Sukses

Beauty

15 Cara Meratakan Kulit Belang Akibat Terbakar Sinar Matahari, Nggak Perlu Galau Lagi

Fimela.com, Jakarta Di tengah padatnya aktivitas sehari-hari di luar rumah, kulit belang akibat paparan sinar matahari jadi salah satu permasalahan yang sering dialami. Warna kulit yang terlihat kontras dan tampilannya yang nggak merata juga bisa bikin nggak percaya diri. Nggak heran kalau sebagian dari kamu berusaha menyamarkannya dengan penggunaan makeup. 

Namun, kalau cuma disamarkan saja jelas bukan cara yang efektif, karena artinya kamu nggak menuntaskan masalah hingga ke akarnya. Saatnya temukan solusi perawatan kulit belang yang bisa membuat warnanya terlihat lebih merata yuk!

Apa yang Menyebabkan Kulit Jadi Belang?

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab warna kulit jadi terlihat belang. Dilansir dari Alodokter, beberapa faktor ini bisa memicu perubahan warna pada kulit sehingga tampak belang dan nggak merata. 

1. Melasma

Kondisi ini ditandai dengan bintik yang muncul di sekitar wajah, bisa berwarna abu-abu, kebiruan, atau kecokelatan. Biasanya melasma dialami oleh perempuan mulai usia 20 tahun yang disebabkan oleh perubahan hormon atau paparan sinar matahari. 

2. Solar Lentiginosis

Kalau kondisi kulit yang satu ini sering disebut bintik matahari, yaitu perubahan warna kulit di area yang sering terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Kulit jadi terlihat belang yang umumnya terjadi di daerah punggung tangan, wajah, bahu, hingga punggung kaki. 

3. Luka pada Kulit

Saat terluka misalnya mengalami lecet, terbakar atau infeksi, kulit bisa kehilangan pigmennya. Hal inilah yang membuat kondisinya jadi terlihat belang dan biasanya butuh waktu yang cukup lama untuk membuat warnanya kembali merata. 

4. Paparan Sinar Matahari Berlebihan

Ini dia penyebab kulit belang paling utama dan sering dialami. Paparan sinar matahari yang berlebihan ternyata bisa menyebabkan kulit terbakar dan menimbulkan perubahan warna pada kulit.

Mengapa Sinar Matahari Bisa Bikin Kulit Belang?

Penasaran dengan hubungan sinar matahari dengan kulit gelap? Jadi, paparan sinar matahari yang terlalu sering bisa merusak jaringan kulit. Hal ini juga memicu produksi melanin, yaitu zat pemberi warna pada kulit. Saat paparannya berlangsung secara berlebihan, bisa membuat kulit terbakar sekaligus menjadikan warnanya terlihat belang. 

Selain membuat kulit belang, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan munculnya tanda kerusakan kulit lainnya. Mulai dari kerutan halus, munculnya hiperpigmentasi, dan berbagai kerusakan kulit lainnya.

Cara Meratakan Kulit Belang yang Bisa Dicoba

Apakah kulit yang terlihat belang akibat paparan sinar matahari bisa kembali cerah merata? Jawabannya bisa, namun diperlukan beberapa langkah perawatan rutin yang harus dilakukan secara disiplin. Yuk saatnya coba terapkan beberapa tips berikut ini, Sahabat Fimela!

1. Eksfoliasi Kulit Secara Rutin

Kulit yang terbakar sinar matahari biasanya akan terlihat kusam, lebih gelap, dan kurang bercahaya. Hal ini juga bisa disebabkan karena proses regenerasi sel yang ada terganggu, sehingga membuat tampilan kulit jadi terlihat tidak merata. 

Untuk mengatasinya, eksfoliasi kulit bisa jadi ritual perawatan rutin yang bisa dicoba. Treatment yang satu ini dapat mendorong regenerasi sel baru yang lebih sehat dan mengangkat sel kulit mati yang rusak, sehingga wajah pun bisa kembali cerah berseri. 

Ada 2 jenis produk eksfoliasi yang bisa dipilih. Mulai dari physical exfoliation berupa face scrub dengan butiran lembut yang bisa digunakan pemilik kulit normal dan berminyak. Ada juga chemical exfoliation dengan produk yang mengandung AHA/BHA untuk kulit kering dan sensitif.

2. Pakai Sunscreen Sebelum Beraktivitas di Luar Rumah

Untuk mencegah efek kulit belang yang lebih parah, buat kamu yang punya agenda padat di luar rumah sebaiknya jangan pernah melupakan pemakaian sunscreen. Produk yang satu ini jadi hal wajib untuk memberikan perlindungan menyeluruh dari paparan sinar matahari sebelum beraktivitas di luar rumah. 

Nah, hal penting yang perlu dipertimbangkan saat akan memilih susncreen adalah tingkat SPF yang terkandung di dalamnya. SPF adalah Sun Protection Factor, yaitu ukuran kemampuan sunscreen dalam melindungi kulit dari radiasi sinar UV. 1 SPF yang ada di dalam sunscreen artinya bisa melindungi kulit dari paparan UV selama 1 menit. Jadi, kalau kamu memilih SPF 30, artinya bisa melindungi selama 300 menit.

3. Aplikasikan Ulang Sunscreen Setiap 2 Jam

Kenapa perlu mengaplikasikan ulang sunscreen setiap 2 jam sekali ya? Kalau pakai SPF 30 kan berarti masih punya waktu 5 jam terlindungi dari sinar UV? Biarpun secara teori seperti itu, tapi kenyataannya ada banyak faktor yang bisa mengurangi efektivitas sunscreen selama digunakan. 

Misalnya saja tubuh yang berkeringat saat cuaca panas bisa membuat sunscreen yang digunakan ikutan luntur. Jadi, demi mencegah kulit terlihat semakin belang, perlu terapkan kebiasaan yang satu ini juga ya!

4. Selalu Gunakan Pelembap Wajah

Selain rutin menggunakan sunscreen, perawatan kulit yang tampak belang karena sinar matahari juga bisa dilakukan dengan mengaplikasikan pelembap secara rutin. Produk yang satu ini sangat penting untuk menjaga kelembapan dan hidrasi kulit sehingga membantu proses perbaikan sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. 

Supaya hasilnya maksimal, pastikan pilih pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. Misalnya bagi pemilik kulit berminyak, pakai produk yang memiliki formula water-based sehingga lebih mudah meresap ke dalam lapisan kulit tanpa menyebabkan wajah jadi banjir minyak.  

5. Gunakan Serum yang Mengandung Vitamin C

Perawatan wajah dengan serum pencerah juga bisa jadi salah satu cara untuk meratakan kembali warna kulit yang tampak belang. Ada beberapa kandungan formula yang dikenal ampuh mencerahkan wajah, salah satunya adalah vitamin C. 

Bahan yang satu ini dikenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu mengurangi produksi melanin dan meratakan warna kulit yang terlihat belang serta kusam. Namun, perlu pahami terlebih dulu dos and don'ts penggunaan vitamin C yang tepat agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit. 

6. Pilih Skincare dengan Kandungan Niacinamide

Rangkaian skincare rutin lainnya juga perlu dilakukan demi meratakan kembali warna kulit yang tampak belang. Supaya lebih efektif dan mendukung hasil yang diharapkan, maksimalkan rangkaian perawatan dengan bahan pencerah lainnya. Misalnya saja niacinamide yang belakangan ini jadi bahan aktif favorit dalam skincare karena berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya. 

Bahan aktif yang berasal dari vitamin B3 ini dikenal dengan manfaatnya dalam menjaga kelembapan alami kulit serta mengatasi warna kulit yang tidak rata. Belakangan ini niacinamide sudah banyak hadir dalam produk skincare seperti facial wash, moisturizer, hingga night cream yang dapat menyempurnakan perawatan wajah bebas belang.

7. Lakukan Perawatan Kulit dengan Retinol

Retinol merupakan salah satu jenis retinoid yang berasal dari vitamin A. Bahan ini lebih banyak dikenal untuk mengatasi penuaan dini. Tapi, fungsinya ternyata nggak hanya sebatas sampai di situ saja kok. 

Retinol juga bisa menjadi bagian dari perawatan untuk meratakan warna kulit belang karena formula ini dapat membantu mengurangi efek hiperpigmentasi atau warna kulit nggak merata. Cara kerjanya adalah dengan mendorong regenerasi sel kulit yang baru dan menghambat produksi melanin penyebab warna kulit lebih gelap. 

8. Perhatikan Asupan Air Putih

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan air putih harian demi menjaga kesehatan kulit. Air putih berperan untuk menjaga hidrasi tubuh dari dalam sehingga membantu proses regenerasi sel untuk memperbaiki sel kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. 

Disarankan untuk memenuhi kebutuhan air putih harian 8 gelas sehari. Selain baik untuk menjaga kesehatan kulit, asupan air putih juga sangat penting untuk menjaga metabolisme dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

9. Gunakan Sheet Mask Secara Rutin

Perawatan lainnya yang bisa dilakukan untuk meratakan kulit belang adalah penggunaan sheet mask secara rutin. Pilih sheet mask yang memiliki kandungan pencerah, misalnya saja Vitamin C atau E. Aplikasikan setiap 1 minggu sekali untuk memberikan nutrisi yang diperlukan kulit agar kembali cerah.

10. Perawatan dengan Teh Hijau

Tahu nggak sih kalau kandungan antioksidan dalam teh hijau ternyata bisa dimanfaatkan untuk menunjang perawatan kulit belang? Yup, antioksidan ini bekerja dengan menangkal radikal bebas yang bisa mencegah proses regenerasi sel.

Untuk melakukan perawatan dengan bahan yang satu ini gampang banget. Rendam daun teh hijau dengan air panas selama 15 menit, tunggu hingga dingin. Aplikasikan daun teh tersebut pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

11. Aplikasikan Masker Tomat

Tomat nggak hanya baik untuk kesehatan mata. Tapi juga dapat menunjang perawatan kulit belang akibat sinar matahari, sehingga warnanya jadi lebih merata. Hal ini karena kandungan lycopene dan antioksidan di dalamnya yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kulit kusam. 

Jika ingin melakukan perawatan gampang banget kok. Siapkan 1 buah tomat, tumbuk hingga halus dan oleskan pada wajah selama 30 menit. Selanjutnya, bilas dengan air biasa hingga bersih. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu agar hasilnya lebih maksimal.

12. Cuci Wajah dengan Air Beras untuk Mencerahkan Kulit

Cara meratakan kulit belang selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan air beras. Bahan alami yang satu ini sudah dikenal untuk mencerahkan wajah dari generasi ke generasi. Ingin melakukan perawatan dengan air beras? Caranya gampang banget. Rendam 2 cangkir beras selama beberapa hari hingga air beras mendapatkan sarinya. Nah, sari air beras ini yang bisa dijadikan sebagai masker dan gunakan air rendamannya untuk mencuci wajah.

13. Perhatikan Jam yang Tepat Saat akan Berjemur atau Olahraga

Kandungan vitamin D dalam sinar matahari memang dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh. Namun, perhatikan jam yang tepat jika ingin berjemur atau olahraga di bawah sinar matahari. 

Sinar matahari pagi yang baik hanya bisa didapatkan maksimal jam 8 atau 9 pagi saja. Lebih dari itu, radiasinya bisa merusak lapisan kulit dan malah membuat warna kulit yang belang semakin tidak merata. 

14. Gunakan Pakaian yang Melindungi Kulit

Jika ingin meratakan warna kulit belang, pastikan selalu lindungi tubuh dengan maksimal saat beraktivitas di luar ruangan. Selain menggunakan sunscreen, penting juga untuk menggunakan pakaian yang bisa menutupi tubuh. Misalnya dengan jaket atau coat. Gunakan topi dan kacamata hitam untuk mencegah radiasi sinar UV pada wajah. Selain itu, pakai juga sarung tangan dan sepatu bagi yang beraktivitas dengan motor, karena paparan sinar matahari saat berkendara nggak bisa dianggap remeh. 

15. Konsumsi Makanan yang Dapat Mencerahkan Kulit

Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur yang kaya nutrisi untuk mencerahkan kulit. Misalnya saja pisang yang kaya vitamin C dan B6 untuk meningkatkan struktur dan elastisitas kulit secara alami. 

Selanjutnya kamu juga bisa mengonsumsi alpukat yang kaya vitamin E untuk menjaga elastisitas kulit sekaligus mempercepat proses regenerasi yang artinya membantu meratakan warna kulit belang.

Jadi, nggak perlu galau lagi dengan masalah kulit belang yang dialami. Sederet langkah perawatan di atas bisa jadi alternatif untuk kembali mendapatkan warna kulit yang cerah merata. Selamat mencoba!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading