Sukses

Beauty

Jadi Tempat Kuman Bersarang, Ini 5 Cara Jaga Kuku Tetap Cantik dan Sehat

Fimela.com, Jakarta Kuku yang cantik dan sehat menjadi salah satu aset berharga untuk penampilan. Akan tetapi, masih banyak yang belum menyadari bahwa kuku menjadi tempat berkembangnya kuman. Dengan mengumpulnya kuman, masalah kesehatan pun akan ikut terancam.

Oleh karenanya, penting  untuk mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menjaga kuku tetap cantik sambil menjaga kebersihan dan kesehatannya. Nah, inilah saatnya mengetahui lima cara efektif untuk menjaga kuku tetap cantik dan bebas dari potensi tumbuhnya kuman.

Gunting Kuku Secara Teratur

Menggunting kuku menjadi cara paling dasar yang bisa dilakukan dengan rutin. Selain membuat tampak lebih rapi, menggunting kuku juga dapat membebaskannya dari segala kotoran dan kuman. Akan tetapi, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan, seperti menghindari menggunting hingga ke bagian kutikula. Karena itu bisa menyebabkan kuku tumbuh ke dalam, atau yang biasa disebut cantengan. Selain itu, pastikan gunting kuku yang digunakan bersih dan tajam. Usahakan untuk memiliki gunting kuku pribadi yang tak digunakan oleh orang lain secara sembarangan. 

Pastikan Kuku dalam Keadaan Kering

Setelah mencuci tangan atau melakukan suatu hal yang membuat kuku lembab, pastikan untuk segera mengeringkannya. Dilansir dari American Academy of Dermatology, keadaan lembab tersebut menjadi sasaran empuk bagi kuman dan bakteri. Selain itu, kuku yang terlalu sering terkena air membuat ketahanannya rusak dan mudah patah. Oleh karenanya, penting untuk membiasakan diri menggunakan pelindung seperti sarung tangan. Terutama ketika melakukan aktivitas yang bisa membuat kuku terkena air atau basah.

Hindari Menggigiti Kuku

Menggigit kuku dapat berdampak buruk pada kesehatan. Tindakan ini biasanya dilakukan ketika sedang merasa gelisah atau bosan. Padahal, efeknya dapat merusak tekstur kuku dan membuat ujungnya menjadi tidak rata. Bahkan, kebiasaan ini juga meningkatkan risiko penyakit karena bakteri yang dapat masuk ke dalam mulut. Oleh karena itu, penting untuk menghindari kebiasaan menggigit kuku agar menjaga kesehatan kuku.

Hindari Terlalu Sering Menggunakan Kutek

Selanjutnya, menggunakan kutek dengan frekuensi yang sering dapat membuat kuku menjadi rusak. Sebenarnya, sah-sah saja jika  ingin menghiasinya dengan kutek. Sayangnya, jika terlalu sering, lama kelamaan kuku akan rusak karena terkena bahan kimia secara terus menerus. Belum lagi menghapusnya menggunakan aseton yang dapat memperburuk permukaan menjadi pecah-pecah. Dengan begitu,   disarankan untuk menggunakan produk yang berbahan ringan dan memakainya sesekali saja. 

Gunakan Pelembab pada Kutikula

Dalam upaya menjaga kecantikan pada kuku, bisa dilakukan dengan melembabkan bagian dasarnya. Hal ini akan membantu pertumbuhan, meningkatkan penampilan kutikula, serta melindunginya dari kerusakan. Jika kuku mudah patah, ini bisa menjadi tanda bahwa mereka membutuhkan lebih banyak kelembaban. Dengan menggunakan minyak di sekitar area kutikula, kuku dapat lebih terhidrasi sehingga mengurangi risiko retak dan pecah.

Itulah beberapa tips mudah yang dapat dilakukan untuk menjaga kuku tetap cantik dan sehat. Pastikan untuk selalu memperhatikan kebersihannya agar terlindungi dari ancaman kuman dan penyakit. Oleh karena itu, kesehatan pada pertumbuhan kuku akan berpengaruh juga terhadap kesehatan tubuh. Sudah siap untuk mencobanya?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading