Sukses

Beauty

17 Tips Mengatasi Rambut Kusut yang Mengganggu, Praktis Banget!

Fimela.com, Jakarta Rambut kusut memang sering bikin sebal. Helaian rambut yang mudah menyatu dan menggumpal bisa membuat penampilan jadi terlihat kurang rapi. Tapi, saat disisir malah susah dan terasa sakit. Dilema banget kan kalau mengalami hal yang satu ini.

Memiliki rambut yang mudah kusut sebenarnya bisa jadi red flag yang harus diwaspadai karena merupakan tanda kalau kondisinya sedang tidak baik-baik saja. Untungnya, mengatasi rambut yang mudah kusut ternyata bisa dilakukan dengan perawatan rutin di rumah. Sebelum itu, cari tahu penyebab rambut kusut dan perawatan apa saja yang bisa dilakukan buat mengatasinya ya!

Apa Penyebab Rambut Kusut?

Rambut yang mudah kusut sebenarnya merupakan pertanda kalau kondisinya sangat kering. Helaian rambut yang kehilangan kelembapan alaminya ini kemudian membuatnya jadi gampang berantakan dan mudah kusut saat terkena angin. Inilah yang membuat rambut jadi menggumpal dan nggak beraturan.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang juga bisa memicu rambut jadi lebih mudah kusut. Apa saja sih?

1. Jarang Menyisir Rambut

Hayo, siapa di sini yang sering malas atau lupa menyisir rambut? Jika dibiarkan begitu saja, rambut berantakan akan mudah kusut yang bisa mengganggu penampilan. Selain itu, menyisir rambut juga bisa membuatnya lebih rapi dan menyingkirkan kotoran yang menempel.

2. Penggunaan Shampo yang Kurang Cocok

Salah memilih produk perawatan rambut, seperti shampo yang digunakan, juga bisa mempengaruhi kesehatan rambut. Produk yang nggak sesuai bisa membuat tampilan mahkotamu jadi berantakan, kusut, berketombe, hingga terlihat kering. Sebisa mungkin kenali jenis rambut agar bisa menentukan perawatan yang tepat.

3. Pemakaian Pengering Rambut

Masih sering menggunakan hair dryer atau catok rambut? Alat penataan rambut ini ternyata memegang peranan penting yang membuat rambut terlihat lebih kusut. Soalnya alat ini bisa membuat rambut jadi kering, kasar, dan kaku. Jadi lebih mudah mengalami kondisi kusut yang susah diatur.

4. Penggunaan Zat Kimia

Paparan zat kimia pada rambut, misalnya pada produk pewarna atau pelurus rambut ternyata juga dapat mengubah tekstur rambut. Produk ini bisa mengikis kelembapan alaminya, sehingga membuat rambut jadi terlihat kering, kaku dan mudah kusut. Jadi, penting untuk merawat rambut dengan tepat untuk mencegahnya tampak kusut.

5. Paparan Sinar Matahari

Bukan rahasia lagi kalau paparan UV yang terkandung dalam sinar matahari bisa menyebabkan efek negatif pada kecantikan. Selain mempengaruhi kesehatan kulit, radiasi ini juga bisa menyebabkan rambut kering, kusam, dan mudah kusut.

Jadi, saat beraktivitas di luar ruangan, disarankan menggunakan topi untuk melindungi rambut. Paparan berlebihan juga bisa merusak jaringan dan menyebabkan tanda penuaan dini pada mahkotamu. Salah satunya adalah munculnya uban di usia muda.

Cara Merawat Rambut Kusut yang Mudah di Rumah

Punya rambut yang mudah kusut memang bisa jadi tantangan tersendiri. Tapi, nggak perlu panik kok. Beberapa langkah praktis ini bisa dicoba untuk merawat rambut indahmu. Apa saja cara yang bisa dilakukan?

1. Pilih Shampo yang Melembapkan Rambut

Karena penyebab rambut yang mudah kusut adalah karena kondisinya super kering, penting untuk menjaga kelembapan alaminya dengan produk yang tepat. Misalnya saja memilih shampo yang memiliki kandungan untuk melembapkan rambut.

Berikan nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut lewat shampo yang memiliki kandungan vitamin, mineral dan serum untuk menjaga kondisinya tetap lembap. Dengan formula tersebut, nutrisi yang diperlukan bisa meresap hingga ke akar rambut sehingga menjaga kelembapannya dan membuatnya tetap lembut.

2. Jangan Lewatkan Pemakaian Conditioner

Kalau kamu pikir shampo aja cukup, salah banget. Jangan pernah lewatkan pemakaian conditioner secara rutin karena produk ini yang bekerja menjaga kelembapan alami rambut dengan lebih dalam, yang mana kandungan shampo itu sendiri bisa membersihkan minyak alami pada kulit kepala.

Pilih produk conditioner yang sesuai kebutuhan. Khusus rambut kering dan kusut, conditioner dengan kandungan Argan Oil yang bekerja melembapkan rambut secara mendalam. Selain itu, pilih juga yang memiliki formula vitamin E untuk menjaga kelembutannya.

3. Hindari Suhu Air Terlalu Panas Saat Keramas

Kalau punya masalah rambut yang mudah kusut saat disisir, coba perhatikan lagi cara kamu saat keramas. Apakah suhu air yang digunakan terlalu panas? Kalau iya, sebaiknya mulai hindari hal ini karena berisiko menghilangkan kelembapan alami rambut.

Saat rambut berada dalam kondisi kering, akan membuatnya jadi kaku, megar dan mudah kusut. Jadi, mulai sekarang sebaiknya gunakan air dingin saja untuk keramas yang lebih baik dalam menjaga kelembapan alaminya.

4. Gunakan Handuk Microfiber

Kelihatannya mungkin sepele, tapi handuk yang digunakan ternyata bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rambut kusut. Yup, jika kain handuk kasar, bisa menyebabkan kutikula rambut terbuka sehingga teksturnya jadi kaku, kasar, dan mudah kusut.

Jadi, penting nih memperhatikan penggunaan handuk yang tepat. Pilih yang memiliki bahan microfiber karena dapat menyerap air dengan cepat dan permukaannya juga lebih halus jika dibandingkan handuk katun.

5. Perhatikan Cara Mengeringkan Rambut

Nggak cuma memperhatikan bahan handuk yang dipakai saja. Ternyata penting juga lho menerapkan cara mengeringkan rambut dengan benar. Untuk mencegah rambut kusut, pastikan keringkan rambut dengan cara menepuk perlahan saja. Hindari menggosok terlalu keras karena bisa membuka lapisan kutikulanya, sehingga rambut jadi terasa kasar, kaku, dan rusak.

6. Hindari Penggunaan Hair Dryer Saat Rambut Basah

Rambut yang basah berada dalam kondisi paling lemah dan rentan mengalami kerusakan jika penanganannya yang nggak tepat. Selain memperhatikan handuk yang digunakan dan cara mengeringkan rambut, jangan lupa untuk minimalisir juga pemakaian hair dryer.

Hindari mengeringkan rambut dengan hair dryer dalam keadaan basah, karena bisa menyebabkan kerusakan, rambut jadi kering dan mudah kusut. Kalau pun memang terpaksa harus mengeringkan rambut dengan alat tersebut, pastikan rambut sudah kering alami setidaknya 70% sebelum menggunakan hair dryer.

7. Pakai Produk Anti-Frizz

Kalau sering mengalami rambut kusut yang mudah berantakan dan bikin penampilan kurang oke, pemakaian produk anti-frizz sangat disarankan. Produk ini memiliki kandungan vitamin yang mampu melembapkan rambut, sehingga mencegah kondisinya kering dan mudah kusut. Kamu juga bisa mengaplikasikan produk tersebut sebelum menggunakan hair styling tools ya.

8. Jangan Menggunakan Produk Perawatan Rambut dengan Alkohol

Perhatikan kembali produk perawatan rambut yang digunakan. Apakah shampo, vitamin, atau hair tonic yang dipakai ada yang memiliki kandungan alkohol? Kalau ada, segera hentikan saja ya. Pasalnya, kandungan alkohol bisa membuat rambut jadi sangat kering yang kemudian berakibat mudah kusut.

9. Lakukan Hair Slugging

Sudah tahu tren hair slugging yang sempat viral? Kalau memiliki rambut kusut yang mengganggu penampilan, cara yang satu ini bisa dicoba karena bisa diaplikasikan untuk pemilik rambut apapun.

Tahapan perawatannya juga cukup simpel. Siapkan hair oil atau serum rambut, kaus kaki, dan scunchie. Pada rambut yang bersih, aplikasikan hair oil ke seluruh bagian batang rambut. Gunakan jari untuk meratakannya. Ambil kaus kaki, masukkan seluruh rambut ke dalamnya. Ikat dengan scrunchie tanpa perlu terlalu kencang, diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya.

10. Beralih ke Sarung Bantal Satin

Kalau bermasalah dengan rambut kusut, jangan lupa perhatikan juga sarung bantal yang digunakan. Pastikan memakai yang terbuat dari bahan satin yang lebih lembut. Soalnya, sarung bantal yang kasar bisa menggesek rambut. Proses ini dapat membuka lapisan kutikula yang membuat kondisi mahkotamu jadi terasa kering, kasar, kaku, dan mudah kusut.

11. Penataan Rambut yang Tepat Saat Tidur

Selain memperhatikan penggunaan sarung bantal, penataan rambut juga jadi hal yang nggak boleh terlewat. Sering mengalami rambut kusut dan susah disisir saat bangun tidur? Hal ini terjadi karena kamu membiarkan tidur dengan rambut terurai.

Padahal, disarankan untuk melakukan penataan rambut dengan mengepang atau menatanya menjadi cepol rambut. Tapi, jangan terlalu kencang mengikatnya supaya tetap bisa ‘bernapas’. Penataan rambut ini dapat meminimalisir gesekan rambut pada bantal yang bisa berpotensi membuat rambut jadi kasar, kaku dan mudah kusut.

12. Lindungi Rambut dari Sinar Matahari

Bukan hanya kulit wajah yang perlu dilindungi dari sinar matahari. Rambutmu juga memerlukan perlindungan yang maksimal dari sengatan sinar UV yang bisa membuat kondisinya kering, kaku, dan mudah kusut. Gunakan topi atau payung saat beraktivitas di luar ruangan demi menjaganya dari paparan sinar matahari.

13. Hair Mask Secara Rutin

Produk hair mask yang ada di pasaran bisa dimanfaatkan untuk perawatan rambut di rumah. Disarankan untuk melakukan ritual yang satu ini setiap 1 kali dalam seminggu demi memberikan perawatan yang menyeluruh.

Bagi pemilik rambut kusut yang mengganggu, pastikan produk hair mask yang digunakan memiliki kandungan yang bisa menjaga kelembapan rambut. Formula vitamin dan nutrisi lain di dalamnya dapat menjaga kesehatan dan mengembalikan kilau alami rambutmu.

14. Lakukan Perawatan dengan Masker Madu

Memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar juga bisa dilakukan untuk mengatasi rambut kusut. Misalnya dengan mengaplikasikan masker madu. Bahan alami ini dapat mengunci kelembapan dan melindungi kutikula rambut. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga merangsang regenerasi folikel pada rambutmu.

Cara melakukan perawatan dengan madu gampang banget. Kombinasikan madu dan minyak zaitun  dengan perbandingan 2:1. Hangatkan di microwave selama 20 detik dan aplikasikan pada rambut lembap. Namun, perhatikan agar campurannya tidak terlalu panas. Lakukan pijatan pada rambut, diamkan selama 30 menit. Bilas dengan shampo hingga bersih.

15. Aplikasikan Masker Putih Telur dan Argan Oil

Perawatan rambut kusut juga bisa mengandalkan masker putih telur dan argan oil. Tinggal kombinasikan kedua bahan tersebut, kocok hingga merata. Gunakan pada rambut secara merata sambil dipijat lembut. Kandungan vitamin E dan Omega 3 dari kedua bahan tersebut efektif menjaga kelembapan rambut.

16. Perhatikan Asupan Air Putih

Rambut juga memerlukan hidrasi dari dalam untuk menjaga kelembapan alaminya. Bagi pemilik rambut kusut, cobalah untuk mulai memperhatikan hal yang satu ini. Bisa jadi selama ini ternyata kebutuhan hidrasi tubuh tidak terpenuhi dengan baik. Pastikan minum air 8 gelas sehari untuk menjaga kulit dan rambut tetap sehat.

17. Diet Sehat untuk Rambut

Jangan lupa perhatikan pola makan yang sangat disarankan untuk mencegah rambut mudah kusut. Pastikan asupan diet seimbang, termasuk asupan protein, vitamin dan mineral yang bisa menutrisi rambut serta mengurangi risiko kekusutan yang bisa terjadi.

Nggak perlu galau lagi dengan masalah rambut kusut. Beberapa tips di atas bisa menjadi langkah tepat untuk menanganinya. Selamat mencoba ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading