Sukses

Beauty

20 Rahasia Kulit Cerah ala Perempuan Jepang, Cobain Sekarang Juga

Fimela.com, Jakarta Para perempuan Jepang dikenal sebagai sosok yang cantik dan berkulit indah. Hal ini tentu saja membuat banyak perempuan di negara lainnya iri dan ingin sekali menjadi secantik dan se-glowing mereka. 

Sebenarnya, ada banyak rahasia kulit cerah yang perempuan Jepang miliki. Selain karena budaya hidup sehat yang sering diterapkan, rata-rata perempuan Jepang pun juga melakukan perawatan kulit tubuh serta wajah baik secara alami maupun melalui produk-produk kecantikan. Bahkan, ada beberapa treatment kecantikan tradisional yang sudah turun-temurun dilakukan oleh para perempuan di negeri sakura tersebut, lho.

Berbeda dari negara lainnya, kecantikan yang perempuan Jepang punya ini terlihat lebih alami. Bahkan hanya dengan sedikit riasan saja, kulit mereka bisa tampak lebih flawless dan berseri. Nah, jika kamu ingin memiliki kulit cerah dan putih alami seperti para perempuan Jepang, coba terapkan beberapa tips berikut ini. Baca dulu sampai tuntas, yuk!

1. Gunakan Pelembap Kulit 

Tahukah kamu kalau perempuan Jepang selalu memasukkan pelembap dalam rangkaian skincare harian mereka? Yup, produk ini memang memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Bukan hanya mampu melembapkan dan mengatasi berbagai permasalahan kulit saja, namun pelembap juga memiliki kemampuan untuk mencerahkan sekaligus membuat warna kulit jadi lebih merata. 

Saat ini, ada banyak sekali jenis pelembap kulit yang beredar di pasaran. Mulai dari pelembap wajah untuk kulit kering dan kusam, pelembap untuk kulit berjerawat dan berminyak, dan lainnya. Namun, jika kamu ingin menciptakan kulit cerah ala perempuan Jepang, maka memerhatikan kandungan serta kelebihan produk pelembap menjadi hal yang perlu dilakukan. 

2. Jangan Lupakan Sunscreen

Paparan sinar UV matahari bisa menjadi salah satu penyebab kulit kusam dan penuh noda. Oleh karena itu, banyak perempuan Jepang yang berusaha untuk nggak terkena sinar UV secara langsung, salah satunya adalah dengan mengaplikasikan sunscreen ke area kulit mereka.

Sunscreen dengan kandungan SPF yang tinggi dipercaya mampu menangkal efek buruk yang disebabkan oleh sinar UV. Tapi ingat, dalam menggunakan produk ini sendiri, kamu wajib mengetahui kondisi dan sifat dari kulit yang dipunya. Pasalnya, tiap sunscreen diformulasikan secara berbeda berdasarkan tipe-tipe kulit orang. Mulai dari sunscreen untuk kulit berminyak dan kusam hingga sunscreen untuk kulit kering dan sensitif.

3. Lakukan Eksfoliasi Kulit

Rahasia kulit cerah ala perempuan Jepang juga bisa diwujudkan dengan proses eksfoliasi kulit. Perawatan kulit yang satu ini berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam dan penuh noda. Namun, melakukan eksfoliasi pada kulit juga nggak perlu terlalu sering. Cukup 1-2 kali saja dalam seminggu. Selain itu, gunakan pula produk eksfoliasi dengan kandungan bahan alami di dalamnya serta memiliki tekstur lembut ketika diaplikasikan ke kulit. 

4. Gunakan Hydrating Lotion di Wajah

Cara mencerahkan kulit dengan cepat seperti perempuan Jepang berikutnya adalah menggunakan hydrating lotion untuk kulit wajah. Skincare untuk kulit kusam ini dipercaya dapat membuat tampilan kulit menjadi terlihat lebih cerah, halus, dan lembap. Memiliki tekstur cair, kamu bisa menggunakan produk ini tepat setelah mencuci wajah.

5. Pakai Serum Pencerah Kulit

Untuk mendapatkan kulit cerah dan berseri, perempuan Jepang juga tetap mengandalkan serum pencerah kulit, kok. Tips mencerahkan kulit badan memang bisa banget dipercaya untuk mendapatkan hasil kulit cerah yang maksimal. Terlebih lagi bila kamu memilih serum kulit yang mengandung niacinamide, alpha arbutin, vitamin C, serta azelaic acid.

6. Membersihkan Kulit Dalam Tiga Tahap

Rahasia kulit cerah selanjutnya yang sering dilakukan oleh perempuan Jepang adalah membersihkan kulit dalam tiga tahap. Banyak perempuan di Jepang percaya bahwa perawatan kecantikan akan menjadi kurang efektif bila kulit nggak dibersihkan dengan benar.

Oleh karena itu, perempuan di Jepang sering mengutamakan membersihkan kulit setiap pagi dan malam hari, bahkan pada saat nggak memakai makeup sekalipun. 

Proses pembersihan kulit dalam tiga tahap ini dapat dilakukan mulai dari membersihkan kulit menggunakan toner, kemudian bersihkan lagi dengan minyak camelia, lalu beri pelembab.

7. Rutin Gunakan Skincare dengan Kandungan Vitamin C

Vitamin C menjadi sumber antioksidan yang bagus dan punya banyak manfaat bagi kulit. Mulai dari melawan radikal bebas, mencerahkan kulit kusam hingga mengatasi masalah komedo dan jerawat. Jadi, nggak ada salahnya bila kamu mengandalkan vitamin C untuk mewujudkan kulit cerah seperti perempuan Jepang.

Untungnya, saat ini telah hadir banyak skincare untuk kulit kusam dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Kamu tinggal pakai saja produk tersebut secara rutin hingga hasilnya terlihat.

8. Mandi Berendam

Bukan orang Jepang namanya jika nggak suka mandi berendam di air hangat. Biasanya para perempuan Jepang melakukan ritual ini untuk merilekskan tubuh serta membuat kulit lebih cerah dan sehat.

Aktivitas berendam ini umumnya dilakukan dengan membasahi tubuh dulu, lalu menggosoknya dari kepala sampai kaki menggunakan sabun yang bersifat exfoliating. Setelah itu, mereka akan berendam lagi pada bak berisi air hangat, yang telah diberi berbagai herbal, minyak essensial, serta teh hijau.

9. Gunakan Skincare yang Mengandung Green Tea

Menggunakan produk skincare yang mengandung green tea ternyata menjadi salah satu rahasia kulit cerah yang dimiliki oleh perempuan Jepang. Green tea dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta bersifat anti bakteri dan anti inflamasi. Selain itu, skincare yang memiliki green tea di dalamnya juga bisa berfungsi untuk melawan kerusakan kulit akibat sinar UV, mengaktifkan kembali sel-sel kulit mati, serta mengurangi peradangan kulit.

10. Rutin Menggunakan Tsubaki Oil (Camellia Oil)

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami satu ini layak banget kamu coba. Selama berabad-abad, perempuan Jepang mempercayakan tsubaki oil untuk melembapkan kulit, mengatasi ruam dan gatal serta dapat dimanfaatkan sebagai makeup remover. Bukan cuma itu, tsubaki oil ini pun juga kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi permukaan kulit dari paparan sinar matahari. 

11. Hindari Makanan Berlemak, Daging dan Gula

Para perempuan Jepang sering menerapkan diet sehat dengan hanya mengonsumsi sayuran, ikan segar, serta biji-bijian. Selain itu, mereka terkadang juga menghindari makanan berlemak, daging merah, dan bahkan gula. Itulah mengapa kulit para perempuan Jepang bisa terlihat lebih mulus dan awet muda. 

12. Perbanyak Olahraga

Rahasia kulit cerah selanjutnya adalah dengan memperbanyak olahraga. Umumnya, orang-orang di Jepang sangat suka untuk menggerakkan tubuh mereka. Ini bisa dibuktikan dengan sebagian besar populasi di sana yang berjalan kaki ketika bepergian ke sekolah atau kantor. 

Diketahui bahwa berolahraga dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Sehingga, suplai oksigen dan nutrisi ke kulit bisa berjalan dengan lancar dan membuatnya terlihat lebih cerah. 

13. Manfaatkan Rice Bran Oil

Cara membuat wajah cerah dan nggak berminyak berikutnya adalah dengan memanfaatkan rice bran oil. Bahan alami ini dilengkapi dengan antioksidan dan nutrisi baik lainnya yang sehat bagi kulit. Adapun manfaatnya, yaitu dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan dini, mengatasi kulit belang, serta mengencangkan kulit dan membuatnya menjadi lebih lembut dan cerah. 

14. Cobalah untuk Tetap Simpel

Para perempuan Jepang percaya bahwa perawatan kulit bisa dilakukan dengan cara yang nggak berlebihan. Namun, bagaimana sih menerapkan rahasia kulit cerah yang satu ini? Gampang, kamu cuma perlu memakai produk skincare atau makeup yang memang biasa kamu gunakan. Jangan karena tergiur promo atau sekedar penasaran, kamu jadi membeli dan mencoba berbagai produk kecantikan tersebut.

15. Gunakan Air Beras

Air cucian beras dulunya sering digunakan oleh para geisha jepang untuk melembutkan kulit dan rambut. Dengan kandungan antioksidan dan emolien alami, air beras ini bisa dimanfaatkan untuk melindungi kulit dari aneka macam kerusakan akibat sinar UV matahari. Selain itu, bahan alami ini juga sangat bisa diandalkan untuk memelihara kulit dan mencegah timbulnya kerutan-kerutan halus.

16. Nggak Memakai Make Up Berlebih

Nggak memakai makeup berlebih merupakan rahasia kulit cerah selanjutnya yang biasa dilakukan oleh para perempuan Jepang. Jika kamu pergi ke sana, maka kamu akan menyadari bahwa rata-rata perempuan Jepang hanya memakai riasan di wajah mereka setipis mungkin. Inilah sebabnya, kulit mereka tampak lebih segar, nggak rusak, dan bahkan tetap cerah serta glowing. 

17. Pijat Chizu Saeki

Tips mencerahkan kulit badan yang bisa dicoba adalah melakukan pijat Chizu Saeki. Pertama-tama, tepuk dulu dagu secara lembut. Setelah itu, pijat wajah dengan gerakan melingkar. Hal ini sengaja dilakukan agar aliran darah bisa terangsang untuk membantu peremajaan sel, sehingga otot wajah menjadi kencang dan keriput pun berkurang.

18. Konsumsi Probiotik

Probiotik menjadi salah satu rahasia kulit cerah yang dimiliki oleh perempuan Jepang. Para perempuan di jepang memegang prinsip bahwa tubuh, termasuk kulit, bisa menjadi lebih sehat dan cantik bila mengonsumsi probiotik. Terlebih lagi, karena probiotik seperti yoghurt memiliki kegunaan untuk memperbaiki serta menyehatkan sistem pencernaan. Nah, ketika sistem pencernaan sehat, maka kondisi tubuh pasti akan lebih baik dan kulit pun akan terlihat lebih bersinar. 

19. Perbanyak Minum Air Putih

Jika ingin memiliki kulit cerah, maka hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah rutin minum air putih. Kulit kusam dan bermasalah pada dasarnya dapat diakibatkan oleh tubuh yang dehidrasi. Oleh karena itulah, mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter sehari perlu untuk dibiasakan. Terlebih lagi karena ini merupakan cara mencerahkan kulit dengan cepat serta ampuh dan gampang dilakukan. 

20. Manfaatkan Wakame

Cara memutihkan kulit secara alami dalam waktu singkat ala perempuan Jepang adalah dengan memanfaatkan wakame. Wakame atau alga laut ini memiliki banyak sekali manfaat baik bagi kecantikan kulit. Selain sebagai bahan alami pencerah kulit, wakame juga memiliki kegunaan untuk melindungi kulit tubuh dan wajah dari efek buruk sinar matahari. 

Ternyata ada banyak sekali rahasia kulit cerah ala perempuan Jepang yang bisa diterapkan, ya. Beberapa di antaranya bahkan ada yang sudah dilakukan secara berabad-abad dan turun-temurun serta terbukti efektif dalam mencerahkan kulit tubuh dan wajah. Sehingga, kamu pun juga boleh banget untuk mencobanya. Namun ingat, jika kamu ingin mendapatkan kulit cerah yang sehat dan alami, maka melakukan berbagai cara tersebut secara rutin menjadi wajib hukumnya. Selamat mencoba! 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading