Sukses

Beauty

Cara Mengatasi Komedo Whitehead

Fimela.com, Jakarta Whitehead adalah jenis komedo yang terpendam di bawah lapisan kulit. Tidak seperti blackhead yang punya 'head' dan bisa dikeluarkan dengan mudah, komedo whitehead lebih susah dikeluarkan dari kulit. Butuh treatment khusus atau tunggu sampai terinfeksi bakteri dan muncul 'mata' yang membuatnya bisa dikeluarkan.

Whitehead komedo bisa muncul di bagian mana saja pada wajah, tapi paling sering di sekitar garis rambut atau dahi. Dermatologi di Tufts Medical Center, Clarissa Yang, M.D., dikutip dari Self, mengatakan penyebab whiteheads umumnya adalah produk rambut atau skincare yang berbasis minyak dan bersarang di kulit.

Untuk mengatasinya, kamu bisa lakukan tips berikut sekaligus untuk mencegah komedo tersebut muncul lagi dalam jangka panjang.

 

1. Eksfoliasi

Chemical exfoliant sangat membantu untuk mengurangi komedo jenis ini. Kamu dapat menjaga pori-pori tetap bersih dari minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang menyumbat kulit.

2. Benzoil peroksida

Benzoil peroksida sudah populer sebaga penangkal jerawat yang ampuh dengan cara membunuh bakteri. Biasanya perawatan antiacne mengandung bahan yang satu ini, namun ia juga bisa didapatkan dalam eksfoliator berkombinasi dengan calicylic acid.

3. Gunakan produk noncomedogenic

Produk dengan label noncomedogenic cenderung menyumbat pori-pori, karenanya ia jadi pemicu jerawat. So, lebih cermat lagi perhatikan label yang kamu pakai. Pastikan kamu menggunakan produk noncomedogenic agar komedo whitehead tidak bersarang di wajah!

Simak juga video berikut:

#GrowFearless with FIMELA

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading