Sukses

Beauty

Alasan Tidak Membuat Sendiri Sunscreen di Rumah

Fimela.com, Jakarta Membuat sendiri produk kecantikan memang sangat megasyikkan. Selain dapat menjadi salah satu hobi menarik, DIY skincare juga banyak digemari perempuan yang memiliki masalah pada kulitnya. 

Pasalnya, dengan melakukan DIY, Sahabat Fimela bukan hanya dapat menekan biaya yang dikeluarkan, tetapi juga memilih bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan skincare tersebut. 

Hampir semua produk kecantikan, seperti krim malam, pelembap, face oil, dapat kamu buat di rumah dengan bahan sederhana. Termasuk sunscreen. Banyak orang yang mencoba membuat tabir surya sendiri menggunakan carot oil, shea butter, minyak kelapa, minyak zaitun, dan lavender oil. 

Sayangnya, sunscreen menurut para ahli kencatikan dan kesehatan kulit merupakan salah satu produk kecantikan yang tdak bisa kamu buat sendiri di rumah. Kenapa?

 

Tidak Efektif Melindungi Kulit dari Sinar UV

Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada Mei 2019 lalu di Jurnal Health Communication, memperingatkan kalau tabir surya yang dibuat sendiri di rumah ternyata tidak dapat melindungi kulitmu dari sinar UV dengan baik. 

Bahkan, akan ada risiko untuk tumbuhnya sel kanker, dibandingkan dengan tabir surya yang dijual secara komersial, setelah melalui berbagai tes lab dan penelitian. 

Bahaya pada Kulit Anak

Menggunakan tabir surya buatan sendiri pada orang dewasa saja sudah sangat berisiko tinggi. Sayangnya, banyak ibu-ibu muda yang juga mengenakannya pada buah hatinya. 

Padahal, kulit anak masih sangat sensitif. Kulit anak, tulis Everyday Health, masing sangat halus dan mudah terbakar. Tanpa perlindungan dari tabir surya yang aman untuk kulit anak sekaligus dapat benar-benar melindungi dari sengatan matahari, perlu sebuah produk tabir surya yang khusus dibuat untuk kulit anak-anak. 

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading