lemon

Bahan alami ini juga relatif gampang ditemukan di rumah. Selain dikonsumsi, lemon juga dapat diandalkan untuk mengatasi masalah wajah kusam. Buah satu ini mengandung Vitamin C dan asam askorbat tinggi, sehingga dapat membantu mencerahkan wajah kusam. Buah lemon juga mengandung antipigmen dan antioksidan yang juga bisa membantu wajah jadi terlihat lebih bercahaya dan sehat.

Untuk memanfaatkannya, kamu bisa mengambil perasan lemon terlebih dulu. Kemudian, campur dengan beberapa tetes air. Gunakan perbandingan 1:2, agar manfaatnya tak sampai berkurang. Setelah itu, oleskan pada kulit wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Sehabis itu, bilas wajah dengan air sampai bersih. Apabila kamu merasakan sensasi seperti terbakar saat mengoleskan lemon, sebaiknya segera membilas wajah dengan air sampai bersih dan berhenti menggunakannya, karena bisa jadi kulit wajahnya tak cocok dengannya. 

Madu

Tak hanya manis dan nikmat dijadikan campuran bersama minuman maupun makanan lainnya, madu juga seringkali dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah. Begitu halnya dengan kulit kusam, bisa dicerahkan dengan mengoleskan madu pada wajah. Untuk mengaplikasikannya, bersihkan wajah terlebih dulu, setelah itu oleskan madu pada permukaan kulit secukupnya.

Tunggulah selama 10-15 menit. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat atau suam-suam kuku. Selain bisa dioleskan langsung, kamu juga bisa mencampurkan madu ini dengan beberapa tetes air perasan lemon asli. Kombinasi tersebut kerap dimanfaatkan banyak orang dalam merawat wajah, agar tampah lebih cerah dan bebas wajah kusam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading