Sukses

Beauty

Cara Merawat Rambut Rusak Agar Kembali Indah dan Sehat

Fimela.com, Jakarta Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat.

Penampilan bisa dilihat dari pakaian yang digunakan atau riasan makeup yang saat itu kamu kenakan. Namun tak hanya itu saja. Penampilanmu juga bisa dinilai dari rambutmu. Bayangkan saja kamu sudah menggunakan pakaian yang rapi dan makeup yang cocok, namun rambutmu masih terlihat berantakan. Tentunya penampilanmu jadi ikut terlihat berantakan.

Oleh karena itu, rambut pun perlu dirawat karena rambut juga berperan besar dalam penampilanmu. Bagaimana jika rambut telanjur rusak? Tenang saja, rambut yang sudah rusak pun masih bisa dirawat agar bisa kembali sehat kok. Berikut cara merawat rambut rusak yang harus kamu lakukan agar rambut kembali sehat.

Tanda-tanda Rambut Rusak

1. Rambut mudah kusut

Salah satu tanda rambut rusak yang paling mudah dikenali adalah rambut jadi mudah kusut. Rambut memiliki lapisan pelindung yang disebut kutikula. Jika rambut rusak, kutikula akan terlepas dan patah, sehingga membentuk ujung yang tajam. 

Bila hal ini terjadi, ujung kutikula pada satu helai rambut akan bergesekan dengan kutikula lainnya. Akibatnya, rambut pun mudah kusut. 

 

2. Rambut kering dan tampak kusam

Selain mudah kusut, tanda rambut rusak lainnya adalah terasa kering dan tampak kusam. Rambut kering serta kusam adalah pertanda rambut kehilangan minyak alami yang berfungsi sebagai pelembap. 

Tidak hanya kering, kilau alami pada rambut pun memudar sehingga tampak pudar.

3. Rambut bercabang dan mudah patah

Sudah bukan rahasia umum lagi bila rambut bercabang dan mudah patah termasuk ke dalam ciri-ciri rambut rusak. Rambut yang patah saat disisir atau disusuri dengan tiga jari dapat terjadi akibat lapisan kutikula rambut yang rusak.

Bila hal ini terjadi, kelenturan rambut akan turut berkurang dan menjadikannya mudah patah. Selain patah, kurangnya kelenturan rambut yang menyebabkan rambut bercabang. 

4. Rambut mengembang 

Rambut yang mengembang dan keriting (frizzy), terutama di tempat lembap ternyata juga menjadi tanda rambut tidak sehat. Penyebabnya pun tidak lain tidak bukan adalah kerusakan pada lapisan kutikula rambut.

Salah satu fungsi kutikula rambut adalah mengunci kelembapan rambut. Jika rusak, rambut akan kehilangan kelembapannya dan menjadi lebih ringan, kering, dan mengembang. 

Rambut yang megar juga menjadi ciri bahwa seluruh lapisan pelindung telah rusak. Alhasil, serat bagian dalam rambut terpapar lingkungan luar secara langsung dan menyebabkan kerusakan rambut lebih lanjut. 

5. Rambut menipis

Ciri-ciri rambut tidak sehat yang satu ini mungkin akan terlihat ketika kamu sadar bahwa beberapa daerah kulit kepala lebih banyak terlihat dari helai rambut. Kondisi yang juga disebut rambut menipis ini biasanya disebabkan oleh kerontokan rambut. 

Penyebab kerontokan rambut pun tidak selalu berkaitan dengan cara menjaga kesehatan rambut. Rambut juga dapat rontok dan menipis akibat stres, pola makan yang tidak teratur, hingga faktor genetik. 

Kondisi yang lebih sering dialami oleh wanita ini terjadi saat pertumbuhan rambut mulai melambat. Seiring dengan bertambahnya usia, folikel rambut akan berubah dan menghasilkan rambut yang lebih halus dan kurang kuat. 

Cara Mengatasi Rambut Rusak

1. Gunting Ujung Rambut yang Rusak

Jika sudah telanjur rusak, satu-satunya cara mengatasinya adalah dengan memotong bagian yang telah rusak. Ujung rambut adalah yang paling rentan rusak, karena bagian ini terletak paling jauh dari kulit kepala. Nutrisi yang didapat lebih sedikit dibanding bagian pangkal rambut.

2. Pakai Shampoo yang Melembapkan Rambut.

Rambut rusak umumnya terjadi karena kurang nutrisi. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggunakan sembarang shampoo. Pilih yang punya manfaat melembapkan atau mengandung ekstrak minyak alami.

3. Selalu Pakai Conditioner Sehabis Keramas.

Jika shampoo lebih fokus pada kebersihan kulit kepala, maka conditioner bertugas untuk melembapkan rambutnya. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu pakai conditioner, apalagi jika rambut sudah terlihat rusak atau terasa kasar.

Kalau rambutmu sangat kering atau rusak, kamu bisa pakai conditioner 2 kali dengan urutan conditioner-shampoo-conditioner. Hal ini bisa membantu menjaga kelembapan rambut yang lebih maksimal.

4. Kurangi Penggunaan Catokan dan Hairdryer.

Untuk mengurangi penggunaan alat catok dan curling iron, kamu bisa mencoba berbagai gaya rambut seperti ponytail, cepol atas, hingga kepang. Coba juga cara meluruskan rambut secara alami tanpa obat kimia.

Nah, sebagai pengganti hairdryer, kamu bisa mengganti handukmu yang biasa dengan handuk microfiber agar rambut lebih cepat kering. Kamu juga bisa mengeringkan rambut dengan cara diangin-anginkan.

5. Creambath atau Hair Spa

Untuk memperbaiki rambut rusak, kamu butuh perawatan ekstra. Nah, ada 2 perawatan salon yang sangat disarankan untukmu: creambath dan hair spa.

Kalau kerusakan rambutmu masih di tahap awal (rambut terasa kering dan kasar), coba creambath saja. Namun, kalau rambutmu sudah rusak parah (bercabang dan mengembang), sebaiknya pilih hair spa. Kamu pun bisa melakukan kedua hal tersebut di rumah.

6. Gunakan Bilasan Air Beras.

Air beras punya banyak manfaat untuk rambut, karena ada berbagai macam mineral, asam amino, Vitamin B, Vitamin E, dan juga kandungan anti-oksidan. Kombinasinya bisa mengembalikan kilau rambut alami dan membuat rambut lebih lembut. Caranya cukup mudah kok:

  • Campurkan air beras dengan minyak esensial (rosemary, lavender, atau chamomile).
  • Keramas dengan shampoo, lalu bilas bersih.
  • Tuangkan air beras, diamkan selama 5-10 menit sambil pijat kulit kepala.
  • Bilas hingga bersih.

7. Pakai Vitamin Rambut.

Cara mengatasi rambut rusak tak cukup hanya memakai shampoo dan conditioner saja. Kamu tetap harus memberi nutrisi ekstra. Hal ini bisa didapat dari serum atau vitamin rambut. Coba vitamin rambut yang berbentuk spray, karena partikelnya lebih mudah diserap untuk rambut.

Itulah berbagai cara mengatasi rambut yang rusak agar rambutmu kembali sehat. Namun ingat bahwa untuk mengembalikan kondisi rambut yang sudah rusak, perlu waktu yang cukup lama. Jadi jangan harapkan hasil yang instan. Lakukan secara konsisten dan lihatlah hasilnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading