Sukses

Beauty

Aman dan Nyaman Digunakan, Ini 5 Basic Skincare Remaja untuk Cegah Jerawat

Fimela.com, Jakarta Ngaku deh, melihat jerawat yang muncul saat bercermin sering jadi salah satu hal yang bikin minder seketika. Jerawat memang jadi salah satu masalah kulit utama yang sering dialami remaja karena perubahan hormon yang mempengaruhi kondisi kulit. Belum lagi gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari yang membuat pertumbuhannya makin subur.

Kamu mungkin penasaran, jerawat itu dari mana datangnya sih? Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, jerawat terjadi karena  sebaran kelenjar sebasea (minyak) penghasil sebum. Biar nggak dibuat galau oleh masalah yang satu ini, perawatan kulit secara rutin sangat diperlukan untuk mencegah munculnya jerawat. Yuk, cari tahu dulu apa saja basic skincare penting buat anak sekolah untuk mencegah munculnya jerawat membandel!

1. Bersihkan Wajah dengan Micellar Water Setelah Beraktivitas

Meskipun anak sekolah tidak menggunakan makeup, tapi membersihkan wajah dengan micellar water jadi salah satu basic skincare yang nggak boleh dilewatkan. Soalnya produk yang satu ini berperan dalam mengangkat segala kotoran yang ada di wajah.

Apa lagi kamu yang terpapar sinar matahari dan debu ketika beraktivitas di luar ruangan. Jika kamu tidak melakukan step ini, segala kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori. Jadi, jangan sampai diskip, ya!

2. Cuci Wajah dengan Facial Wash Sesuai Jenis Kulit

Step ini dapat dilakukan setelah membersihkan wajah dengan micellar water. Umumnya, kedua step ini disebut juga double cleansing. Sebab, tanpa double cleansing, jejak kotoran yang ada di wajah tidak akan terangkat dengan maksimal. Agar tidak terjadi, kamu disarankan untuk double cleansing menggunakan sabun cuci muka sesuai jenis kulit.

Sebagai catatan, tidak disarankan untuk menggunakan facial wash yang membuat kulitmu kering dan terasa ketarik. Karena produk tersebut akan mengurangi kelembaban alami pada wajah.

3. Jaga Kulit Tetap Terhidrasi dengan Hydrating Toner

Ketika di sekolah, khususnya saat sering terkena paparan sinar matahari, level kekeringan pada kulit pasti meningkat. Nah, untuk mengatasinya disarankan untuk menggunakan hydrating toner. Seperti namanya, produk ini dirancang khusus untuk memberikan hidrasi ekstra pada kulit. Sehingga, kulitmu akan lebih sehat dan terlindungi!

4. Jaga Hidrasi Kulit dengan Rutin Menggunakan Pelembab

Selanjutnya, jangan pernah membiarkan wajahmu menjadi kering dan kurang terhidrasi. Pastikan untuk mengaplikasikan pelembab saat malam sebelum tidur dan pagi hari sebelum beraktivitas. Dengan menggunakan produk ini setiap hari, dapat mengurangi kemungkinan kekeringan ekstrim atau kelebihan minyak. Sebab, pelembab diciptakan untuk menjaga keseimbangan minyak pada kulit, khususnya yang mengandung Salicylic Acid. Ini terjadi karena kandungan tersebut memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa mengatasi produksi minyak berlebih.

Kondisi kekeringan atau kelebihan minyak berpotensi terkena masalah kulit umumnya berjerawat. Apa lagi anak sekolah yang sedang mengalami masa pubertas, sehingga masalah pada kulit mudah untuk muncul. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan pelembab setiap pagi dan malam hari.

5. Lindungi Kulit dengan Sunscreen

Sunscreen memainkan peran penting untuk kesehatan kulit anak sekolah. Apa lagi jika sering terkena paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kerusakan, penuaan dini, hingga kanker kulit. Oleh karenanya, produk ini menjadi hal wajib yang tak boleh kamu tinggalkan setiap hari.

Gunakan sunscreen sebanyak dua ruas jari dan ratakan ke seluruh bagian wajah. Pakai kembali sunscreen setelah 2-3 jam pengaplikasian sebelumnya agar bisa melindungi kulitmu dengan efektif sepanjang hari.  Selain sebagai pelindung dari sinar UV, faktanya sunscreen juga berperan untuk meningkatkan efektivitas penyerapan skincare lainnya.

Dengan menerapkan lima langkah basic skincare di atas, kamu sudah memulai untuk mencapai kulit yang lebih sehat. Perlu ditanamkan bahwa, investasi pada kesehatan kulit harus dimulai sedini mungkin. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih percaya diri saat di sekolah. Sudah siap untuk mengucapkan selamat tinggal pada kulit berjerawat?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading