Sukses

Beauty

Cara Mengatasi Ketiak Hitam Secara Cepat dan Efektif, Hasilnya Bisa Langsung Dirasakan

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang mau memiliki kulit ketiak hitam? Tentunya nggak ada yang mau, bukan? Kulit ketiak menghitam ini memang jadi sebuah problematika serius untuk kebanyakan perempuan. Apalagi bagi mereka yang gemar bereksplorasi dengan pakaian dan menyukai outfit tanpa lengan alias sleeveless. Sebab, mengalami kulit ketiak hitam dinilai dapat menghilangan rasa percaya diri yang dimiliki. Belum lagi karena kondisi ini juga mampu membuat tampilan jadi kurang maksimal.

Untungnya, cara mengatasi ketiak hitam bukan hal yang mustahil untuk dilakukan. Adapun tipsnya bisa berupa perawatan secara alami, mengubah gaya hidup yang kurang baik, hingga dengan treatment medis. Meski begitu, berbagai upaya ini tentunya akan bisa membuahkan hasil yang diharapkan bila diterapkan dengan benar dan rutin. Mau tahu apa saja cara menghilangkan ketiak hitam dengan cepat tersebut? 

Apa Sih Penyebab dari Munculnya Ketiak Hitam?

Penyebab ketiak hitam bisa berasal dari banyak faktor. Bahkan, di antaranya dapat diakibatkan oleh berbagai aktivitas sehari-hari yang sering dilakukan. Misalnya saja seperti sering mencukur bulu ketiak, menggunakan produk deodoran yang nggak cocok, mengenakan pakaian yang terlalu kecil, hingga kebiasaan merokok.

Selain itu, ketiak hitam karena kondisi biologis juga kerap terjadi pada beberapa kasus. Adapun yang dimaksud adalah obesitas atau kelebihan berat badan. Bukan cuma itu saja, penumpukan sel mati, infeksi bakteri serta kehamilan pun juga bisa menjadi penyebab ketiak hitam yang sering terjadi. 

Meskipun ketiak hitam merupakan suatu kondisi yang umum terjadi, namun bukan berarti kamu dapat menyepelekannya, ya. Ini karena ketiak hitam juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh mengalami penyakit serius seperti diabetes. Oleh karena itu, pemeriksaan yang tepat dari medis sangat dibutuhkan agar kamu nggak sembarangan mendiagnosis diri sendiri.   

Terapkan Berbagai Tips Mengatasi Ketiak Hitam Secara Cepat dan Efektif

Lalu, biar ketiak putih pakai apa? Diyakini ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mencerahkan kulit ketiak gelap. Berbagai langkah tersebut pun ada yang memanfaatkan bahan-bahan alami, produk skincare, hingga treatment medis. Yuk, simak ulasan berikut ini biar kamu semakin paham bagaimana cara mengatasi ketiak hitam yang mengganggu.

1. Gunakan Produk Deodoran yang Tepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab ketiak hitam bisa diakibatkan karena penggunaan produk deodoran yang kurang tepat. Maka dari itu, cobalah untuk beralih ke deodoran lainnya yang memiliki kecocokan sesuai dengan kulit ketiakmu dan punya kandungan serta formula yang dibutuhkan.

Deodoran untuk kulit ketiak hitam biasanya memiliki kandungan yang anti iritasi dan teksturnya sangat nyaman ketika digunakan. Selain itu, deodoran yang bagus juga biasanya mengandung bahan-bahan alami yang punya efek mencerahkan, misalnya seperti ekstrak mutiara dan vitamin C. 

Deodoran yang nggak membuat ketiak hitam pada umumnya juga dilengkapi dengan vitamin B3 dan kandungan kolagen yang tinggi guna menjadikan kulit ketiak lebih cerah, halus, serta lembut. Jadi, kamu bisa banget lho mempertimbangkan beberapa kriteria tersebut dalam mencari deodoran untuk kulit ketiak hitam yang terbaik.  

2. Lakukan Eksfoliasi Pada Kulit Ketiak

Pertimbangkan pula melakukan eksfoliasi pada kulit ketiak. Aktivitas satu ini dapat menjadi sebuah cara mengatasi ketiak hitam yang cepat dan efektif. Sebab, dengan melakukan eksfoliasi ketiak, sel-sel kulit mati yang sudah menumpuk pun akan bisa terangkat sepenuhnya dan tampilan ketiak menjadi lebih bersih serta cerah.

Dalam melakukan eksfoliasi ketiak, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami maupun produk perawatan kulit. Bila ingin mencoba cara alami, maka kamu bisa memanfaatkan scrub yang terbuat dari gel lidah buaya, sari kentang, atau campuran brown sugar dan minyak zaitun. Namun bila nggak ingin ribet, kamu bisa langsung saja membeli produk eksfoliasi untuk kulit ketiak hitam yang sekarang dapat dibeli dengan mudah di pasaran. 

3. Gunakan Krim Pencerah Ketiak

Menggunakan krim pencerah ketiak menjadi upaya selanjutnya dalam memudarkan kulit ketiak hitam. Cara mengatasi ketiak hitam yang satu ini sangat bisa diandalkan dan terbilang efektif serta hasilnya bisa terlihat dalam waktu yang cukup cepat. 

Menariknya, beberapa merk krim pencerah pada saat ini sudah banyak yang dilengkapi dengan berbagai formula khusus guna membantu memudarkan area gelap di sekitar ketiak. Selain itu, ada juga yang krim pencerah ketiak yang disertai kegunaan lainnya, seperti menghidrasi kulit ketiak, mencegahnya dari kemunculan iritasi, serta membuat ketiak lebih segar dan tahan wangi sepanjang hari.

4. Hindari Pencukuran Bulu Ketiak yang Sebabkan Iritasi

Jika nggak ingin memiliki ketiak hitam, maka kamu perlu menghindari pencukuran bulu ketiak yang terlalu sering. Pasalnya, aktivitas mencukur bulu ketiak sendiri dapat menimbulkan iritasi dan sensasi gatal yang berakhir dengan munculnya area gelap pada ketiak. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba metode waxing atau perawatan hair removal lainnya sebagai cara mengatasi ketiak hitam yang efektif. 

5. Kenakan Pakaian yang Longgar

Memakai pakaian ketat sangat nggak direkomendasikan bila kamu ingin kulit ketiak tetap cerah. Alasannya karena pakaian ketat dapat menimbulkan gesekan antara baju dan kulit ketiak. Ketika terjadi terus-menerus, ketiak bisa mengalami reaksi gatal, iritasi, hingga membuat warnanya menjadi gelap. Oleh karena itu, cara mengatasi ketiak hitam secara cepat dan efektif juga bisa dilakukan dengan menggunakan pakaian longgar agar kulit terhindar dari berbagai macam bentuk gesekan.

6. Atasi Ketiak Hitam dengan Lemon

Cara memutihkan ketiak secara alami dalam 1 minggu bisa diwujudkan dengan memanfaatkan buah lemon. Tahukah kamu bahwa lemon merupakan bahan alami yang sering dipakai untuk mencerahkan ketiak tanpa efek samping berbahaya. 

Diketahui bahwa lemon memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Oleh karena itulah, kombinasi nutrisi ini nggak cuma bagus bagi kesehatan tubuh, melainkan juga untuk kecantikan kulit. Dengan memanfaatkan kandungan vitamin C yang ada di dalam lemon, dijamin kulit ketiakmu yang awalnya hitam bisa kembali cerah dan berseri. 

Untuk menggunakan tips ini, kamu bisa menyiapkan terlebih dahulu perasan air lemon dan 2 sendok makan madu. Campur rata keduanya dan oleskan di area ketiak yang hitam. Setelah itu, tunggu beberapa saat dan kemudian bersihkan ketiak menggunakan air bersih. 

Bagaimana, gampang banget bukan caranya? So, jangan lupa untuk memakai cara mengatasi ketiak hitam dengan lemon ini, ya. Sebab, selain dari caranya yang mudah diaplikasikan, bahan-bahan yang dibutuhkan pun juga bisa didapatkan di mana saja. 

7. Manfaatkan Kunyit

Cara memutihkan ketiak dengan kunyit sering banget digunakan oleh banyak perempuan. Selain karena khasiat antioksidannya yang mampu membuat kulit tampak sehat dan cerah, kunyit ternyata juga memiliki sifat antibakteri yang dapat menghilangkan bau nggak sedap di sekitar area ketiak. 

Memanfaatkan kunyit sebagai cara mengatasi ketiak hitam sendiri dapat dilakukan dengan 2 metode. Pertama, campur ¼ sendok bubuk kunyit dan air perasan lemon. Jika sudah tercampur rata, oleskan pasta tersebut ke permukaan kulit ketiak yang hitam dan diamkan selama 15-30 menit. Lalu, bilas ketiak dengan air bersih dan keringkan.

Adapun metode yang kedua adalah mencampurkan bubuk kunyit dengan dua sendok lotion. Setelah itu, balurkan ke ketiak secara merata dan diamkan selama 30-60 menit. Jika sudah agak mengering, bersihkan ketiak menggunakan air hangat. 

8. Pakai Minyak Kelapa

Mau tahu cara mengatasi ketiak hitam dengan bahan alami lainnya? Jika iya, maka kamu bisa mencoba memanfaatkan minyak kelapa. Selain kegunaannya sebagai bahan masak, minyak kelapa ini juga bisa dipakai sebagai metode menghilangkan ketiak hitam dengan alami. 

Sama seperti lemon dan kunyit, minyak kelapa pun nyatanya juga kaya akan kandungan antioksidan di dalamnya. Jadi jangan heran ya bila ada banyak produk kecantikan dan kesehatan yang memanfaatkan bahan alami satu ini.

Memakai minyak kelapa sebagai rahasia kulit ketiak cerah bisa dilakukan dengan mengoleskannya secara rutin setiap hari. Sembari mengoleskannya, jangan lupa pula untuk memberikan pijatan lembut pada ketiak selama kurang lebih 10-15 menit. 

9. Jaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Obesitas seringkali menjadi penyebab ketiak hitam yang kurang disadari banyak orang. Ini bisa terjadi akibat kondisi acanthosis nigricans. Fakta lainnya, gangguan seperti obesitas bukan hanya bisa bikin hitam kulit ketiak saja, melainkan juga beberapa area tubuh lainnya seperti tengkuk leher hingga selangkangan.

Untuk menghindarinya, kamu perlu menjaga pola hidup sehat agar berat badan tetap ideal. Ini bisa dilakukan dengan memilih menu santapan yang lebih sehat, seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian, hingga berbagai ikan segar yang tinggi protein. Jangan lupa pula untuk berolahraga agar berat badan bisa lebih terkendali dan kamu pun menjadi lebih sehat dan fit. 

10. Perawatan Medis Juga Bisa Jadi Solusinya

Cara mengatasi ketiak hitam secara cepat dan efektif bisa pula dilakukan dengan menggunakan perawatan medis. Metode ini dinilai lebih aman karena dilakukan oleh dokter yang ahli dan sudah berpengalaman. Selain itu, melakukan perawatan medis demi mendapatkan ketiak yang cerah juga bisa membuat kamu merasakan hasilnya dengan sangat cepat, bahkan ada yang cuma butuh 1 hari saja. 

Jika ingin melakukan cara ini, maka kamu bisa memilih bentuk perawatan seperti terapi laser, peeling, atau menggunakan krim dari dokter. Terapi laser sendiri dilakukan dengan memberikan laser pada area ketiak yang terdampak, sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan mulus. 

Sementara peeling biasanya dilakukan dengan mengoleskan bahan kimia pada kulit ketiak yang menghitam. Setelah beberapa saat, kulit akan mengelupas secara perlahan dan menampilkan lapisan kulit baru yang lebih cerah dan halus. Di sisi lain, penggunaan krim dari dokter biasanya dilakukan dengan resep khusus. Pasalnya, beberapa krim oles pencerah ketiak seperti hidrokuinon termasuk ke dalam golongan obat keras. Karenanya, penggunaan krim tersebut harus diterapkan di bawah pengawasan dokter. 

Wah, ternyata ada banyak cara mengatasi ketiak hitam yang bisa dilakukan, ya. Mau pakai cara alami dan skincare bisa, bahkan cara medis pun juga dapat dilakukan. Nah, apabila kamu tertarik dengan berbagai tips tersebut, jangan lupa untuk menerapkannya langsung. Apalagi jika kamu ingin agar tampilan kulit ketiak bisa lebih cerah, cantik, dan sehat. Semoga bermanfaat!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading