Sukses

Beauty

5 Tips untuk Cegah Potensi Oksidasi Akibat Penggunaan Makeup

Fimela.com, Jakarta Kamu pernah nggak sih merasakan kulit wajah yang terlihat alami dan menyatu dengan kulit di pagi hari, tetapi saat di tengah hari justru warnanya berubah menjadi lebih gelap dan tampak kusam? Nah, hal tersebut bisa terjadi karena adanya proses oksidasi. Base makeup seperti cushion dan foundation bisa menjadi pemicu dari kulit yang makin lama terlihat abu-abu. Akan terasa mengganggu apabila tampilan makeup di wajah telah berubah. Alih alih ingin terlihat memesona, tetapi hasilnya semakin lama malah tidak sesuai dengan yang diinginkan. 

Dilansir dari situs byrdie, proses oksidasi secara kimiawi terjadi saat bahan kimia telah bereaksi dengan molekul oksigen. Reaksi ini menyebabkan perubahan warna dan konsistensi. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab, diantaranya yaitu tekstur kulit, banyaknya minyak di wajah, tingkat pH kulit, dan kelembaban udara. Tapi tenang dulu, masalah ini juga bisa diatasi dengan beberapa tips. Meringkas dari situs byrdie dan claire talks beauty, berikut cara mencegah oksidasi pada makeup : 

1. Gunakan Primer

Primer bisa membantu dalam menciptakan penghalang bagi kulit dengan foundation sehingga mengurangi kesempatan untuk oksidasi. Sebelum mulai makeup, cobalah untuk mengaplikasikan primer, terutama sebelum foundation untuk membantu dalam menyerap minyak berlebih dan menciptakan lapisan base makeup yang lebih baik. Tahapan ini juga bisa membantu untuk membuat makeup lebih tahan lama dan terlihat flawless. 

2. Jangan Lupa Aplikasikan Toner

Rutinitas skincare sebelum makeup juga tak kalah penting untuk dilakukan. Kebiasaan ini dapat diterapkan dengan mengoleskan toner sebelum moisturizer. Toner bisa membantu dalam menyerap minyak dan menyeimbangkan PH kulit.

Oksidasi sering terjadi pada seseorang dengan jenis kulit yang berminyak. Jadi, mengusapkan toner pada wajah bisa membantu dalam menghilangkan minyak sebelum menggunakan makeup dan mempertahankan warna pada foundation

3. Pilih Formula Skincare yang Berbahan Dasar Air

Pemilihan produk skincare dapat berpengaruh pada kondisi kulit wajah untuk kurun waktu yang lama. Usahakan untuk memilih formula produk skincare yang berbahan dasar air atau dengan bahan yang lebih alami. Hindari formula skincare yang mengandung banyak minyak supaya kulit tetap terhidrasi dengan optimal. Semakin banyak kamu menghindari produk berbahan minyak, maka semakin kecil juga risiko untuk mengalami perubahan warna pada foundation

5. Gunakan Setting Spray atau Setting Powder

Minimalisir proses oksidasi dengan cara menggunakan setting spray atau setting powder. Dengan menyemprotkan setting spray, kamu dapat menurunkan risiko reaksi pada pigmen dengan makeup. Setting powder juga bisa membuat makeup jadi tahan lama dan mengunci makeup seutuhnya, tetapi jangan aplikasikan terlalu banyak karena bisa membuat makeup menjadi cakey. Penggunaan setting spray memang terasa lebih efektif karena produk ini sangat praktis dan memberikan daya tahan yang lebih lama. Namun, kamu bisa memilih kedua produk ini sesuai dengan kebutuhan. 

Tips makeup di atas dapat menghindari proses oksidasi yang terjadi karena penggunaan cushion dan foundation. Sebagai saran, kamu juga bisa aplikasikan base makeup secara lebih tipis, memilih shade yang lebih terang dari warna kulit, dan gunakan BB Cream atau CC Cream supaya oksidasi tidak terjadi lagi. Semoga bermanfaat, ya!

 

Penulis : Syifa Azzahra

 

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading