Sukses

Beauty

5 Cara Membersihkan Komedo dengan Bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Masalah kulit wajah yang mengganggu perempuan tidak hanya soal jerawat, tetapi juga masalah komedo. Komedo merupakan benjolan kecil berwarna putih atau hitam yang muncul di pori-pori kulit wajah. Munculnya komedo biasanya jadi cikal bakal timbulnya jerawat. Sebenarnya komedo tidak menyebabkan rasa sakit kecuali jika komedo mengalami infeksi. Kalau komedo tidak mengalami infeksi maka jerawat pun juga tidak akan muncul.

Meskipun terlihat sepele, komedo bisa memengaruhi tesktur dan juga penampilan wajah seseorang. Adanya komedo di wajah membuat hasil akhir make up jadi tidak flawless. Alhasil kita jadi panik dan sembrono memilih skincare untuk mengobati komedo membandel pada wajah. Tidak jarang produk yang kita pilih justru memperparah kondisi komedo, bukan malah menyembuhkan.

Nah, daripada kamu salah bereksperimen dengan produk skincare untuk membersihkan komedo, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan dengan bahan-bahan yang alami. Selain lebih aman, menggunakan bahan alami juga bisa menghemat pengeluaran dan memperkecil efek samping pada kulit wajah.

Nah, untuk itu, kamu perlu tahu bahan alami apa saja yang bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan komedo. Fimela.com kali ini akan mengulas 5 cara membersihkan komedo dengan bahan alami. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Air Perasan Jeruk Nipis

Cara membersihkan komedo dengan bahan alami yang pertama ialah dengan menggunakan jeruk nipis. Kandungan anti-oksidan dan vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati, karenanya perasan air jeruk nipis juga sangat cocok kamu jadikan pilihan untuk mengobati komedo.

Caranya mudah sekali, cukup dengan peras buah jeruk nipis lalu oleskan air perasaan tersebut pada area wajah yang berkomedo, diamkan selam 10-15 menit, boleh sambil menggunakan kipas karena rasanya cenderung perih. Setelah itu baru cuci dengan air bersih.

Tomat

Cara membersihkan komedo dengan bahan alami ialah memanfaatkan kandungan tomat. Tomat ternyata juga memiliki salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah komedo. Antioksidan yang terkandung di dalam tomat dapat mengangkat bakteri penyebab munculnya komedo. Selain bisa menghilangkan komedo tomat juga bisa membuat wajah terasa jauh lebih halus.

Kamu bisa jadikan tomat sebagai masker wajah, caranya pun sangat mudah, kamu hanya perlu menghaluskan tomat dan oleskan pada seluruh wajah atau hanya area yang berkomedo saja, lalu diamkan 10-15 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Garam

Ketiga, cara membersihkan komedo dengan bahan alami yang bisa kamu manfaatkan ialah garam. Garam merupakan salah satu bumbu yang wajib selalu ada di dapur setiap rumah. Selain harganya yang murah ternyata garam juga memiliki manfaat untuk merawat kecantikan karena garam bisa kamu gunakan untuk mengobati komedo.

Larutkan garam secukupnya dalam air panas di dalam mangkuk besar, usahakan meletakannya pada posisi yang lebih tinggi dari tempat dudukmu. Posisikan wajahmu di atas baskom biarkan uap panasnya membuka pori-pori di wajahmu agar kamu lebih mudah mengeluarkan komedo.

Madu Murni

Keempat, madu murni juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan komedo. Madu murni tidak hanya berkhasiat untuk tubuh tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Madu sudah digunakan oleh masyarakat di berbagai belahan dunia sejak 2500 tahun yang lalu. Salah satunya di daratan Eropa dan Asia madu menjadi salah satu asupan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan memelihara kecantikan.

Maka dari itu tak heran lagi kalau madu murni juga bermanfaat untuk mengatasi masalah komedo. Cukup oleskan madu secara merata pada kulit wajah, diamkan kira-kira selama 20 menit barulah bilas dengan air bersih.

Buah Strawberry

Terakhir, bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan jerawat ialah buah strawberry. Kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) pada strawberry bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah. Sedangkan asam salisilat dalam strawberry dipercaya berkhasiat untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo.

Caranya adalah sediakan dua buah strawberry atau lebih, usahakan pilih yang sudah matang. Tambahkan madu atau sari lemon, oleskan pada wajah sembari dipijat selama beberapa menit. Kemudian bilas dengan air hangat sampai bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading