Sukses

Beauty

5 Tips agar Kulit Tetap Aman saat Mencoba Skincare Baru

Fimela.com, Jakarta Di masa sekarang, brand skincare telah mengeluarkan banyak produk dengan adanya inovasi, baik melalui formulanya, maupun bentuknya yang praktis digunakan. Hal ini membuat setiap orang merasa penasaran sehingga tidak mau kalah untuk ikut mencoba. Belum lagi dengan review dari para beauty vlogger, tentunya bisa membuat Sahabat Fimela semakin yakin dengan kualitas produk dan hasil yang ditawarkan. Tanpa pikir panjang, kamu pun bisa langsung checkout dan tidak sabar untuk mencoba ketika barang telah sampai di tangan.

Namun, sebelum mengaplikasikan produk skincare terbaru, kamu juga perlu untuk memperhatikan beberapa hal. Ditambah lagi jika kamu harus berurusan dengan kulit sensitif, rasanya tidak akan mudah jika harus berhadapan dengan produk baru. 

Lalu, apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengganti skincare baru? Merangkum dari beberapa sumber, simak uraiannya di bawah ini:

1. Memilih Produk Skincare sesuai Kondisi Kulit

Memilih produk skincare harus disesuaikan pada apa yang kulit butuhkan. Tahapan yang paling penting dan yang paling utama adalah dengan mengetahui jenis dan masalah kulitmu. Apakah kulitmu termasuk kulit yang berjerawat, berminyak, normal, kering, atau kombinasi? Selain itu, kamu juga bisa mengidentifikasi masalah-masalah pada kulit, seperti noda atau bintik hitam, penuaan dini, dan beruntusan. Sebagai bentuk pencegahan, cobalah untuk memeriksa daftar bahan aktif yang tertera di dalam produk supaya tidak akan memperburuk masalah pada kulit wajah. 

2. Lakukan Patch Test

Patch test dapat dilakukan untuk mengetahui apakah kulit akan memiliki reaksi alergi atau tidak terhadap produk skincare. Sebelum mengambil risiko terjadinya iritasi pada seluruh wajah, maka akan lebih baik untuk mencobanya pada bagian kecil di tubuh. Contohnya pada bagian lengan, pergelangan tangan, atau siku. 

Jika kamu merasakan rasa terbakar, kemerahan, atau menjadi gatal, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter atau menghentikan penggunaan. Selain itu, kulit juga bisa terasa kasar, kusam, hingga muncul jerawat. Meski jenis kulitmu tidak sensitif, tetapi akan tetap ada risiko untuk terkena alergi pada bahan-bahan tertentu. Misalnya seperti skincare berbahan komedogenik yang berpotensi menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. 

3. Hindari Mencoba Produk Terbaru Sebelum Acara Penting

Hindari untuk menguji produk skincare sebelum acara yang penting. Sering kali orang mungkin akan menganggap remeh hal tersebut, tetapi nyatanya efek dari penggunaan produk akan terlihat dengan cepat. Produk yang menyebabkan iritasi dan kemerahan pastinya bisa memengaruhi suasana hati dan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Oleh karenanya, akan terasa jauh lebih aman jika kamu mencoba produk beberapa minggu sebelum acara. Kamu pun bisa langsung mengetahui kondisi kulit jika sesuatu yang buruk akan terjadi. Dengan begitu, kulit pun punya banyak waktu untuk bisa pulih dan kembali pada kondisi normal. 

4. Hanya Mencoba Satu Produk dalam Satu Waktu

Tips yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah mencoba produk skincare satu per satu. Dilansir dari the skin experiment, hal ini penting untuk dilakukan karena bisa saja kulitmu belum terbiasa dengan kandungan produk baru.

Lebih baik untuk memperkenalkan produk secara bertahap pada rutinitas perawatan kulitmu dibandingkan harus mencobanya sekaligus, apalagi campuran bahan-bahan skincare bisa menyebabkan masalah yang fatal. Saat kamu menggunakan beberapa produk di hari yang sama, kamu juga tidak akan tahu produk mana yang bermasalah. Maka dari itu, berilah jangka waktu untuk mencoba setiap 2 atau 3 minggu. Melalui cara tersebut, kamu akan menyadari apakah produk bekerja dengan baik atau tidak. 

5. Tetap Sabar dan Konsisten untuk Perawatan Kulit

Setelah berhasil mencoba patch test tanpa ada masalah, kamu bisa mencoba salah satu produk dengan konsisten setidaknya selama sebulan. Mengutip dari situs insider, biasanya akan dibutuhkan waktu yang lama untuk bisa mengevaluasi apakah perubahan dari skincare routine bisa meningkatkan tampilan kulit atau tidak.

Pastikan untuk gunakan produk sesuai petunjuk secara rutin jika kulit telah bekerja sama dengan baik. Perubahan ini juga membutuhkan kesabaran karena tidak akan terjadi secara ajaib hanya dalam semalam. 

Semoga beberapa tips di atas bisa membantu Sahabat Fimela ketika sedang bereksperimen dengan produk skincare terbaru. Memang terasa sulit untuk tidak tergiur dengan produk baru, apalagi dengan konsistensi, kandungan, hingga packaging produk yang semakin lama semakin menarik. Rasanya langsung bisa memikat perhatian sejak pandangan pertama.

Ingatlah untuk selalu jaga kesehatan kulit wajah dan jangan lupa untuk perhatikan setiap bahan yang digunakan.

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading