Sukses

Beauty

6 Cara Pakai Sun Protection

Fimela.com, Jakarta Memiliki aktivitas setiap hari di luar ruangan dan di bawah paparan sinar matahari membuat seseorang membutuhkan perlindungan khusus untuk kulit, terutama wajah agar tidak terbakar. Memberikan perlindungan untuk kulit dan wajah dapat dilakukan dengan penggunaan sun protection. Dilansir dari verywellhealth.com, salah satu jenis dari sun protection yaitu sunscreen. 

Pada setiap jenis sun protection, biasanya terdapat Sun Protection Factor (SPF) yang berguna untuk menunjukkan jumlah perlindungan matahari yang akan diterima seseorang dan umumnya minimal 30 supaya dapat berkeja dengan baik untuk penggunaan sehari-hari. Namun, bagi yang lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di luar ruangan, kamu dapat memilih sunscreen yang memiliki SPF 50. 

Walau begitu, dalam membeli produk sunscreen, kamu sebaiknya juga mencari label “spektrum luas” untuk melindungi dari sinar UV A karena SPF hanya dapat melindungi kamu dari paparan sinar UV B. Padahal, sinar UV dari matahari mengandung keduanya baik sinar UVA maupun sinar UVB dan jika tidak menggunakan perlindungan tersebut dapat membuat kulit menjadi rusak, dilansir dari sephora.co.id.

 

Alasan Penggunaan Sunscreen

Tak hanya dapat melindungi dari paparan sinar UV yang berbahaya, penggunaan sunscreen juga memiliki beberapa alasan seperti yang dilansir dari stylecraze.com:

  • Mencegah penuaan dini. Penggunaan sunscreen dapat mencegah berkembangnya kerutan, garis halu, bintik hitam, hiperpigmentasi, hingga kulit kering. 
  • Menurunkan risiko penyakit kanker kulit jika digunakan secara rutin dan teratur. 
  • Mencegah timbulnya jerawat dan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari yang berlebih. 
  • Mencegah sunburns. Kandungannya yang dapat melindungi kulit dari sinar UVB. 
  • Mencegah penyamakan. Menggunakan sunscreen dengan SPF 30 dapat mencegah tanning akibat UVB.
  • Meningkatkan kesehatan kulit. Penggunaan sunscreen juga dapat melindungi kolagen, keratin, dan elastin pada kulit. Selain itu, juga pastikan sunscreen yang digunakan mengandung titanium dioksida sehingga dapat memantulkan sinar UV dari kulit. 
  • Berfungsi juga sebagai pilihan kosmetik yang baik karena dapat melindungi kulit.
  • Memiliki beragam pilihan. Sunscreen memiliki beragam pilihan yang dapat kamu temui dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Menggunakan Sunscreen

Memiliki peran dan manfaat yang penting bagi perawatan kulit membuat setiap orang perlu menggunakan sunscreen sebagai sun protection. Namun, bagaimana cara pengaplikasian yang benar?

Menggunakan sunscreen yang berspektrum luas dan memiliki SPF 30 atau lebih tinggi 

Dilansir dari wellandgood.com, dengan menggunakan sunscreen yang memiliki SPF 30 atau lebih dan berspektrum luas karena dapat memberikan perlindungan untuk kulit dari paparan sinar UVB yang dapat menyebabkan kemerahan dan kulit terbakar serta sinar UVA yang dapat menyebabkan kanker kulit, hiperpigmentasi, dan tanda penuaan dini. 

Pastikan kulit dalam keadaan kering sebelum penggunaan sunscreen

Sunscreen yang digunakan pada wajah yang basah tidak dapat menyatu dan bekerja dengan baik maka sebaiknya pastikan kulit dalam kondisi kering sebelum menggunakannya sehingga dapat terserap dengan baik dan bekerja secara maksimal.

Pastikan penggunaannya merata hingga bagian-bagian yang paling rentan

Dalam penggunaan sunscreen pastikan kamu menggunakannya secara rata terutama pada bagian yang rentan mengalami kerusakan akibat sinar matahari.

Sisakan waktu setelah pengaplikasian dan sebelum berjemur

Sunscreen yang digunakan membutuhkan beberapa waktu untuk dapat aktif bekerja melindungi kulit sehingga setidaknya luangkan waktu 15 menit sebelum berjemur untuk memastikan bahwa kamu benar-benar terlindungi.

Gunakan secara berulang

Kamu dapat mengulangi pengaplikasiaan sunscreen setiap dua jam atau 80 menit jika berkeringat atau berenang tanpa melihat SPF yang terkandung karena seberapa baik sunscreen yang digunakan akan tetap hilang setelah beberapa jam.

Mengoleskannya setiap hari

Penggunaan sunscreen sangat penting untuk digunakan setiap hari karena paparan sinar matahari bersifat kasual dan insidental. Penggunaan sunscreen juga dapat menjadi pencegahan kanker kulit karena melindungi dari radiasi UV yang berbahaya. 

 

 

*Penulis: Fani Varensia

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading