Sukses

Beauty

5 Manfaat Tomat untuk Wajah yang Jarang Diketahui

Fimela.com, Jakarta Dari sekian banyak buah dan sayuran yang punya manfaat baik untuk kesehatan kulit wajah, kamu pasti tahu bahwa tomat adalah salah satunya. Buah tomat memang sudah dikenal mempunyai berbagai macam kandungan baik yang berguna untuk perawatan kulit. Kandungan vitamin A, C, dan antioksidan yang banyak terkandung dalam buah tomat, dinilai efektif untuk mengatasi kerusakan pada sel-sel kulit wajah.

Bukan hanya itu saja, tomat juga dikatakan sebagai bahan alami yang mampu melembapkan dan menghaluskan kulit. Bahkan tomat juga baik digunakan untuk merawat bibir kering, gelap, dan pecah-pecah. Tidak mengherankan jika tomat sering menjadi bahan utama dalam pembuatan skincare alami.

Saat ini pun sudah banyak produk perawatan kulit dan kecantikan yang menawarkan manfaat luar biasa dari buah tomat. Mulai dari pembersih wajah hingga masker wajah. Nah, ada baiknya jika kamu tahu lebih banyak tentang manfaat tomat untuk kecantikan kulit wajah.

Dilansir dari Liputan6.com, Fimela.com kali ini akan mengulas 5 manfaat tomat untuk wajah yang jarang diketahui. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Menangkal Bahaya Paparan Sinar Matahari

Manfaat tomat untuk wajah yang pertama ialah dapat melindungi wajah dari bahaya paparan sinar matahari. Manfaat ini didapatkan dari kandungan likopen yang banyak terdapat pada buah tomat.

Konsumsi buah tomat yang mengandung banyak likopen dipercaya mampu memberikan perlindungan kulit dari sinar UV yang bisa menyebabkan berbagai permasalahan kulit. Meski begitu, perlu diketahui bahwa tomat tidak berfungsi sebagai pengganti tabir surya.

Berdasarkan penelitian tahun 2006, ditemukan bahwa 10 – 12 minggu mengonsumsi buah tomat yang kaya akan likopen terbukti dapat menurunkan sensitivitas kulit terdapat radiasi sinar UV. Dengan begitu, konsumsi buah tomat secara rutin, bisa membantu kulit wajah tetap sehat dan risiko terjadinya gangguan kulit pun bisa diminimalisir.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat buah tomat untuk wajah yang kedua adalah dapat membantu penyembuhan luka. Vitamin C tinggi yang terdapat dalam buah tomat mampu merangsang pertumbuhan jaringan ikat baru, serta membantu memperbaiki dan mempercepat penyembuhan luka.

Selain itu, tomat juga mempunyai beberapa kandungan anti-peradangan seperti likopen, beta karoten, lutein, vitamin E dan C.

Senyawa ini dapat bekerja membantu mengurangi rasa sakit serta gejala iritasi seperti kulit terbakar atau panas. Selain itu, kandungan ini juga sangat bermanfaat untuk membantu menyamarkan bekas jerawat kehitaman maupun kemerahan.

Meningkatkan Produksi Kolagen pada Kulit Wajah

Manfaat buah tomat untuk wajah yang ketiga dan tidak kalah penting adalah mampu meningkatkan produksi kolagen. Manfaat ini lagi-lagi didapatkan dari kandungan vitamin C yang terdapat pada buah tomat.

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, vitamin C juga bermanfaat untuk merangsang produksi kolagen. Dengan begitu, tomat sangat baik diaplikasikan pada bagian wajah dan bibir untuk membuatnya lebih sehat dan kencang.

Selain itu, kandungan vitamin B yang ada pada tomat juga dapat membantu mencegah gejala penuaan dini. Vitamin B ini bekerja mengurangi flek hitam tanda penuaan, maupun garis-garis atau kerutan halus. Vitamin B juga berperan membantu memperbaiki sel permukaan kulit dan melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari.

Efektif Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat buah tomat untuk wajah yang keempat ialah efektif dalam mengangkat sel kulit mati. Manfaat ini dapat digunakan sebagai perawatan wajah dan bibir agar menjadi lebih sehat. Dalam hal ini, kamu bisa membuat scrub wajah dan bibir alami dari buah tomat.

Caranya mudah, ambil satu buah tomat dan campurkan dengan sedikit gula pasir kemudian haluskan hingga menjadi tekstur yang lembut. Setelah itu, aplikasikan pada wajah dan bibir dan gosok dengan gerakan lembut.

Kamu juga bisa menjadikan tomat sebagai bahan masker alami, yaitu dengan menghaluskan buah tomat lalu oleskan pada wajah secara merata. Tunggu hingga beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading