Sukses

Beauty

Kenali 6 Tanda Penuaan Dini pada Wajah

Fimela.com, Jakarta Setiap perempuan tentunya ingin selalu terlihat awet muda. Namun, tahukah kamu bahwa menginjak usia 20 an maka akan mulai terlihat tanda-tanda penuaan pertama pada kulit wajah. Tanda-tanda yang muncul akan berbeda dari setiap orang tergantung pada gaya hidup dan juga gen. 

Penuaan dapat mempengaruhi seseorang. Munculnya garis atau kerutan pada wajah dapat menunjukan usia bahkan dapat membuat kamu terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Dilansir dari allure dan thehealthy (17/7) berikut ini adalah tanda-tanda penuaan pada wajah. Simak penjelasannya. 

Munculnya kerutan pada sekitar mata

Tanda pertama bahwa kulit kamu mengalami penuaan lebih awal adalah munculnya garis-garis halus di sekitar mata. Bertambahnya usia membuat pembaruan sel mulai melambat, serat elastin dalam dermis menjadi berantakan dan stratum korneum terluar kulit menebal. Hal ini yang menyebabkan kerutan muncul di sekitar mata. 

Kulit yang kering

Sinar matahari, stress dan merokok dapat merusak molekul kelembaban yang berfungsi sebagai pelindung lapisan kulit. Hal ini membuat kulit kehilangan kelembabannya dan akhirnya membuat kulit menjadi kering. Pastikan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi agar tanda penuaan tidak muncul dengan sangat cepat. 

Terdapat bintik-bintik hitam

Selai gen dan gaya hidup, faktor lingkungan menjadi salah satu pemicu kulit kamu mengalami penuaan dari usia yang sebenarnya. Salah satunya adalah sinar UV dari matahari yang dapat merusak kulit dan menyebabkan kulit tampak lebih tua dengan adanya bercak kecoklatan di sekitaran wajah. 

Pipi terasa kendur

Kamu mulai merasa pipi terlihat cekung? Mungkin karena kamu telah kehilangan lemak di lapisan kulit. Lemak ini membantu menopang dan menyokong kulit agar kulit terlihat berisi dan awet muda. namun seiring bertambahnya usia maka kita kehilangan volume pada lapisan kulit ini. Hal inilah yang menyebabkan pipi terlihat tidak kencang. 

Muncul benjolan kecil

Benjolan ini disebut dengan milia dan disebabkan oleh penumpukan akibat kerusakan sinar matahari atau produk wajah yang terlalu keras. Benjolan ini terlihat seperti jerawat dan berwarna putih. Hal ini disebabkan ketidakmampuan kulit untuk mengelupas secara alami sehingga munculah milia. 

Kulit mudah rusak

Kulit yang mengalami penuaan lebih rentan terhadap cedera dan empat kali lebih lambat untuk sembuh. Kerusakan akibat sinar matahari dapat mempercepat proses penuaan ini. Kulit yang rapuh dan tipis tanpa banyak lapisan lemak dapat membuat lapisan pembuluh darah menjadi rapuh dan mudah pecah. Hal ini disebut dengan memar. 

Sahabat Fimela, demikian tanda-tanda wajah kamu mulai mengalami penuaan. Semoga informasi ini bermanfaat. 

 

Penulis : Nadia Maharani Ardiansih 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading