Sukses

Beauty

Cara Melindungi Rambut dari Bahaya Sinar UV Matahari

ringkasan

  • Bukan cuma wajah, rambut juga bisa mendapat dampak buruk dari sinar matahari
  • Efek paparan sinar UV matahari yakni rambut jadi kering, kusam, rontok, dan bercabang
  • Lakukan perawatan seperti di bawah ini untuk meminimalisir kerusakan

Fimela.com, Jakarta Wajah bukan satu-satunya bagian tubuh yang berisiko terkena bahaya sinar UV dari paparan matahari, rambut pun berisiko sama besarnya. Karena itu, rambut juga harus dijaga sama seperti menjaga kulit wajah.

Paparan sinar UV matahari bisa menimbulkan tanda penuaan pada wajah seperti kerutan, garis halus, dan dark spot. Sementara pada rambut, efeknya bisa membuat rambut kering, kusam, rapuh, dan bercabang.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, inilah sederet tindakan yang perlu kamu lakukan agar rambut terhindar dari efek buruk sinar UV matahari.

Tips Mencegah Kerusakan Rambut Akibat Sinar UV Matahari

Pakai hair sunscreen

Meski memiliki fungsi yang sama dalam melindungi dari sinar UV, namun sunscreen untuk rambut dan untuk wajah memiliki formula yang berbeda. Sunscreen untuk rambut biasanya berbentuk serum, minyak, atau spray cair sehingga lebih nyaman digunakan di rambut dan tidak akan meninggalkan rasa lengket seperti cream dan lotion.

Pakai topi

Lindungi rambut dari sinar matahari langsung dengan memakai topi lebar atau penutup lain seperti syal atau pashmina. 

Pakai Pelembap

Gunakan kondisioner tanpa bilas

Memperkuat perlindungan rambut adalah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk menjaganya dari kerusakan. Pakai minyak kelapa tipis-tipis sebelum bepergian agar kelembapan alaminya terjaga dan mampu menghalau efek kerusakan dari sinar UV matahari.

Pakai sampo yang menutrisi

Setelah beraktivitas berat di luar ruangan yang penuh debu dan paparan matahari, sempatkan waktu untuk mencuci rambutmu dengan sampo. Pililh sampo yang benar-benar bisa menutrisi dan melengkapi kebutuhan rambutmu, ya!

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading