Sukses

Beauty

15 Cara Menghilangkan Komedo Membandel yang Bikin Wajah Kurang Mulus, Ternyata Nggak Ribet Kok!

Fimela.com, Jakarta Cara menghilangkan komedo yang membandel mungkin jadi salah satu dari sekian trik perawatan kulit yang sering jadi concern tersendiri. Bukan tanpa alasan, munculnya komedo memang cukup mengganggu penampilan. Masalah kulit yang satu ini bisa membuat pori-pori tampak membesar, sehingga wajah pun jadi nggak mulus. Kamu juga termasuk salah satu yang lagi dilema dengan masalah ini, Sahabat Fimela?

Menghilangkan komedo memang nggak bisa dilakukan secara instan, karena yang diperlukan adalah perawatan rutin yang konsisten. Yuk, cari tahu dulu beberapa tips penting menghilangkan komedo yang bisa dipraktikkan dengan mudah di rumah!

Komedo adalah Kotoran yang Menempel di Permukaan Kulit

Sering dibuat gemes dengan munculnya masalah kulit yang satu ini? Tapi, sebenarnya komedo itu apa sih? Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan RI, komedo adalah kotoran yang berasal dari sel kulit mati dan minyak yang menempel pada permukaan kulit. Ketika terpapar udara akan mengalami proses oksidasi yang membuat warnanya terlihat menghitam. Inilah yang sering disebut komedo hitam atau blackhead.

Sementara itu, komedo yang tertutup permukaan kulit akan berwarna putih atau whitehead. Baik itu komedo hitam maupun putih harus segera ditangani dengan baik karena bisa menjadi awal mula munculnya jerawat yang mengganggu.

Apa Sih Penyebab Komedo yang Muncul?

Sebenarnya komedo nggak hanya bisa muncul di hidung saja, tapi juga bisa berkembang di bagian permukaan kulit lainnya. Selain hidung, umumnya masalah ini muncul pada pipi, dahi, dan dagu.

Seperti yang sudah dijelaskan, komedo terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati dan minyak yang kemudian menyumbat pori-pori. Tapi, ada beberapa faktor lain yang bikin seseorang lebih rentan mengalami komedo yang dirangkum dari situs Alodokter. Apa saja?

1. Makanan Berlemak dan Berkadar Gula Tinggi

Yang pertama adalah konsumsi makanan berlemak dan bergula yang terlalu banyak. Sisa lemak dan gula yang dikonsumsi ternyata bisa memicu pertumbuhan komedo baik itu di kulit wajah, leher, atau punggung. Beberapa jenis makanan berlemak yang bisa memicu komedo antara lain cokelat, es krim, kacang tanah, hingga susu. Jadi, mulai perhatikan konsumsi makanan berlemak untuk mencegah munculnya komedo.

2. Kebiasaan Memegang Wajah

Masih sering menyentuh wajah? Kebiasaan yang satu ini memang seringnya nggak disadari, tapi bisa memicu pertumbuhan komedo yang makin meningkat. Tangan juga bisa menjadi media perpindahan kotoran, kuman dan bakteri yang memicu masalah kulit lain seperti jerawat.

3. Formula Skincare dan Makeup yang Nggak Tepat

Perhatikan dengan baik formula skincare dan makeup yang digunakan. Jika nggak sesuai dengan jenis kulit, bisa memicu produksi minyak makin meningkat yang memicu munculnya komedo. Selain itu, penting juga menggunakan produk makeup atau skincare dengan label non comedogenic. Artinya, formula yang terkandung di dalamnya ringan dan bisa meresap dengan baik ke dalam kulit tanpa bikin komedo bertambah.

4. Malas Membersihkan Wajah

Masih malas melakukan rutinitas membersihkan wajah setelah beraktivitas? Ini juga yang bisa menyebabkan munculnya komedo. Kotoran dan minyak yang nggak dibersihkan dengan baik akan menumpuk di permukaan wajah. Hasilnya adalah munculnya komedo yang mengganggu penampilan.

Cara Menghilangkan Komedo yang Ampuh, Alami dan Praktis Dilakukan

Kalau penasaran dengan cara menghilangkan komedo, beberapa langkah praktis ini bisa jadi pilihan lho. Asal dilakukan secara rutin, baik itu blackhead atau pun whitehead bisa disingkirkan dengan maksimal. Saatnya coba satu per satu!

1. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Munculnya komedo disebabkan oleh penumpukan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Jadi, langkah penanganan pertama yang bisa dicoba adalah pastikan untuk membersihkan wajah secara rutin setiap hari, terutama setelah melakukan berbagai aktivitas.

Lakukan metode double cleansing untuk memberikan hasil membersihkan wajah yang lebih maksimal. Pertama, bersihkan wajah terlebih dulu dengan produk pembersih oil-based atau micellar water. Selanjutnya, cuci wajah dengan facial foam untuk membersihkan residu dari cleanser yang digunakan sebelumnya, sekaligus mengangkat sisa kotoran, minyak dan makeup.

2. Eksfoliasi Wajah

Apakah eksfoliasi wajah bisa membantu menghilangkan komedo? Secara umum, rutinitas kecantikan yang satu ini berperan untuk membersihkan tumpukan sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Hal inilah salah satu pemicu pori-pori tersumbat. Jadi, secara otomatis bisa mengurangi risiko munculnya komedo juga.

Nah, jika ingin melakukan eksfoliasi, pastikan pilih produk eksfoliator yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit. Misalnya saja butiran scrub lembut yang bisa jadi opsi untuk pemilik kulit normal dan berminyak. Sementara itu bagi pemilik kulit kering dan sensitif, chemical exfoliation dengan produk AHA/BHA bisa membantu mengangkat sel kulit mati secara maksimal.

3. Manfaatkan Hydrating Toner

Manfaat toner memang nggak boleh disepelekan, karena bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Tapi, bukan hanya itu saja karena produk yang satu ini juga bisa membantu perawatan menghilangkan komedo, lho.

Toner juga berperan untuk mengecilkan pori-pori sehingga meminimalisir kondisi pori-pori yang tersumbat. Kamu bisa memilih toner dengan kandungan witch hazel yang sering disebut sebagai astringent alami untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit. Nggak hanya di permukaan saja, tapi juga meresap ke dalam pori-pori yang tersumbat.

4. Jangan Lewatkan Penggunaan Pelembap

Komedo juga bisa muncul karena produksi minyak berlebihan yang kemudian menyebabkan sumbatan pada pori-pori. Nah, faktor pemicu produksi minyak berlebih ini bisa terjadi karena kondisi kulit yang super kering, sehingga sebum aktif menghasilkan minyak untuk menjaga kelembapan wajah.

Jadi, penting untuk selalu menggunakan pelembap demi menjaga hidrasi alami kulit. Namun, pilih produk pelembap water-based yang bisa meresap dengan cepat ke dalam kulit tanpa menyebabkan efek lengket dan menyumbat pori-pori.

5. Gunakan Skincare dan Makeup Non Comedogenic

Cara menghilangkan komedo selanjutnya bisa dilakukan lewat pemilihan produk skincare dan makeup yang dipakai. Pastikan pilih yang sesuai dengan jenis kulitmu, karena salah pemilihan produk bisa menyebabkan wajah semakin berminyak, iritasi, hingga pori-pori tersumbat yang memicu komedo dan jerawat.

Jadi, sebelum memakai produk skincare atau makeup apapun, kenali dulu kandungan bahan-bahan di dalamnya. Apakah cocok dengan kondisi kulitmu? Sebisa mungkin hindari oil-based product, terlebih jika kamu adalah pemilik kulit berminyak dan berjerawat karena dapat memicu komedo hingga jerawat.

6. Coba Bersihkan Kulit dengan Face Brush

Face brush atau sikat wajah bisa jadi alternatif membersihkan wajah dengan maksimal, sehingga dapat meminimalisir komedo yang membandel juga. Namun, penggunaannya harus dilakukan dengan hati-hati. Pastikan pilih face brush dengan sikat yang lembut supaya tidak menyebabkan iritasi.

Selain itu, jangan digunakan setiap hari karena bisa memicu kulit jadi kemerahan dan iritasi. Jaga kebersihan face brush yang digunakan juga penting untuk mencegah munculnya masalah kulit lainnya seperti jerawat.

7. Hilangkan Komedo dengan Clay Mask

Cara menghilangkan komedo yang satu ini juga sering banget jadi andalan. Clay mask atau masker yang berbahan dasar tanah liat ini punya banyak manfaat. Mulai dari mengecilkan pori-pori, menyerap kadar minyak yang berlebihan, hingga meminimalisir munculnya komedo. Lakukan perawatan dengan clay mask setiap 1 minggu sekali untuk memaksimalkan perawatan wajah yang dijalani.

8. Gunakan Metode Steamed Face

Steamed face atau metode penguapan wajah sudah sering jadi salah satu tips kecantikan dari masa ke masa. Teknik yang satu ini punya manfaat untuk membuka pori-pori wajah sekaligus membersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Nggak heran kalau sering jadi andalan dalam menghilangkan komedo juga.

Kalau mau melakukan steamed face, gampang banget. Tuang air panas ke dalam wadah bersih, posisikan wajah di atasnya dalam jarak aman. Tutupi kepala dan wadah dengan handuk lebar supaya uap panasnya nggak keluar dan tetap fokus pada wajahmu. Lakukan selama 15 menit.

9. Bersihkan Komedo dengan Baking Soda

Baking soda memang dikenal sebagai salah satu bahan alami yang punya banyak manfaat. Nggak hanya sebagai tips dapur saja, tapi juga menjadi salah satu cara menghilangkan komedo yang ampuh.

Caranya juga mudah banget. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan ke area wajah yang berkomedo, gosok secara perlahan. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

10. Gunakan Masker Putih Telur

Jika ingin menghilangkan komedo secara alami, masker putih telur bisa jadi salah satu solusinya. Bahan alami yang satu ini memang punya banyak manfaat untuk kulit, termasuk mengatasi masalah komedo yang membandel.

Cara membuat masker alami yang satu ini adalah dengan memasukkan satu putih telur, kocok hingga merata. Aplikasikan pada kulit secara merata, lapisi tisu di wajah dan oleskan putih telur lagi. Biarkan selama 20 menit hingga mengering, lepaskan tisu dan cuci wajah hingga bersih.

11. Manfaatkan Perasan Air Lemon

Air perasan lemon juga bisa jadi salah satu cara menghilangkan komedo secara alami. Lemon dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan berperan untuk membantu menghilangkan sel kulit mati.

Perawatan yang satu ini sebenarnya gampang banget. Ambil air perasan lemon, simpan di dalam gelas. Gunakan kapas dan oleskan air lemon tersebut untuk membersihkan kulit. Fokuskan pada area yang muncul komedo. Biarkan hingga semalam dan bilas wajah hingga bersih keesokan harinya.

12. Masker Oat dan Madu

Oat juga bisa diandalkan sebagai salah satu bahan untuk eksfoliasi alami. Manfaat ini juga yang dapat dicoba sebagai salah satu cara menghilangkan komedo membandel. Kombinasikan dengan madu, kedua bahan ini juga bisa membantu melembapkan wajah.

Buatlah masker kombinasi oat dan madu dengan cara memasukkan 2 sendok oat ke dalam sebuah wadah dan tambahkan 1 sendok madu. Aduk hingga rata dan aplikasikan pada wajah. Gunakan pijatan perlahan, diamkan selama 20 menit lalu bilas sampai bersih.

13. Istirahat yang Cukup di Malam Hari

Apa hubungannya menghilangkan komedo dengan istirahat di malam hari? Ternyata ada lho! Dilansir dari situs Halodoc, kurang tidur dapat membuat kadar hormon kortisol meningkat yang mempengaruhi kesehatan kulit. Salah satunya adalah munculnya komedo dan jerawat yang bisa mengganggu penampilan.

14. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Kulit juga membutuhkan asupan nutrisi dari dalam untuk meningkatkan kesehatannya. Salah satunya bisa dilakukan dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Perbanyak mengonsumsi sayuran hijau yang baik untuk kesehatan kulit. Jangan lupa penuhi juga asupan Omega 3 dan vitamin lainnya yang menjaga kulit tetap sehat dan kenyal.

15. Olahraga Teratur

Cara menghilangkan komedo juga perlu didukung dengan kebiasaan hidup sehat. Misalnya saja olahraga teratur yang ternyata nggak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga kulit. Tahukah kamu kalau olahraga dapat membantu membersihkan pori-pori? Keringat yang muncul dari olahraga bisa membantu membersihkan sumbatan pada pori-pori, sehingga mendukung kesehatan kulit dari dalam. Kulit pun terlihat lebih sehat dan mulus.

Itu tadi 15 cara menghilangkan komedo membandel yang ternyata bisa dilakukan dengan mudah kan? Dukung dengan rutinitas skincare yang tepat untuk merawat kulit tetap sehat dan glowing. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading