Sukses

Beauty

Urutan Skincare untuk Kulit Dewasa yang Tepat agar Dapatkan Hasil Optimal

Fimela.com, Jakarta Dibanding dengan makeup, perempuan kini lebih tertarik untuk menginvestasikan dana kecantikan pada skincare. Alasannya simple saja karena perawatan skincare bisa memperbaiki sekaligus merawat tekstur kulit wajah menjadi sehat dan bersih sehingga aura cantik nan alami menjadi lebih terpancar.

Berbeda dengan penggunaan makeup yang terkesan tidak alami, apalagi jika pengaplikasiannya dilakukan secara berlebihan. Lagipula terlalu sering mengandalkan makeup bisa membuat kulit menjadi rusak dan menimbulkan masalah lainnya pada kulit wajah, misalnya kulit kering dan juga jerawat.

Itulah alasannya mengapa skincare lebih banyak diminati, namun masalah juga tidak berhenti sampai disitu saja. Banyaknya produk skincare yang ditawarkan terkadang membuat kita bingung untuk menentukan urutan pemakaiannya. Alih-alih memakai banyak produk skincare untuk terlihat terawatt, namun kamu tidak mendapatkan hasilnya secara maksimal karena salah urutan pemakaiannya.

Untuk itu, Fimela.com kali ini akan mengulas urutan pemakaian skincare malam yang tepat agar kulit terjaga optimal. Ulasan ini bisa menjadi panduan untuk kamu agar perawatan diri bisa dilakukan dengan lebih maksimal. Dilansir dari Liputan6.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Step 1: Pembersihan Wajah dengan Makeup Remover dan Cleanser

Urutan penggunaan skincare malam yang pertama tentunya adalah makeup remover. Tahapan ini merupakan langkah yang paling penting. Kamu harus selalu membersihkan sisa makeup atau produk kosmetik di malam hari. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kesehatan kulit dan mencegah efek negatif dari produk makeup yang tersisa.

Setelah wajah bersih dari makeup, urutan penggunaan skincare selanjutnya adalah membersihkan wajah. Kamu juga bisa melakukan eksfoliasi terlebih dahulu, sehingga sisa kotoran dan sel-sel mati pada kulit dapat hilang dengan lebih sempurna. Namun, eksfoliasi ini cukup dilakukan satu kali dalam seminggu saja.

Dengan wajah yang telah bersih dari makeup dan kotoran, kamu bisa melanjutkan urutan penggunaan skincare malam dengan mencuci wajah. Pilih cleanser yang sesuai dengan jenis kulitmu agar kulit benar-benar bersih sempurna.

Step 2: Pemakaian Toner dan Serum

Berikutnya, setelah wajah selesai dibersihkan dengan double cleanser, urutan berikutnya ialah menggunakan toner. Kamu bisa menggunakan toner setelah wajah bersih dan kering. Toner merupakan cairan yang mengandung bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah-masalah tertentu. Kamu bisa menerapkan cara ini dengan mengusap toner menggunakan kapas sebagai pembersih wajah.

Setelah menggunakan toner, urutan penggunaan skincare malam berikutnya adalah facial serum. Serum mengandung berbagai bahan aktif, dari vitamin hingga antioksidan, yang khusus mengatasi masalah kulit yang lebih spesifik, misalnya mengatasi jerawat.

Bahan aktif dalam serum mampu menembus bagian terdalam kulit lebih cepat, mudah, dan efisien daripada pelembap wajah biasa. Setelah menggunakan serum, tunggu selama 10 menit hingga serum benar-benar meresap pada kulit. Baik pagi maupun malam hari, tetap penting untuk menggunakan serum secara rutin.

Step 3: Mengaplikasikan Krim Mata dan Krim Malam

Berikutnya, langkah terakhir sebelum kamu tidur ialah mengaplikasikan eye cream atau krim mata. Tahapan ini tentunya sangat penting untuk kamu yang punya masalah mata panda atau kantung mata. Oleskan sedikit krim langsung ke area sekitar mata, kemudian tunggu 3-5 menit sampai sisa bahan krim mata benar-benar meresap ke dalam kulit. Mengaplikasikan krim mata (eye cream) sebelum tidur sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit di area mata setiap harinya.

Urutan penggunaan skincare malam yang terakhir adalah menggunakan krim malam atau pelembap. Oleskan pelembab wajah merata ke seluruh wajah dan leher, dan pijat hingga semua bahan meresap. Penggunaan krim malam atau pelembap bertujuan agar kelembapan kulit senantiasa terjaga, sehingga saat bangun di pagi hari kulit bisa terasa lebih lembut dan segar.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading