Sukses

Beauty

Rahasia Awet Muda Meski sudah Berkepala 3, Wajib Terapkan 11 Hal Penting Ini

Fimela.com, Jakarta Perempuan yang sudah berkepala tiga terkadang harus dihadapkan dengan tanda-tanda penuaan. Mulai dari munculnya kerutan halus, berkurangnya elastisitas kulit, wajah yang kering dan kusam, hingga kulit yang nggak bercahaya lagi. Itulah mengapa banyak dari perempuan yang mencoba segala bentuk rahasia awet muda agar bisa menjaga penampilan dan kecantikan mereka.  

Permasalahan seperti munculnya tanda-tanda penuaan ini nyatanya bikin banyak perempuan di umur 30-an tahun jadi dilema. Terlebih lagi karena wajah dan tubuh merupakan aset berharga yang harus dirawat dan dipelihara. Tapi tenang saja, karena rahasia awet muda ini sebenarnya simpel dan mudah banget dilakukan. 

Kuncinya, kamu harus bisa menerapkan pola hidup sehat hingga menggunakan beraneka ragam produk skincare anti aging yang cocok dengan jenis kulit. Biar nggak semakin penasaran, berikut 11 cara awet mudah di usia 30 tahun yang bisa dicoba!

1. Konsumsi Makanan yang Mengandung Antioksidan

Rahasia awet muda yang pertama terletak pada jenis makanan yang kamu konsumsi sehari-hari. Jika kamu melihat perempuan Jepang, mereka terlihat begitu cantik dan awet muda. Bahkan, beberapa orang kerap di luar negara tersebut yang terkecoh dengan penampilan mereka. Tapi, apa sih sebenarnya jenis makanan yang menjadi rahasia awet muda orang Jepang?

Makanan awet muda yang sering banget disantap oleh perempuan Jepang yaitu yang mengandung antioksidan. Yup, makanan dengan kandungan ini memang memiliki begitu banyak khasiat bagi tubuh, termasuk untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Antioksidan sendiri dapat membantu tubuh melawan radikal bebas berlebih yang menyebabkan stress oksidatif.

Bukan itu saja, manfaat makanan dengan antioksidan juga sangat baik untuk mengurangi munculnya garis halus pada wajah, mengurangi bintik hitam, menjaga kelembapan kulit, mencerahkan kulit, memperbaiki kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, dan meningkatkan produksi kolagen yang menyebabkan kulit tampak kenyal dan muda.

Adapun makanan yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, yaitu cokelat hitam, buah anggur, buah ceri, brokoli, worter, bayam, kacang kedelai, kecambah, jahe, dan jinten. Sementara itu, kamu juga bisa mendapatkan kebaikan antioksidan dengan minum teh atau kopi. 

2. Perbanyak Protein

Cara awet muda alami yang bisa dilakukan berikutnya yakni memperbanyak konsumsi protein. Selain mampu membantu meningkatkan massa otot, ternyata protein ini juga bermanfaat untuk menjaga fungsi sel dan organ tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta membangun sel dan jaringan yang ada di dalam tubuh. Inilah mengapa, protein sangat erat kaitannya dengan proses regenerasi sel yang mempengaruhi kulit. 

Tapi, tahukah kamu bahwa mengonsumsi protein ini ternyata sudah menjadi rahasia awet muda orang Korea sejak beberapa tahun terakhir. Mulai dari para K-pop idol, aktris, atlet, beauty influencer, hingga masyarakat pada umumnya di Korea mulai menerapkan kebiasaan mengonsumsi makanan berprotein tinggi dalam keseharian mereka. Jadi, nggak heran yang para perempuan di berjuluk Negeri Gingseng tersebut memiliki penampilan yang cantik dan awet muda, meski sudah berkepala tiga ke atas.

Buat kamu yang ingin tetap awet muda dengan mengonsumsi protein, maka pilhan jenis makananya bisa berupa dada ayam, daging sapi tanpa lemak, telur, seafood, susu dan produk olahannya, brokoli, kacang-kacangan, kedelai, dan sebagainya. Jangan lupa pula untuk memperhatikan proses mengolah berbagai bahan makanan tersebut, ya.

3. Perbanyak Aktivitas Olahraga

Rahasia awet muda alami selanjutnya yang bisa diterapkan adalah memperbanyak aktivitas olahraga. Olahraga yang dilakukan secara rutin dan dengan cara yang benar bisa memberikanmu segudang manfaat baik bagi tubuh, termasuk untuk kulit. Rahasia awet muda ini begitu mudah dipraktikkan dan bahkan nggak perlu sampai mengeluarkan banyak biaya.  

Melakukan olahraga sebagai rutinitas pun ternyata merupakan salah satu rahasia awet muda orang Korea. Orang-orang di Korea Selatan sadar dan paham betul bahwa olahraga ini bermanfaat buat mereka, seperti membantu menurunkan berat badan, menjaga tubuh tetap fit, serta mempertahankan kulit indah yang dipunya. 

Lantas, olahraga apa saja yang bisa diterapkan biar kulit tampak awet muda dan cantik? Ada banyak banget, mulai dari senam aerobik, bersepeda, jogging, hingga berenang. 

4. Rajin Menggunakan Sunscreen

Melakukan kegiatan di luar ruangan, mau nggak mau kulit pasti akan terpapar dengan sinar matahari. Nah, jika nggak diberikan perlindungan yang tepat, bisa-bisa nanti kulit akan mengalami berbagai permasalahan yang mengganggu. Mulai dari munculnya kerutan halus di wajah, adanya bintik-bintik hitam, kulit wajah yang kusam, hingga tanda-tanda penuaan dini yang nggak banget. 

Meski begitu, efek buruk dari sinar UV matahari ini bisa kamu kurangi bila memakai sunscreen. Ini menjadi rahasia awet muda yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Bahkan, memakai sunscreen ternyata juga merupakan rahasia awet muda orang Korea pada umumnya.

5. Rutin Membersihkan Tubuh dan Wajah

Kebiasaan yang membuat awet muda bisa dimulai dengan rajin membersihkan tubuh dan wajah. Seperti ungkapan, kebersihan sebagian dari iman, kebiasaan ini wajib banget buat kamu lakukan. 

Adapun membersihkan tubuh dan wajah ini bukan sekedar berguna untuk mengangkat debu dan sisa-sisa kotoran yang masih menempel saja, melainkan guna membuat diri sendiri lebih fresh dan juga meningkatkan sirkulasi darah. 

Jika ingin membersihkan tubuh, sebaiknya gunakan sabun mandi yang tepat. Yang dimaksud tepat di sini adalah yang mampu memenuhi kebutuhan dari kulit tubuhmu. Sementara untuk sabun cuci wajah, kamu dapat memilih yang memiliki bahan-bahan alami dan tanpa pewangi atau alkohol. 

6. Gunakan Pelembap dengan Teratur

Rahasia awet muda selanjutnya yaitu menggunakan pelembap dengan rutin. Kamu harus tahu bahwa kulit wajah yang kering cenderung dapat membuat penampilan lebih tua. Oleh karena itulah, kelembapan dari kulit wajah ini harus selalu dijaga, salah satu caranya yaitu dengan memakai pelembap.

Gunakan pelembap secara berulang sebanyak 1-3 kali. Produk ini bisa kamu pakai di pagi, siang, dan juga malam hari. Selain itu, perhatikan pula produk pelembap wajah yang kamu pakai. Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit dan kalau bisa pilih yang kualitasnya sudah teruji.

7. Pakai Skincare Anti Aging yang Tepat

Skincare anti aging dapat menjadi salah satu cara agar kamu bisa mempertahankan penampilan awet muda dan cantik jelita. Namun saat memilih produk perawatan kulit, sebaiknya pastikan dulu berbagai kandungan yang ada di dalamnya. Sebab, beda kandungan skincare, maka beda juga efek yang akan dirasakan oleh kulit.

Lantas, apa saja skincare anti aging yang menjadi rahasia awet muda alami? Diketahui bahwa ada beberapa jenis skincare yang bisa kamu coba untuk mendapatkan kulit sehat, awet muda, dan terbebas dari permasalahan kulit. Di antaranya seperti retinol, galactomyces, niacinamide, vitamin E, dan vitamin C. Jika dilakukan secara rutin dan berdasarkan tata cara yang benar, maka kamu pun juga pasti akan merasakan perubahan baiknya. 

8. Tidur yang Cukup

Meskipun sederhana, namun mencukupi waktu tidur harian ternyata mampu memberikan dampak yang besar buat tubuh dan kulit kamu. Cara awet muda alami ini pantang banget buat diabaikan. Ini karena pada saat tidur di malam hari, tubuh mengalami regenerasi sel oleh hormon. Dengan kata lain, tidur yang cukup dapat membantu proses regenerasi kulit agar sel-sel kulit bisa tetap sehat dan terawat. 

Nggak hanya itu saja, tidur yang cukup di malam hari pun juga dapat mencegah kemunculan mata panda dan kantung mata yang tebal. Jadi, ingatlah selalu untuk istirahat yang cukup, minimal 7-8 jam sehari. Selain itu, perhatikan juga kualitas istirahat yang dimiliki. Sebab, kuantitas tanpa kualitas pada saat tidur di malam hari sama saja artinya dengan sia-sia. 

9. Kelola Stress dengan Baik

Kebiasaan yang membuat awet muda selanjutnya adalah mengelola stress dengan bijak. Tahu nggak sih kamu kalau pada saat stress, tubuh mampu mengeluarkan hormon kortisol lebih banyak daripada umumnya. Kelebihan hormon ini dapat mempengaruhi produksi minyak dan kemudian berujung pada timbulnya berbagai permasalahan kulit. Jika stress berlangsung terus, bisa-bisa gejala penuaan pada kulit akan lebih cepat dirasakan. Maka dari itu, rahasia awet muda yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan seperti ini yaitu dengan mengelola stress sebaik mungkin.

10. Liburan ke Berbagai Tempat Indah

Liburan atau yang bahasa kerennya disebut sebagai healing ternyata menjadi salah satu rahasia awet muda yang patut dicoba. Dipercaya bahwa berlibur ke berbagai tempat yang seru dan menyenangkan dapat mengurangi beban pikiran serta membuat suasana hati menjadi lebih baik. 

Buat kamu yang lagi penat dan capek menjalani keseharian yang melelahkan, wajib banget nih buat healing sejenak sambil menikmati hidup yang dipunya. Soalnya tips ini justru akan membuat sehat pikiran, tubuh, dan bahkan bisa mencegah munculnya terjadinya tanda-tanda penuaan. 

11. Penuhi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Rajin memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh bisa jadi merupakan salah satu penyebab awet muda meski sudah berada di usia 30 tahunan. Faktanya, banyak minum air putih memiliki manfaat yang sangat baik buat meningkatkan energi dan metabolisme tubuh. 

Selain itu, minum air putih dengan cukup ini juga mampu membuat kulit menjadi lebih lembap dan awet muda. Sebab pada dasarnya, kulit memang membutuhkan asupan cairan yang cukup agar bisa mempertahankan kelembapan dan mengurangi penuaan. 

Jadi, nggak perlu lagi cari-cari jamu awet muda untuk dikonsumsi. Soalnya, kamu tetap bisa mempertahankan wajah yang awet muda dengan hanya mencukupi kebutuhan cairan harian. Meskipun hasilnya nggak akan instan, setidaknya hal ini dapat memperlambat tanda-tanda penuaan bisa muncul di usia kepala tiga. 

Tetap awet muda di usia 30-an merupakan upaya yang memerlukan perhatian dan perawatan yang berkelanjutan. Namun dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka kamu dapat membantu menjaga penampilan dan kesehatan agar tetap prima di masa-masa tersebut. 

Ingatlah bahwa usia hanyalah angka, dan kamu dapat tetap muda dalam semangat dan penampilan jika mampu merawat diri dengan baik. Selain itu, selalu konsultasikan juga dengan profesional kesehatan dan kecantikan sebelum melakukan perubahan signifikan dalam gaya hidupmu. Dengan begitu, upaya untuk bisa tetap awet muda di kepala tiga bisa dilakukan dengan lebih maksimal dan minim risiko. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading