Sukses

Beauty

Tips Aplikasi dan Pilih Foundation Yang Tepat ala Marlene Hariman

Fimela.com, Jakarta Foundation memiliki peran penting dalam menciptakan tampilan makeup yang sempurna sepanjang hari. Sesuai dengan namanya, foundation sendiri adalah proses awal atau dasar makeup yang digunakan pada riasan wajah.

Sebagai dasar makeup, foundation berfungsi untuk menciptakan wajah tampak lebih mulus, cerah, meratakan warna kulit, hingga menciptakan kesan flawless. Oleh karena itu, pemilihan foundation maupun pemakaiannya tidak boleh dianggap sepele atau pun dilakukan dengan sembarangan, sebab pemakaian foundation yang tepat akan mempengaruhi hasil akhir riasan.

Marlene Hariman seorang Make Up Artist (MUA) ternama yang telah berkarir lebih dari 16 tahun dengan sederet karyanya yang telah merias banyak pesohor tanah air, menjelaskan akan pentingnya memilih warna foundation yang sesuai dengan warna dasar kulit wajah.

“Memilih warna foundation yang salah akan sangat berpengaruh besar pada hasil makeup kita. Jika salah, bukan hanya membuat makeup akan terlihat belang, bahkan juga bisa mengakibatkan wajah menjadi berjerawat dan muka menjadi gelap karena proses oksidasi yang terjadi." ucap Marlene Hariman seperti tertulis dari press release Shopee yang diterima oleh Fimela.com.

Di samping itu, Marlene Hariman juga menjelaskan bahwa hasil makeup yang sempurna juga tercipta dari bagaimana kemahiran kita dalam berdandan. Mulai dari teknik layering, mixing formula, kreativitas, hingga cara pengaplikasiannya agar blendable, tidak cakey, longlasting dan memberikan efek kulit yang matte atau dewy sesuai ekspektasi finishing yang diinginkan.

 

Foundation Hacks ala Marlene Hariman

Selain memilih warna foundation, teknik pengaplikasian foundation yang tepat juga sangat berpengaruh pada hasil akhir makeup. Dalam hal ini, Marlene Hariman akan membagikan rahasia tips dan trik menggunakan foundation yang tepat untuk hasil makeup yang optimal dalam kampanye 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival di Shopee.

1. Foundation hacks untuk hasil dewy skin look anti dempul

Jika kamu ingin hasil akhir makeup glowing dengan efek kulit yang lembab dan bercahaya, pilihlah foundation dengan hasil dewy finish. Dalam mendapatkan hasil akhir makeup ini, sebaiknya sebelum menggunakan foundation, pastikan kulit wajah lembab dengan pemakaian moisturizer yang banyak ditambah menggunakan hydrating primer yang bertekstur basah.

Selain itu, bisa juga mengkombinasikan foundation dengan 1 - 2 tetes face oil, kemudian aplikasikan ke wajah dengan sponger secara tipis-tipis. Penting untuk diingat bahwa dalam mengaplikasikan foundation sebaiknya jangan terlalu over atau berlebihan, karena dapat membuat riasan wajah tampak tebal.

2. Foundation hacks untuk hasil akhir full-coverage bebas kilap

Jika menginginkan tampilan natural namun tetap full-coverage, pilihlah foundation berjenis cream/cake dengan kandungan oil-free. Jenis foundation ini akan menyamarkan pori-pori sehingga kulit tampak halus dan bebas kilap.

Teknik pengaplikasiannya pun juga cukup mudah, jangan lupa diawali dengan menggunakan color corrector atau concealer pada bagian-bagian yang tidak merata seperti dark circle, jerawat, dan area kemerahan. Setelah itu, gunakan stippling brush atau kuas makeup yang memiliki helai lebih tipis di bagian ujungnya dengan teknik tap-tap foundation secara tipis terlebih dahulu ke seluruh wajah, kemudian diulang kembali hingga tingkat coverage yang diinginkan.

3. Foundation hacks agar makeup tidak crack/caky dan tahan lama

Mengaplikasikan foundation agar tahan lama dan anti crack telah menjadi tantangan tersendiri. Area seperti hidung dan smiling line, serta bawah mata menjadi area krusial yang rentan terjadinya crack pada pertengahan hari.

Biasanya hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman dan pengaplikasian produk yang kurang tepat. Salah satu faktor yang menyebabkan foundation kurang menempel di kulit adalah tidak adanya hidrasi yang baik sebelum mengenakan produk makeup.

Oleh karena itu, apapun hasil akhir makeup yang diinginkan, jangan lupa untuk selalu menggunakan pelembab terlebih dahulu dan gunakan primer pada area-area rentan tersebut. Karena dengan menggunakan pelembab dan primer yang tepat sebelum makeup, dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya oksidasi atau penggelapan foundation di kulit.

Selain itu, setelah mengenakan foundation sebaiknya set dengan bedak tabur secara tidak berlebihan dan semprotkan setting spray yang sesuai dengan kondisi kulit. Hal ini bertujuan agar makeup tidak mudah cakey.

Demikian beberapa tips dan trik menggunakan foundation yang tepat untuk hasil makeup yang optimal ala Marlene Hariman. Penting untuk diingat bahwa apapun hasil akhir makeup yang diinginkan, maka teknik mengombinasikan setiap produk makeup dengan tepat sangat penting untuk memberikan tampilan complexion terjaga seharian.

 

 

*Penulis: Amelia Septika

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading