Sukses

Beauty

5 Tips Sederhana Merawat Rambut yang Berwarna agar Tetap Sehat dan Tidak Rusak

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela termasuk orang yang suka bereksperimen dengan cat rambut? Nah, pastinya rambut yang berwarna-warni ini memerlukan perawatan yang lebih karena adanya potensi untuk mengalami kerusakan hingga rambut kering. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena rambut yang sehat dan berkilau pun bisa tetap didapatkan apabila kamu telah melakukan perawatan secara rutin dan teratur. 

Ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa mempertahankan warna rambut agar bertahan lama dan tetap halus. Kebiasaan ini juga bisa diterapkan di rumah, lho. Diketahui dari situs real simple dan allure, berikut untuk cara untuk merawat rambut yang berwarna:

1. Hindari Terlalu Sering Keramas

Produk pewarna rambut memiliki ketahanan warna yang berbeda-beda dan bisa memudar kapan saja. Keramas menjadi salah satu rutinitas yang membuat warna rambut cepat pudar. Apabila kamu sering melakukan keramas, minyak alami pada rambut akan cepat hilang. Akibatnya, rambut pun akan lebih mudah kering dan rusak. Akan lebih baik jika melakukan keramas hanya sekitar dua hingga tiga kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan rambut dan membuat warna rambut menjadi lebih tahan lama. 

2. Gunakan Sampo yang Dapat Melindungi Warna Rambut

Rambut yang telah diwarnai memiliki kecendurungan untuk cepat kering. Oleh karena itu, akan lebih baik untuk memilih bahan sampo yang bisa menjaga kelembapan, merawat rambut, dan mempertahankan warnanya agar tetap berkilau secara alami.

Saat sedang keramas, melansir dari situs allure, kamu dapat memanfaatkan sampo bebas sulfat untuk menjaga rambut agar tetap terhidrasi. Hindari bahan sampo yang kuat, seperti berbahan alkohol, salicylic acid dan ketoconazole yang dapat berisiko membuat rambut menjadi kering dan iritasi. Kamu juga dapat memilih jenis sampo yang memang diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai supaya pH rambut tetap seimbang. 

3. Keramas dengan Menggunakan Air Dingin

Kunci utama dalam perawatan rambut yang telah diwarnai adalah dengan mempertahankan hidrasi. Maka dari itu, hindari untuk melakukan keramas dengan menggunakan air yang sangat panas karena dapat lebih cepat merusak warna rambut. Sebaiknya, kurangi intensitas penggunaan alat pengering rambut supaya rambut tidak cepat kehilangan kelembapannya. 

4. Penting untuk Menggunakan Conditioner Setelah Keramas

Setiap keramas, kamu harus menggunakan kondisioner yang aman dan khusus untuk rambut yang telah diwarnai. Kondisioner dapat membantu melindungi helai rambut dan mengunci kelembapan. Ditambah lagi, produk kondisioner juga dapat mengatasi kerusakan rambut akibat terpapar bahan kimia. Dengan menggunakannya secara rutin, rambut akan terlihat lebih lembut, sehat, dan tidak mudah rusak.  

 

5. Hindari Paparan Sinar Matahari dalam Waktu yang Lama

Sama seperti efeknya pada kulit wajah dan tubuh, paparan sinar matahari dalam waktu yang lama juga dapat memudarkan warna rambut. Untuk menghindari efek buruk yang ditimbulkan, gunakan pelindung yang dapat menutupi rambut dari intensitas sinar matahari yang berlebihan, usahakan untuk tetap berada di tempat yang teduh, dan aplikasikan produk yang dapat melindungi rambut semaksimal mungkin. 

Tips-tips simpel tersebut dapat dijadikan sebagai kebiasaan baru saat kamu telah mewarnai rambut. Tentu saja diperlukan produk-produk khusus agar rambut bisa tetap sehat, walaupun telah terpengaruhi oleh zat-zat kimia dari produk pewarna. Tak hanya kesehatan kulit wajah dan tubuh, kesehatan rambutmu juga tidak boleh dilewatkan untuk selalu dijaga setiap harinya. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading