Sukses

Beauty

Rahasia Kulit Cerah Alami Artis Thailand yang Bisa Ditiru Perempuan Indonesia

Fimela.com, Jakarta Bicara tentang rahasia kulit cerah alami, belakangan ini tren kecantikan tak hanya berkiblat pada Korea Selatan, tetapi juga pada Thailand. Negeri Gajah Putih tersebut getol mempopulerkan budayanya, salah satunya lewat tayangan drama maupun film yang kini bisa dinikmati di platform streaming di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Menariknya, bukan hanya akting yang memukai, penampilan para artis Thailand ini juga cukup menyedot perhatian. Bukan tanpa alasan, kulit yang cerah alami dan putih bersih menjadi ciri khas dari kecantikan para artis Thailand. Tak heran jika tren kecantikan ala artis Thailand ini begitu cepat merebak, termasuk di kalangan perempuan Indonesia.

Nyatanya, rahasia kulit cerah alami artis Thailand ini sebagian besar berasal dari perawatan rumahan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang juga bisa dijumpai di Indonesia. Dengan rutin melakukannya, artis Thailand pun mendapatkan kulit putih dan kulit cerah alami tanpa harus melakukan banyak perawatan mahal. Lantas, seperti apa rahasia kulit cerah alami alami ala artis Thailand yang bisa ditiru perempuan Indonesia ini?

Memanfaatkan Kunyit Sebagai Skincare Alami

Dalam dunia kecantikan Thailand, kunyit menjadi salah satu bahan alami yang nyaris tak pernah dilewatkan pemanfaatannya. Bahkan, ada banyak skincare di Thailand yang menjadikan kunyit sebagai bahan utamanya. Ini karena kunyit mengandung molekul antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu membuat kulit cerah alami, bersih, sehat dan bercahaya.

Berkat manfaat yang dihasilkan untuk kulit, perempuan Thailand pun biasa memanfaatkan kunyit sebagai masker alami. Cara mengaplikasikannya juga tidak sulit. Apabila menggunakan kunyit yang masih utuh, maka bisa diparut dan dilembutkan lebih dulu. Sementara jika ingin yang lebih praktis, bisa memanfaatkan serbuk kunyit alami yang banyak dijual di pasaran.

Apabila memilih menggunakan serbuk kunyit alami, maka cairkan dulu dengan air bersih. Kemudian, campur serbuk kunyit perlahan-lahan ke dalam air. Gunakan secukupnya saja, agar warnanya tidak terlalu kuning. Setelah itu, aplikasikan pada wajah yang sudah dibersihkan. Tunggulah sekitar 5 menit. Habis itu, bilas wajah dengan air sampai bersih, agar tak ada kunyit yang tersisa di wajah.

Menggunakan Asam Jawa Sebagai Scrub Wajah

Walau namanya asam jawa, nyatanya rempah satu ini juga bisa dijumpai di negara-negara lain, termasuk negara tetangga seperti Thailand. Bukan hanya dijadikan pelengkap bumbu masakan, asam jawa juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mendapatkan kulit cerah alami oleh perempuan Thailand.

Ini karena asam jawa mengandung vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Di dalam bahan satu ini juga terkandung Alpha Hydroxyl Acids atau AHA yang dapat membantu menghilangkan jerawat, kemerahan, dan noda hitam pada kulit. Hal ini membuat kulit jadi terlihat lebih cerah bahkan cenderung tampak awet muda bilamana rutin mengaplikasikannya seperti para perempuan Thailand.

Bagi perempuan Thailand sendiri, asam jawa ini kerap dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk membersihkan wajah atau scrub wajah. Cara penggunaannya pun tidaklah ribet. Asam jawa perlu dicampur menggunakan madu dan yogurt, agar menjadi pasta asam jawa. Kombinasi bahan-bahan alami tersebut bertujuan menghilangkan sel kulit mati dan melancarkan sirkulasi darah pada kulit.

Menggunakan Daun Serai untuk Eksfoliasi Wajah

Selanjutnya ada daun serai. Benar saja, bahan alami satu ini tak hanya nikmat dijadikan campuran nasi uduk maupun bumbu masakan lainnya. Namun, di Thailand bahan satu ini juga banyak dimanfaatkan oleh perempuan di sana untuk kecantikan. Daun serai kerap digunakan untuk melakukan ekfoliasi wajah dan detoks kulit secara alami. 

Bukan tanpa alasan, ini karena daun serai mengandung vitamin A dan C yang sangat tinggi. Kedua jenis vitamin tersebut bermanfaat untuk mencerahkan wajah. Menariknya lagi, daun serai ini juga mengandung astringent yang dapat membantu mengontrol minyak dan menyamarkan pori-pori yang membesar. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan daun serai ini sebagai rahasia kulit cerah alami?

Mudah saja! Cara paling gampang memanfaatkan daun serai ini adalah menjadikannya bahan untuk steaming wajah. Caranya, campurkan 3 buah daun serai yang sudah dipotong-potong tipis. Masukkan ke dalam mangkuk yang berisikan air panas. Biarkan selama 30 menit, agar daun serai tersebut terserap ke dalam air panas tadi. Setelah itu saring, kemudian ambil airnya.

Langkah selanjutnya adalah memanaskan lagi air sari daun serai tadi di atas api kecil, sampai menjadi panas. Lalu, uapi wajah dengan air tersebut seperti melakukan steaming wajah pada umumnya selama 1 menit. Apabila dilakukan secara rutin, maka bisa membantu mengeksfoliasi wajah sekaligus menjadi detoks alami bagi kulit, agar kulit bisa tampak cerah alami.

 

Melembapkan Kulit Wajah dengan Minyak Kelapa

Salah satu rahasia kulit cerah alami adalah mempertahankan kelembapan dari kulit itu sendiri. Demi melakukan hal ini, perempuan Thailand pun memanfaatkan minyak kelapa. Seperti diketahui, minyak kelapa ini memiliki beribu manfaat untuk kecantikan. Dari berguna buat rambut, kuku, kulit badan, sampai kulit wajah.

Menariknya lagi, kulit kelapa ini termasuk salah satu minyak alami yang paling aman digunakan oleh manusia. Sebagaimana yang dilakukan oleh perempuan Thailand, minyak kelapa ini dapat digunakan untuk melembapkan kulit dan rambut sekaligus. Selain itu, minyak kelapa ini juga cocok diaplikasikan pada kulit kering, agar kelembapannya dapat kembali. Apabila ingin memanfaatkannya sebagai pembersih wajah, minyak kelapa ini juga menjadi bahan alami yang tepat dipilih.

Adapun untuk menggunakan tuangkan sedikit atau secukupnya minyak kelapa murni ke tangan. Gosok dengan kedua tangan, lalu oleskan perlahan-lahan ke bagian wajah. Diamkan sebentar sampai minyak kelapa ini meresap. Bahan alami ini bisa diaplikasikan beberapa saat sebelum mandi, sehingga setelah menggunakannya pada kulit wajah, tubuh maupun rambut, bisa dilanjutkan dengan mandi sampai bersih setelahnya.

Mencerahkan Wajah dengan Buah Pepaya

Tak kalah menarik buat dicoba adalah buah papaya. Di Indonesia, buat satu ini lazimnya dijadikan santapan atau kudapan saat senggang maupun di waktu-waktu panas yang siang. Akan tetapi di Thailand, selain dikonsumsi, buah papaya juga dimanfaatkan untuk mendapatkan kulit cerah alami. Ini karena buah papaya mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk mencerahkan wajag dan membuat kulit bercahaya secara alami dalam waktu lama. 

Perempuan di Thailand sendiri biasa menggunakan buah papaya ini sebagai pembersih wajah atau dijadikan masker wajah. Cara memanfaatkannya juga tidak begitu sulit. Pertama, lembutkan buah pepaya terlebih dulu sampai halus. Sebelum diaplikasikan ke wajah, pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dulu. Kemudian, usapkan buah pepaya yang sudah dihaluskan tadi ke bagian wajah sampai merata.

Diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, bersihkan kembali wajah sampai bersih. Apabila rutin diaplikasikan masker buah pepaya ini tidak hanya dapat membantu mendapatkan kulit cerah alami, tetapi juga membuat kulit wajah jadi lebih lembap dan sangat halus. Di samping itu, buah pepaya juga relatif murah dan mudah dijumpai, sehingga bisa mengonsumsinya sekaligus menjadikannya masker wajah kapan saja.

Rajin Mengonsumsi Minuman Herbal

Selain memanfaatkan bahan-bahan alami untuk membantu mendapatkan kulit wajah yang putih bersih, rahasia kulit cerah alami artis Thailand maupun perempuan di sana pada umumnya adalah kebiasaan minum beragam minuman herbal khas Thailand secara rutin. Beberapa minuman herbal yang banyak dikonsumsi perempuan Thailand adalah green tea atau teh hijau, jus buah tanpa gula, serta fruit shake.

Adapun alasan kenapa perempuan Thailand sangat gemar meminum teh hijau karena mereka memahami fakta di baliknya. Seperti diketahui, teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Molekul tersebut sangat berguna untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, teh hijau juga sangat efektif dimanfaatkan dalam diet sehat, lantaran dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaatnya pun kian kombo, lantaran teh hijau juga mampu menghilangkan bau mulut.

Inilah kenapa alih-alih meminum kopi atau bahkan minuman beralkohol yang notabene symbol gaya hidup kaum urban, perempuan Thailand masih menggemari minum teh hijau di sela-sela aktivitasnya. Sebab, mereka lebih memprioritaskan minuman yang lebih bermanfaatkan bagi tubuh dan kecantikan mereka, dibandingkan sekadar minuman, makanan atau asupan yang sekadar tengah menjadi tren.

Menggunakan Lulur Wajah dari Rempah-Rempah

Di samping memanfaatkan bahan-bahan alami untuk melakukan perawatan kecantikan rumahan, rupanya rahasia kulit cerah alami perempuan di Thailand juga didapatkan dari produk lulu alami asli negara tersebut. Seperti diketahui, Thailand juga terkenal dengan produk kecantikannya, terutama lulur alami. Berkat penggunaan bahan-bahan organik sebagai bahan baku utamanya, lulur alami ini pun banyak diminati oleh perempuan Thailand yang ingin mendapatkan kulit cerah alami dengan cara yang lebih praktis.

Selain sangat bagus digunakan pada kulit, produk lulur alami ini juga ramah di kulit dan tak menyebabkan iritasi maupun memicu alergi. Diketahui juga lulur di Thailand hanya memiliki partikel halus, seperti khaki, kunyit, kelapa dan rempah-rempah yang berbeda, serta beragam bahan-bahan alami lainnya. 

Penggunaannya pun tidaklah sulit, produk lulur tersebut cukup dicampurkan dengan tambahan sedikit air saja. Setelah itu, lulur alami tadi bisa diaplikasikan pada bagian kulit wajah. Gosokkan secara lembut dan perlahan-lahan selama 6-10 menit. Manfaatnya, untuk menghilangkan setiap zat perusak seperti radikal bebas, sebum, dan kotoran yang ada pada kulit wajah. Tanpa perlu menunggu lama-lama, jika sering digunakan lulu wajah dari rempah-rempah ini ternyata dapat membuat kulit lebih kencang dan cerah alami seperti para artis Thailand lho.

Mengonsumsi Kolagen untuk Menjaga Kesehatan Wajah

Tinggal di negara tropis, membuat perempuan Thailand harus pintar-pintar melindungi wajah dari paparan sinar matahari yang menyengat. Oleh karena itu, perempuan Thailand rajin menggunakan sunscreen dengan SPF tinggi, agar bisa melindungi wajah dari paparan sinar UV. Apalagi sinar UV ini mengandung radikal bebas yang kerap menjadi biang penuaan dini, sehingga perlu ditangkal dengan baik.

Selain menggunakan sunscreen setiap hari, rahasia kulit cerah alami perempuan Thailand ternyata juga berasal dari kebiasaan rajin mengonsumsi kolagen. Inilah yang membuat produk kolagen begitu populer di Thailand, karena kerap diburu para perempuan di sana. Manfaat kolagen ini adalah dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit sekaligus membuat kulit mendapatkan kecerahan alaminya. Sebab, kolagen dibutuhkan tubuh untuk melancarkan proses regenerasi sel kulit.

Bentuk dari kolagen ini pun bermacam-macam, ada yang berupa pil ada pula yang berbentuk minuman. Bahkan, sekarang sudah ada masker kolagen yang juga bisa diaplikasikan pada wajah. Walau begitu, harus pintar-pintar memilih saat membeli produk kolagen ini, mengingat sekarang ini juga marak beredar produk kolagen palsu. Dengan begitu, salah satu rahasia kulit cerah alami artis Thailand ini bisa didapatkan secara maksimal manfaatnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading