Sukses

Beauty

Tips Sederhana untuk Mencerahkan Wajah dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Memiliki kulit cerah dan bersinar adalah impian dari banyak orang. Pada dasarnya jika seseorang ingin mencerahkan wajah, terdapat banyak sekali cara yang dapat dilakukan. Bahkan dengan dengan bahan alami yang dapat ditemukan dengan mudah.

Faktanya kulit yang tampak tidak cerah terdapat banyak sekali faktor pendukungnya salah satunya adalah merokok. Kulit dapat menyerap kandungan nikotin yang ada pada rokok dan menyebabkan banyak sekali permasalahan kulit, seperti penuaan dini, kulit kusam, dan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya. Pada dasarnya dengan kandungan nikotin dapat mengubah struktur dan kegunaan dari setiap lapisan kulit. Maka dari itu, saat berencana ingin berencana untuk mencerahkan wajah, sangat disarankan untuk memperhatikan faktor penyebabnya. 

Untuk mencerahkan wajah, kandungan nutrisi yang lengkap sangatlah dibutuhkan. Dilansir oleh Allisontannis.com, ada beberapa kandungan yang akan memberikan nutrisi yang sempurna untuk mencerahkan kulit, seperti vitamin A, probiotik, antioksidan, omega-3, dan lain-lain. Contohnya adalah kubis, jenis sayuran ini kaya akan antioksidan, terbukti terdapat 45 jenis antioksidan yang berbeda. Menambahkan, makanan yang mengandung probiotik adalah yogurt. Yogurt dapat membantu untuk meredakan pembengkakan dan mencerahkan kulit. 

Melihat tren yang ada FIMELA telah mengumpulkan tips sederhana yang dapat Sahabat FIMELA ikuti untuk mendapatkan kulit yang cerah dan menawan. Berikut adalah 3 cara dari Healthline.com untuk mencerahkan wajah.

Melembabkan wajah

Tahap melembabkan kulit sering sekali dilupakan oleh orang-orang. Untuk menjaga kulit agar terlihat cerah dan tidak kusam, melembabkan kulit adalah tahap yang paling penting karena kulit yang lembab dapat mencegah kerutan, menjaga keelastisan kulit, dan membuat kulit tidak kering.

Sebelum kamu mengeksfoliasi kulit, sangat disarankan untuk melembabkan kulit dengan pelembab. Gunakan pelembab sesaat setelah mandi. Pelembab akan mengunci kelembaban dan memberikan kelembutan ekstra dan membuat kulit terasa lembut.

Berikut adalah masker wajah yang terbuat dari madu yang dapat membuat kulitmu terasa lebih lembut dari sebelumnya. 

Bahan yang diperlukan:

  • 1 sendok makan madu segar,
  • 1 sendok teh, teh hijau 

Cara membuat:

  1. Masak green tea sampai mendidih, 
  2. Biarkan daun teh dingin, 
  3. Tambahkan madu ke daun teh dan aduk rata,

Gunakan masker pada wajah selama 15 menit dan bilas menggunakan air dingin.

Hindari asap rokok atau merokok

Berdasarkan penelitian yang berjudul “Tobacco smoke causes premature skin aging” mengungkapkan bawah saat kulit terpapar dengan asap rokok, wajahmu akan meresap toksin tersebut secara tidak terduga. Hal ini menyebabkan struktur dan fungsi kulit rusak dan menyebabkan penuaan dini.

Maka disarankan untuk menghindari asap pasif dan berhenti merokok untuk para perokok. 

Berikut adalah masker  juice cleansing mask yang dapat membantu merawat kulit.

Bahan-bahan:

  • 2 sendok makan bubuk stroberi kering,  
  • 2 sendok makan bubuk susu kelapa,
  • 1 sendok makan air. 

Cara membuat:

  1. Masukan kedua bahan ke dalam satu mangkok yang sama, 
  2. Masukan semua adonan menjadi satu, 
  3. Masukan ke dalam freezer,
  4. Setelah 2 jam keluarkan dan masukan air dan aduk sampai tekstur terlihat seperti pasta,
  5. Gunakan selama 10 menit dan bilas menggunakan air hangat dan rasakan kelembapannya. 

Persingkat waktu mandi

Mandi dengan air panas setelah menyelesaikan aktivitas yang melelahkan adalah sesuatu yang dapat merilekskan tubuh. Namun, mandi air panas Dengan waktu yang lama dapat menyebabkan pori-pori wajah terbuka dan menghilangkan sebuah minyak alami yang ada di tubuh mu. Dimana, tindakan tersebut dapat menyebabkan kulit terlihat kusam.

Mengurangi waktu mandi bisa menjadi solusi untuk mendapatkan kulit yang cerah. Uap dan suhu yang diterima tubuh dapat membuka pori-pori dan menghilangkan kotoran. Setelah itu, kamu sangat disarankan untuk menutup pori-pori dengan menggunakan air dingin. Secara tidak langsung perbedaan suhu ini dapat membantu melancarkan peredaran darah dan dapat membuatku terlihat lebih cerah, serta awet mudah.

Berikut adalah masker berbahan dasar minyak kelapa yang dapat membantu melembabkan kulit.

  • 1 sendok makan minyak kelapa, 
  • 3 sendok makan oatmeal, 
  • Air hangat secukupnya.

Cara membuatnya adalah dengan,

  1. Masukan oatmeal kedalam mangkok dan kemudian tuang air hangat untuk menciptakan konsistensi seperti krim,
  2. Campurkan minyak kelapa dan aduk rata,
  3. Pakai masker ke wajah dan eksfoliasi kulit dengan cara gosok-gosok dengan halus,
  4. Biarkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air dingin.

 

Penulis: Sherly Julia Halim.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading