Sukses

Beauty

Kenali Jenis dan Gejala Penyakit Kulit Rosacea

Fimela.com, Jakarta Rosacea merupakan masalah kulit wajah, yang biasanya ditandai dengan kulit kemerahan, serta timbulnya bintik-bintik yang hampir sama seperti jerawat. Rosacea bisa menyebabkan wajah membengkak, gatal, terasa tebal dan pembuluh darah terlihat.

Masalah kulit ini bisa menyerang siapa saja. Rosacea juga bisa disebabkan karena banyak hal, dan bisa disembuhkan dengan obat-obatan maupun bahan alami. Yuk kenali jenis, gejala dan penyebab rosacea, dirangkum dari berbagai sumber:

Penyebab Rosacea

Rosacea merupakan penyakit kulit, yang bisa disebabkan karena beberapa faktor, bisa karena faktor genetik dan faktor lingkungan. Rosacea bisa terjadi karena terlalu sering terpapar sinar matahari, angin, suhu udara yang terlalu dingin atau terlalu panas.

Rosacea juga bisa timbul akibat mengonsumsi makanan pedas, minuman panas, minuman beralkohol atau berkafein. Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan rosacea, seperti obat tekanan darah tinggi, yang bisa membuat pembuluh dasar melebar.

Salah menggunakan produk kecantikan, stres berat, dan olah raga terlalu berat juga menjadi penyebab rosacea.

Jenis dan Gejala Rosacea

Penyakit kulit atau masalah kulit rosacea, terbagi kedalam 4 jenis, yang memiliki ciri berbeda-beda. Yang pertama yaitu Rosacea Eritematotelangiektasis, yang memiliki ciri wajah kemerahan permanen, dan pembuluh darah terlihat di permukaan kulit.

Jenis rosacea yang pertama juga menyebabkan kulit bersisik, kering, hingga muncul ruam di kulit wajah. Jenis yang kedua yaitu Rosacea Papulopustular, yang memiliki ciri-ciri munculnya ruam dan kemerahan terus-menerus di wajah, disertai dengan munculnya bintil atau benjolan kecil seperti jerawat

Yang ketiga adalah Rosacea Fimatosa memiliki ciri-ciri seperti terjadi penebalan pada kulit wajah. Sedangkan yang keempat yaitu Rosacea Okular, yang memiliki ciri mata merah kelopak mata bengkak.

Pengobatan Rosacea

Rosacea merupakan masalah kulit, yang bisa diobati dengan beberapa obat, serta tindakan dokter. Jika memiliki gejala rosacea, lebih baik segera konsulasikan ke dokter, agar lebih cepat disembuhkan.

Biasanya dokter akan memberikan obat seperti brimonidine (Mirvaso) berbentuk gel, untuk membantu mengurangi kemerahan, dan antibiotik untuk membunuh bakteri di dalam tubuh. Beberapa dokter juga menyarankan untuk melakukan laser kulit, untuk membantu mengecilkan pembuluh darah, dan menyamarkan kemerahan di wajah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading