Sukses

Beauty

Diary Fimela: Cerita Gadis Berusia 18 Tahun Rintis Brand Kecantikan Lokal

Fimela.com, Jakarta Siapa sangka, seorang gadis yang kala itu masih berusia 18 tahun sudah bisa menjadi pengusaha muda. Misshell Chai, Chief Executive Officer Glxssy Beaute memulai karirnya di dunia bisnis sejak usia yang terbilang masih sangat muda. Glxssy Beaute (re: Glossy Beauty) didirikan sejak tahun 2020 sebagai sebuah usaha kecil dengan penjualan pertama yang hanya sejumlah 20 buah, dan kini penjualannya mencapai 5000 produk per bulan.

Glxssy beaute sendiri merupakan jenama kecantikan lokal yang fokus awalnya pada produk bibir. Bermula dari ketertarikan mengikuti trend dengan tujuan mengisi waktu luang sebelum masuk kuliah hingga menjadi bagian dari Mantappu Corp saat ini. Misshell menyampaikan ide bisnisnya muncul karena pada pertengahan tahun 2020 ada sebuah trend untuk membuat small home-made lipgloss business. Hal tersebut secara tidak langsung membawa Misshell untuk terjun di bidang kecantikan dengan mengikuti trend dan mewujudkan keinginannya untuk mencoba hal baru.

Misshell mengatakan “Bisa dibilang Glxssy muncul karena kepepet sih, pas aku mau masuk udah banyak yang ngelakuin. Jadi aku buru-buru sebelum makin banyak orang yang ngelakuin hal yang sama. Semuanya seadanya banget, foto, edit, beda banget sama sekarang”. Home-made lip gloss merupakan produk unggulan Glxssy hingga muncul water tint sebagai best-selling product sebelum rebrand kemarin.

Rebranding dan Menjadi Bagian dari Mantappu Corp.

Di samping kesuksesannya sekarang, tentu banyak hambatan yang dijumpai dalam membangun bisnis tersebut. Misshell menyatakan salah satu hambatannya berasal dari diri sendiri. Usia yang terbilang masih sangat muda dan tidak memiliki pengalaman sebelumnya di bidang bisnis, membuat Misshell harus belajar dan mencari tahu sendiri seperti tentang consumer behaviour, social media management dan hal lainnya selama 3 tahun ini.

Glxssy dimulai sebagai small home-made lip gloss business dan dengan dilakukannya rebranding, Glxssy bertujuan untuk bisa menjadi sebuah merek yang proper, membuat lebih banyak produk, ikut bersaing di pasar yang lebih luas dan dikenal banyak orang. Dengan alasan tersebut, Misshell mencoba berdiskusi dengan Jehian, Chief Executive Officer Mantappu Corp dan mereka mengaku memiliki latar belakang, visi, dan misi yang sama. Dari sana lah akhirnya Glxssy Beaute ikut bergabung dan menjadi bagian dari Mantappu Corp.

Pada akhir Juli 2023, Glxssy Beaute mengumumkan rebranding secara resmi dan merayakan peluncuran produk baru dengan didukung oleh Mantappu Corp. Melalui rebranding ini, Glxssy Beaute berkomitmen untuk mencerminkan keberagaman dan pemberdayaan dalam produk kecantikannya. Misshell ingin menciptakan beragam produk kecantikan yang inovatif dan dirancang untuk meningkatkan rasa percaya diri dan ekspresi diri.

Harapan Misshell

Dalam acara peluncuran eksklusifnya, Glxssy menghadirkan produk terbarunya yaitu lip tint yang diberi nama Souffle Satin Stain. Dengan menggandeng influencer, Maria Clarin sebagai Brand Ambassador Glxssy Beaute, untuk dapat mendukung Glxssy Beaute dalam meningkatkan brand awareness dan marketing Glxssy. Glxssy Beaute dan Mantappu Corp juga mengajak para penggemar kecantikan, influencer, dan pemangku kepentingan industri untuk ikut menjadi bagian dari Glxssy.

“Harapan aku untuk Glxssy kedepannya supaya bisa lebih dikenal dan dicoba banyak orang. Orang-orang bisa coba produk yang udah aku buat selama 3 tahun dan mereka ikut merasakan apa yang udah aku pelajari selama 3 tahun ini melalui di produk pertama Glxssy. Dan tentunya, aku mau bikin mereka lebih yakin bahwa Glxssy lebih dari sebuah brand yang aku buat. Aku juga pengen orang tahu kalau Glxssy adalah brang yang berbeda dan bisa masuk ke market yang lebih besar,” ujar Misshell.

Di akhir, Misshell menitipkan pesan untuk para anak muda yang juga ingin memulai bisnis, ia menyampaikan “Sebenarnya aku juga masih belajar sampai detik ini. Pesan dari aku, selain berani ‘coba aja dulu’ tapi juga harus yakin dan punya motivasi yang konsisten, karena menjadi seorang business owner, founder, entrepreneur itu tidak mudah, dan bukan untuk semua orang. Dibutuhkan usaha dan selalu berikan seribusatu persen setiap harinya supaya kamu dan bisnis kamu bisa terus berkembang”.

Penulis: Maritza Samira

#BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading