Sukses

Beauty

6 Penyebab Makeup yang Tidak Menempel secara Merata pada Kulit

Fimela.com, Jakarta Tampilan hasil akhir dari penggunaan makeup tidak akan selalu sesuai dengan yang diinginkan. Bisa saja makeup tersebut tidak menempel dengan merata pada kulit sehingga menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri ketika menjalani hari. Polesan makeup terkadang menyebabkan kulit terlihat kasar dan tidak mulus. Tekstur kulit pun akan terlihat dengan jelas, apalagi dengan kondisi kulit yang sedang kering. Pastinya mengganggu banget, nggak sih

Penyebab dari makeup yang tidak menempel pada kulit ini bisa bermacam-macam, terkadang juga terdapat beberapa kesalahan ketika menggunakan makeup tersebut. Berikut untuk ulasannya dilansir dari laman byrdie dan glam.

Tipe Kulit yang Berminyak atau Kombinasi

Bagi jenis kulit berminyak dan kombinasi, diperlukan perawatan kulit berbeda yang disesuaikan untuk mengatasi minyak. Usahakan untuk selalu menerapkan formula perawatan kulit yang benar sesuai dengan jenis kulitmu. Apabila menggunakan produk yang salah, justru minyak dapat menumpuk di wajah sehingga foundation bisa terlihat pecah.

Aplikasikan produk skincare yang memang dikhususkan untuk tipe kulit berminyak dan kombinasi, seperti produk pembersih, pelembab dengan bahan yang ringan dan bisa cepat meresap pada kulit, serta gunakan primer atau loose powder untuk kulit berminyak. Sahabat Fimela juga bisa melakukan touch up atau menggunakan kertas penyerap minyak ketika sedaang berkegiatan supaya makeup bisa tahan lama. 

Tidak Melakukan Skin Preparation

Untuk jenis kulit apapun, skin preparation rasanya telah menjadi suatu kebutuhan yang perlu dipenuhi. Rutinitas sederhana ini tidak perlu menggunakan banyak produk, apalagi ketika pagi hari tidak semua orang memiliki banyak waktu untuk memakai skincare. Cukup bersihkan kulit dengan cleanser, oleskan pelembab supaya kulit terasa halus, dan yang paling penting aplikasikan skincare hingga terserap dengan baik. Setelah skin preparation, kamu bisa langsung melapisinya dengan primer dan mulai menggunakan produk makeup lainnya sesuai kebutuhan. 

Terlalu Banyak Mengaplikasikan Foundation

Sebaiknya, jangan mengoleskan base makeup seperti foundation terlalu banyak. Cukup aplikasikan tipis-tipis sesuai dengan yang dibutuhkan. Semakin tebal makeup, maka semakin besar juga kesempatan untuk membuat makeup seakan tidak menempel sempunra pada kulit. Jika kamu mengaplikasikannya dengan tebal bahkan langsung memakai bedak, maka tidak ada waktu untuk membuat foundation mengering dan meresap secara sepenuhnya dalam kulit. Ada baiknya untuk memulai dengan lapisan yang tipis sebagai dasar dan beri waktu supaya foundation menyerap. 

Menggunakan Foundation yang Salah

Sebagai pondasi dasar untuk makeup, kesalahan dalam memilih foundation pastinya akan menentukan hasil dari tampilan makeupmu secara keseluruhan. Tidak hanya produk skincare, produk makeup seperti foundation juga harus sesuai dengan tipe kulitmu. Selain itu, hindari untuk menggabungkan produk berbahan dasar minyak dengan produk yang berbahan dasar air supaya makeup bisa menempel dengan baik di kulit. 

Mengaplikasikan Makeup dengan Urutan yang Salah

Menggunakan makeup harus disesuaikan berdasarkan urutan yang benar. Misalnya dengan mengaplikasikan produk bedak setelah produk krim atau cairan. Selalu oleskan bedak saat krim telah menempel hingga kering. Jika mengaplikasikan bedak terlebih dahulu sebelum krim, maka akan timbul masalah dalam tampilan makeup yang terlihat bertekstur. 

Tidak Menggunakan Setting Spray

Untuk mencegah tampilan makeup yang terpisah dengan kulit, Sahabat Fimela bisa memilih setting spray sebagai alternatif. Sesuai dengan kegunaannya, setting spray dapat mengunci tampilan riasan dalam waktu yang lama. Kamu juga bisa menyemprotkan setting spray di pertengahan hari supaya makeup kembali terlihat segar dan memesona. 

Kamu bisa menghindari kesalahan-kesalahan dalam mengaplikasikan makeup dan memperhatikan kembali produk yang digunakan sesuai dengan kulitmu supaya makeup bisa terlihat lebih baik dan menarik. Lebih dari itu, kamu pasti menginginkan tampilan makeup yang menempel sempurna dan tahan lama, walaupun harus menjalani banyak kegiatan. Semoga informasi ini berguna untuk Sahabat Fimela!

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading