Sukses

Beauty

Komedo Hitam Menumpuk di Hidung, Basmi Segera dengan 10 Tips Mudah Ini

Fimela.com, Jakarta Komedo hitam atau yang sering disebut sebagai blackhead jadi salah satu masalah kulit yang umum terjadi pada banyak orang. Permasalahan kulit ini biasanya disebabkan oleh folikel rambut yang tersumbat oleh sebum (minyak kulit) serta sel-sel kulit mati, yang kemudian teroksidasi oleh udara dan berubah menjadi warna hitam. Selain itu, komedo hitam ini biasanya sering muncul di area hidung, wajah, dan bagian tubuh lainnya yang cenderung berminyak. 

Meskipun nggak berbahaya secara medis, komedo hitam menumpuk tetap saja bisa menjadi masalah estetika yang mengganggu dan mampu menurunkan rasa percaya diri seseorang. Walau begitu, masalah kulit ini ternyata bisa diatasi jika kamu melakukan perawatan menggunakan cara alami, bantuan skincare, dan perawatan dari klinik kecantikan. 

Nggak cuma itu saja lho, kamu juga bisa mulai mengubah kebiasaan buruk sehari-hari agar permasalahan komedo hitam yang menumpuk di hidung bisa dihindarkan atau nggak menjadi semakin parah. Buat yang penasaran, berikut 10 cara efektif untuk memerangi komedo hitam di hidung yang bisa dicoba. 

1. Cuci Wajah secara Teratur

Menghilangkan komedo hitam menumpuk yang ada di hidung sebenarnya bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Salah satu solusinya adalah dengan membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari menggunakan pembersih wajah yang berbahan lembut. Melakukan hal seperti ini secara rutin dipercaya dapat membantu menghilangkan sebum berlebih dan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. 

Namun, ada satu hal yang perlu kamu ingat, yaitu untuk nggak mencuci wajah dengan terlalu sering. Sebab, hal tersebut justru akan membuat minyak di kulit hilang dan menyebabkannya menjadi kering.

2. Gunakan Pembersih yang Tepat

Penyebab komedo hitam di hidung bisa terjadi salah satu faktornya karena penggunaan produk pembersih yang kurang cocok dengan kulit. Oleh karena itulah, untuk bisa membasmi komedo hitam hidung yang menumpuk, kamu harus pandai memilih produk pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit yang dimiliki. 

Perlu kamu ketahui bahwa produk pembersih wajah yang mengandung asam salisilat atau asam glikolat dipercaya dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga, pori-pori kulit nggak mudah tersumbat dan kamu pun dapat menghindari komedo hitam yang menumpuk di hidung. Meski begitu, buat kamu yang berkulit sensitif, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kulit ya sebelum memakai produk pembersih dengan kandungan tersebut.

3. Peeling Rutin

Komedo hitam menumpuk memang perlu dihilangkan secepat mungkin. Sehingga, penampilan jadi nggak terganggu dan kamu pun bisa tampil dengan penuh percaya diri. Nah, salah satu cara menghilangkan komedo hitam di hidung yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melakukan peeling secara rutin. 

Lakukan eksfoliasi kulit secara teratur untuk mengangkat lapisan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Jika perlu, gunakan scrub wajah yang lembut atau produk eksfoliasi yang mengandung asam beta atau alfa-hidroksi. Melakukan tips ini dinilai dapat membuat lapisan kulit kering terkelupas, sehingga bisa memberikan kesempatan buat lapisan kulit yang baru bertumbuh.

4. Hindari Produk Berminyak

Penyebab komedo hitam di hidung yang mungkin kurang disadari oleh banyak orang adalah penggunaan produk-produk perawatan yang berpotensi menyebabkan kulit berminyak secara berlebihan. Untuk itu, solusi yang perlu kamu ambil yaitu menggunakan produk perawatan kulit yang berlabel non-komedogenik atau oil-free agar nggak memperparah masalah komedo hitam. 

Namun, produk seperti apa sih yang sebaiknya dipilih buat para blackhead fighter? FYI, skincare menghilangkan komedo hitam di hidung yang perlu dipilih adalah yang mengandung bahan-bahan seperti salicylic acid. Bahan ini sendiri mampu membersihkan folikel besar berisi minyak berlebih. Selain itu, cari pula skincare menghilangkan komedo hitam di hidung dengan kandungan benzoyl peroxide. Pasalnya, bahan ini dipercaya dapat memecah dan mengendurkan sel-sel kulit mati di pori-pori wajah. Kemudian, cari skincare dengan glycolic acid di dalamnya. Sebab, kandungan ini mampu mengeksfoliasi lapisan kulit teratas dan membersihkan folikel rambut yang tersumbat.

Lalu, bahan-bahan lainnya yang diperlukan dalam produk skincare pembasmi blackhead menumpuk di hidung yaitu witch hazel dengan kemampuannya untuk menenangkan kulit yang rentan akan komedo hitam. Ada juga retinoid yang memiliki kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan kulit. Last but not least, dadan dioic acid yang ampuh memperlambat produksi sebum yang menyumbat pori-pori sekaligus melawan bakteri yang menempel pada kulit. 

5. Hidrasi yang Tepat

Komedo hitam hidung juga bisa terjadi karena kulit yang kurang terhidrasi. Meskipun kontras dengan masalah kulit berminyak, kulit yang kering ternyata juga dapat memicu produksi sebum yang berlebihan. Maka dari itu, penggunaan pelembap yang ringan dan bebas minyak sangat dibutuhkan. 

Selain dengan produk skincare, kamu pun juga perlu banyak minum air agar kebutuhan cairan harian dalam tubuh bisa terpenuhi. Setidaknya, konsumsi air sebanyak 2 liter atau 4 gelas dalam sehari sesuai dengan anjuran para ahli kesehatan. Dengan begitu, komedo hitam hidung dan area tubuh lainnya bisa semakin dikurangi.

6. Gunakan Masker Lumpur

Cara menghilangkan komedo hitam bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu menggunakan masker lumpur. Masker komedo hitam di hidung seperti ini dapat membantu mengontrol produksi minyak dan membersihkan pori-pori dari sebum serta sel kulit mati. Untuk pemakaiannya, kamu bisa mengaplikasikan masker ini seminggu sekali secara rutin.

Namun tetap ingat ya, nggak semua masker lumpur itu bagus dan berkhasiat untuk menghilangkan komedo hitam menumpuk di hidung.  Maka dari itu, menjadi tugas kamu untuk memilih masker lumpur yang aman dan memang terpercaya dalam menghilangkan blackhead membandel di hidung.

7. Gunakan Teh Hijau

Menghilangkan komedo hitam di hidung ternyata juga bisa dilakukan dengan menggunakan teh hijau. Bukan rahasia lagi jika teh hijau memiliki banyak manfaat yang baik buat kesehatan dan kecantikan kulit. Itulah mengapa, produk-produk kecantikan saat ini banyak yang memanfaatkan teh hijau di dalamnya.

Di dalam teh hijau sendiri terdapat kandungan vitamin E dan anti-oksidan yang amat kaya. Sehingga, baik untuk mencegah radikal bebas yang menjadi penyebab komedo menempel pada wajah. 

Untuk menggunakan teh hijau guna menghilangkan komedo hitam di hidung, kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana saja. Pertama, tempelkan ampas teh hijau yang sudah diseduh pada wajah yang sudah dibersihkan dengan air hangat sebelumnya. Kedua, diamkan selama 15-30 menit sampai ampas mengering. Bisa juga dengan membekukan air seduhan teh hijau di dalam cetakan es. Terakhir, oleskan pada wajah seduhan teh hijau yang sudah membeku secara merata. Simpel banget, bukan?

8. Manfaatkan Buah Pepaya

Solusi selanjutnya yang juga ampuh buat menghilangkan komedo hitam di hidung yaitu memanfaatkan buah pepaya. Sama seperti teh hijau, buah yang satu ini ternyata juga dilengkapi dengan kandungan nutrisi yang baik dan bermanfaat buat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. 

Buah pepaya memiliki kandungan enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Selain itu, terdapat pula kandungan vitamin E, A dan C yang berfungsi sebagai anti-oksidan untuk membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. 

Fakta menariknya, melakukan perawatan dengan menggunakan pepaya dinilai dapat menghilangkan kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah, serta bisa membersihkan komedo hitam menumpuk yang ada di hidung. Selain itu, buah penggunaan buah pepaya ini juga dianggap mampu membantu mengecilkan pori-pori wajah juga, lho. Nah, untuk menggunakan buah tropis ini, tentunya ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti. 

Pertama, potong pepaya dalam ukuran yang kecil. Selanjutnya, haluskan buah yang sudah dipotong tersebut hingga halus. Ketika teksturnya sudah berubah menjadi lebih lembut, kamu bisa menggunakannya sebagai masker dan biarkan selama 30 menit. 

9. Penuhi Gizi Harian Lewat Makanan Sehat dan Bernutrisi Lengkap

Apakah komedo hitam bisa hilang sendiri? Pertanyaan seperti ini seringkali diangkat oleh beberapa orang awam yang memiliki permasalahan kulit seperti blackhead. Tapi tenang saja, karena blackhead sendiri sebenarnya bisa hilang kok jika kamu menerapkan pola hidup yang lebih sehat. Salah satu yang paling penting adalah menjaga asupan harian yang masuk ke dalam tubuh.

Fyi, makan makanan bergizi, kaya serat, dan rendah gula nyatanya dapat membantu menjaga kesehatan kulit kamu. Menerapkan kebiasaan baik ini tentunya mampu mengurangi komedo hitam pada wajah, termasuk yang ada di area hidung.  

Bukan cuma itu saja, mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi lengkap pun juga akan membantu kamu untuk memiliki kulit yang lebih glowing. Lalu, apa saja pilihan makanan yang wajib disantap untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bebas dari permasalahan? Untuk urusan yang satu ini, kamu bisa memilih mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan antioksidan (apel, wortel, aprikot, bayam, kelompok buah berry, dan sebagainya),  minyak ikan dan kacang-kacangan dengan lemak sehat, dan lainnya.

10. Lakukan Perawatan dengan Ahli Kulit

Cara menghilangkan komedo hitam yang efektif dan gampang yaitu dengan mendapatkan perawatan dari profesional, seperti terapi laser, pengelupasan kimia, dan perawatan lainnya. Meskipun harus mengeluarkan biaya dengan jumlah tertentu, namun nggak bisa dipungkiri jika metode ini memang mampu memberikan hasil yang dapat dikatakan cukup cepat untuk mengatasi permasalahan komedo hitam menumpuk di hidung. 

Jika kamu merasa komedo hitam di hidung susah hilang, maka lakukan saja metode yang satu ini. Terlebih lagi karena metode ini menggunakan alat-alat yang memang memiliki manfaat untuk mengatasi permasalahan kulit serta dilakukannya pun oleh orang-orang yang memang sudah ahli. 

Well, memerangi komedo hitam menumpuk memang memerlukan waktu dan kesabaran, atau bahkan biaya sekalipun. Sebab, nggak ada solusi ajaib yang dapat menghilangkan mereka dalam sekejap. Namun kamu juga perlu ingat kunci utamanya untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menjaga rutinitas perawatan kulit secara teratur dan sehat. Sebab, dengan perawatan yang benar, kamu pasti bisa mengatasi komedo hitam dan menjaga kulit wajah tetap bersih dan sehat.

Selain itu, perhatikan pula segala pola hidup yang dijalankan. Pasalnya, sadar atau nggak, ternyata hal tersebut memiliki pengaruh terhadap kesehatan kulit kamu. Jika terus-menerus melakukan kebiasaan yang buruk, ya sudah pasti tubuh akan menjadi kurang sehat dan kulit pun nggak akan sehat dan glowing. Namun jika hal sebaliknya yang diterapkan, tentu saja kamu akan bisa meraih kulit cerah dan bebas permasalahan, seperti komedo hitam. Jadi, pikirkan baik-baik ya apa yang sebaiknya dilakukan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading