Sukses

Beauty

7 Gaya Hidup Sederhana yang Jadi Rahasia Awet Muda

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia dimana semuanya bergerak cepat, manusia selalu mencari cara untuk memperlambat proses penuaan. Kecantikan abadi menjadi impian setiap orang. Bahkan ada beberapa orang yang berhasil terlihat awet muda

Penuaan dini adalah sebuah kondisi dimana tubuhmu akan terlihat lebih tua daripada umurnya. Dilansir oleh Clevelandclinic.org, orang yang terpapar kondisi ini biasanya akan memiliki gangguan, seperti kerutan, bintik-bintik penuan, kulit kering, hiperpigmentasi, dan kulit kendur.

Kondisi ini biasanya terjadi karena kulit tidak mendapatkan perlindungan dari sinar matahari yang mengandung sinar UV. Berdasarkan penelitian sinar matahari dan sumber uv lainnya, 90% terbukti dapat menimbulkan penuaan. Maka dari itu, saat kamu ingin terlihat awet muda hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menghindari sumber penuaan dini. 

Bukan hanya itu, agar tetap awet muda kamu harus mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dapat memberikan dampak yang baik untuk menghambat penuaan, seperti vitamin A, B, C, E, dan K. Menurut American Academy of Dermatology (AAD) ada dua, yaitu intrinsik dan ekstrinsik. Intrinsik adalah penuaan yang terjadi karena adanya hubungan genetik. Sedangkan ekstrinsik adalah penuaan yang disebabkan oleh faktor lingkungan sehari-hari. Maka dari itu, tindakan preventif seperti selalu melembabkan kulit dan melindungi dari sinar uv menggunakan sunscreen itu penting.

Melihat permasalahan yang terjadi soal menjaga kecantikan dan tetap terlihat muda, berikut adalah gaya hidup sederhana yang bisa kamu lakukan agar selalu tampil menawan menurut Realsimple.com.

 

 

Perhatikan Dirimu

Pola Makan yang sehat

“Penting untuk memiliki pola makan seimbang yang mengandung antioksidan, protein, dan lemak sehat. Menghindari terlalu banyak makanan tinggi glikemik juga bermanfaat bagi kulit,” ujar Sejal K. Shah, MD, FAAD, a board-certified dermatologist at SmarterSkin Dermatology in New York City.

Pola makan yang mengandung tinggi karbohidrat dan gula biasanya dapat menyebabkan penuaan. Selalu ingat untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin yang baik untuk kulit, seperti alpukat,  Tomat, Omega tiga, ubi manis, dan lain lain. 

Rutin olahraga

Berolahraga, praktik gaya hidup lain yang dikaitkan dengan beragam manfaat mulai dari kesejahteraan mental hingga kesehatan fisik, berpotensi meningkatkan sirkulasi dan sistem kekebalan tubuh Anda, yang pada akhirnya berkontribusi pada penampilan yang lebih muda. Jika Anda tidak yakin tentang cara memulai rutinitas olahraga setelah lama tidak aktif, Anda dapat membaca panduan kami tentang menetapkan rutinitas kebugaran yang benar-benar Anda komitmenkan.

Kurangi Minum Alkohol

Alkohol berfungsi sebagai diuretik, yang menyebabkan frekuensi kunjungan ke kamar kecil lebih tinggi saat Anda keluar minum dibandingkan dengan malam hari di rumah. Meskipun Anda memilih untuk tidak mengonsumsi koktail manis, alkohol menyebabkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan kulit Anda terlihat lebih kasar, tidak rata, dan menua.

Berhenti Merokok atau Menghindari Asap Rokok

Banyak penyesuaian gaya hidup yang meningkatkan kesehatan secara keseluruhan juga berdampak positif pada kulit Anda. Misalnya, merokok, seperti yang Anda ketahui, dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, dan American Academy of Dermatology (AAD) juga menyatakan bahwa merokok menyebabkan kerutan dan "kulit kusam dan pucat". Ini merupakan gambaran yang jelas.

Menambahkan kulit akan menyerap apa yang ada di dekatnya, meskipun kamu tidak merokok, sangat disarankan untuk menghindari asap rokok. Hal ini karena rokok mengandung nikotin yang tidak baik untuk kulit maupun tubuh.

 

 

Rawat Kulitmu

Gunakan Pelembab

Salah satu penyebab penuaan dini adalah kulit kering dan kulit yang dehidrasi. Salah satu cara yang tepat untuk dilakukan adalah dengan menjaga tingkat kelembaban kulit. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan pelembab kulit seperti moisturizer. 

“Pelembab memerangkap air di kulit kita, membuatnya tampak lebih muda,” ujar AAD yang dikutip dari Realsimple.com.

Cuci muka Dua Kali Sehari

Menghilangkan sisa riasan sehari-hari adalah proses yang lebih rumit dibandingkan hanya menggunakan beberapa tisu riasan. Mulailah prosesnya dengan pembersih berbahan dasar minyak, karena pembersih ini secara efektif menghilangkan kotoran tanpa membuat kulit Anda dehidrasi. 

Penting untuk membersihkan wajah minimal dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari, serta setelah berkeringat untuk mencegah keringat berlama-lama di kulit yang dapat menyebabkan iritasi. 

Namun, jangan lupa untuk menggunakan serum dan moisturizer, serta sunscreen.

Hindari Produk yang Menyebabkan Iritasi

Setiap kulit memiliki permasalahan, tipe, dan jenisnya masing-masing. Maka disarankan untuk menggunakan produk yang sesuai dengan tipe kulitmu. Jika kulitmu sensitif, sangat disarankan untuk membaca ingredient yang terdapat pada produk skincare. Biasanya pada kemasan terdapat label peringatan.

Misalnya kamu sudah terlanjur membelinya dan muncul gejala, seperti kulit perih, gatal, dan kemerahan sangat disarankan tidak menggunakan produk tersebut. 

 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading