Sukses

Beauty

Manfaat Sabun Arang untuk Kulit yang Sehat Alami

Fimela.com, Jakarta Produk perawatan kulit yang dibuat dari bahan alami, merupakan produk favorit para perempuan, salah satunya sabun arang atau charcoal soap.

Jenis arang yang biasa digunakan sebagai bahan perawata kulit, adalah arang aktif dan arang bambu. Bahan tersebut sering digunakan untuk membuat sabun atau masker. Bahkan zaman sekarang ini, banyak kreasi arang untuk makanan, dan kreasi minuman dari arang.

Berikut manfaat sabun arang, yang baik untuk kulit sehat dan alami, yang sudah dirangkum dari beberapa sumber:

Membantu Mengontrol Minyak Pada Kulit

Sabun arang adalah sabun yang terbuat dari bahan alami, yang berfungsi untuk membantu mengontrol minyak di kulit, sehingga cocok untuk digunakan kulit berminyak. Sabun arang mampu menyerap minyak berlebih, dan bisa membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat minyak, yang bisa menyebabkan jerawat. Sabun arang akan membuat kulit wajah lebih sehat, bersih, lembut dan tidak mengkilap penuh minyak.

Membantu Mencegah Proses Penuaan Dini

Sabun arang memiliki kandungan vitamin B3, yang bisa membantu mencerahkan kulit, dan mencegah penuaan dini. Biasanya penuaan dini ditandai dengan garis kerutan di wajah, noda-noda hitam di wajah, hingga kantong mata yang menggelap. Menggunakan sabun arang secara rutin, bisa membantu mencegah penuaan dini, yang disebabkan karena faktor lingkungan atau usia.

Menyembuhkan Kulit yang Iritasi

Arang aktif dan arang bambu, memiliki manfaat yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka, dan menyembuhkan kulit yang mengalami iritasi. Sabun arang ini juga cocok digunakan untuk kulit kering, dan kulit sensitif, yang sering mengalami iritasi pada kulit. Bahkan kandungan di dalam sabun arang, bisa membantu mengatasi, dan menyembuhkan kulit yang terluka ringan akibat gigitan serangga.

Membantu Menyembuhkan Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering dialami setiap perempuan. Mengobati atau menyembuhkan jerawat bisa menggunakan sabun arang, karena sabun arang memiliki sifat anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi yang ada pada sabun arang, bisa membantu meredakan peradangan pada kulit, yang disebabkan karena jerawat. Rutin membersihkan wajah menggunakan sabun arang, bisa membantu mengeringkan jerawat, apalagi jika disertai menggunakan masker arang.

Bisa Mengobati Eksim

Selain digunakan pada area wajah, kandungan alami yang terdapat di dalam sabun arang, bisa membantu mengurangi atau mengobati eksim pada kulit. Eksim merupakan masalah kulit, yang disebabkan karena kulit kering, dan menimbulkan gatal serta luka. Menggunakan sabun arang, bisa membantu mengobati eksim, karena sabun ini memiliki sifat melembutkan kulit yang kering.

Membantu Proses Eksfoliasi Kulit

Sabun arang biasanya memiliki tekstur yang sedikit kasar, sehingga bisa membantu proses eksfoliasi kulit, untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Biasanya kulit yang jarang melakukan eksfoliasi, akan memiliki warna yang kusam, dan sedikit kusam. Proses eksfoliasi dengan pengangkatan sel kulit mati, juga bisa membantu meregenerasi kulit, akan kulit menjadi lebih sehat dan lebih cerah.

Membantu Mencerahkan Kulit Ketiak

Selain digunakan untuk membersihkan wajah, sabun arang juga bisa digunakan pada ketiak, untuk membantu mencerahkan kulit ketiak. Kulit ketiak yang gelap disebabkan karena kulit kering, yang terlalu sering terkena gesekan baju, atau terkena zat kimia pada deodorant.

Sehingga sabun arang bermanfaat untuk membantu mencerahkan kulit ketiak, karena sabun arang memiliki sifat sebagai eksfoliator, yang bisa mengangkat kulit mati pada ketiak.

Cara Membuat Sabun Arang di Rumah

Sabun arang bisa dibeli di toko. Namun untuk membeli sabun arang, pastikan membeli sabun arang yang sudah ada ijin BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Sabun arang juga bisa dibuat di rumah, dengan menggunakn bahan-bahan yang aman, dan terbuat dari bahan yang alami.

Untuk mendapatkan arang yang bagus, bakarlah batok kelapa, untuk mendapatkan zat baik dari arang batok kelapa. Arang juga bisa didapatkan di toko kecantikan yang menjual bubuk arang aktif, atau bubuk arang bambu, yang sudah disterilkan terlebih dahulu. Kemudian campurkan bubuk arang pada chip soap, yang sebelumnya sudah dilelehkan menggunakan oven, pada suhu 70℃.

Setelah dicampur rata, tambahkan minyak esensial sesuai dengan wangi yang disukai, atau yang memiliki manfaat khusus untuk menyembuhkan masalah kulit. Setelah adonan tercampur rata, cetaklah sabun pada wadah silikon. Dan simpan pada lemari es selama kurang lebih 2 hingga 3 hari. Sabun yang sudah disimpan di lemari es, sudah bisa digunakan secara rutin, untuk mendapatkan hasil kulit yang sehat alami.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading