Sukses

Beauty

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Retinol?

Fimela.com, Jakarta Retinol adalah turunan vitamin A yang termasuk dalam jenis retinoid. Kandungan ini memiliki banyak manfaat untuk kulit, di antaranya meminimalisir garis halus, kerutan, dan mengurangi hiperpigmentasi. Jika digunakan dengan tepat, manfaat retinol bisa didapatkan dengan cepat.

Retinol biasanya digunakan sebagai bahan aktif dalam skincare. Dilansir dari Siloam Hospitals, konsentrasi retinol yang digunakan dalam produk skincare biasanya mulai dari 0,01-3%. Penggunaan retinol dengan konsentrasi tinggi membutuhkan resep dokter. Akan tetapi, produk skincare dengan konsentrasi retinol rendah bisa didapatkan di pasaran tanpa resep dokter.

Retinol dapat ditemukan dalam berbagai macam bentuk skincare, seperti krim, serum, lotion, gel, dan oil. Jika Sahabat Fimela baru memutuskan untuk memakai kandungan aktif ini, sebaiknya gunakan retinol dengan kandungan yang kecil. Hal ini disarankan untuk mengurangi kemungkinan iritasi kulit pada pemula. Sahabat Fimela bisa menambahkan konsentrasi retinol seiring berjalannya waktu.

Berikut adalah panduan penggunaan retinol yang dilansir dari Verrywellhealth. Bagi yang para pemula, simak informasinya, ya, supaya manfaat retinol bisa didapatkan dengan maksimal.

Usia yang tepat untuk mulai memakai produk anti-aging retinol

Salah satu manfaat retinol adalah menghilangkan kerutan atau menunda penuaan. Hal ini tentunya sangat cocok digunakan oleh orang-orang yang mengalami tanda-tanda penuaan pada kulitnya. Namun, retinol ternyata dapat digunakan pada usia lebih dini. Sebenarnya tidak ada batasan usia untuk memulai menggunakan retinol, tetapi penggunaan retinol dianjurkan pada usia awal 20-an untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Selain itu, retinol juga dapat digunakan di usia lebih dini untuk mengatasi jerawat pada kulit.

Waktu yang tepat untuk menggunakan retinol

Penggunaan retinol dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Maka dari itu, reinol sebaiknya digunakan pada malam hari. Setelah menggunakan retinol, pastikan untuk menggunakan sunscreen pada keesokan harinya. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi kulit yang sentif dari sinar matahari akibat penggunaan retinol.

Gunakan retinol secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Disarankan untuk menggunakan retinol 1-2 kali dalam semimggu.

Layering retinol dengan skincare lain

Bagaimana urutan menggunakan retinol dalam basic skincare? Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan facial wash. Setelah itu, gunakan moisturizing toner sebelum menggunakan retinol. Setelah toner meresap, gunakan retinol di wajah. Selanjutnyal, pastikan untuk mengaplikasikan moisturizer atau pelembab setalah pengaplikasian retinol, ya.

Sebagai kandungan aktif dalam skincare, penggunaan retinol tidak boleh digabungkan dengan beberapa kandungan aktif lainnya, seperti AHA/BHA dan vitamin C. Penggabungan retinol dengan kandungan aktif tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Meskipun begitu, ada pula beberapa kandungan aktif yang cocok dikombinasikan dengan retinol, salah satunya adalah niacinamie. Penggunaan retinol dengan niacinamide dapat menghilangkan bekas jerawat dan tanda-tanda penuaan secara efektif.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundariesSeptember

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading