Sukses

Beauty

3 Cara Merawat Oily Dehydrated Skin agar Tetap Lembap

Fimela.com, Jakarta Sebagian orang pernah merasakan memiliki kulit yang berminyak, tetapi kulit terasa kering dan teksturnya kasar. Jenis kulit ini sering disebut denganĀ oily dehidrated skin atau kulit berminyak tetapi kering.

Jenis kulit yang satu ini disebabkan karena kondisi kulit yang dehidrasi, yang kekurangan kadar air di dalam kulit, kemudian memproduksi minyak alami di kulit secara berlebih.

Jika tidak segera melakukan perawatan yang tepat, kondisi kulit ini bisa memicu munculnya jerawat, komedo, kulit bertekstur dan bisa mengalami penuaan dini.

Agar kondisi kulit yang dehidrasi ini segera teratasi, berikut cara merawat oily dehydrated skin agar kulit wajah tetap lembap, yang dilansir dari berbagai sumber:

Penyebab Oily Dehydrated Skin

Ada beberapa kebiasaan yang dilakukan dan kesalahan dalam merawat wajah, yang bisa menyebabkan kulit wajah dehidrasi atauĀ oily dehydrated skin,Ā baik yang kita sadari maupun tidak disadari.

Kesalahan merawat wajah yang menjadi penyebabĀ oily dehydrated skin,Ā yaitu menggunakanĀ skincareĀ yang mengandung alkohol, mengandung parfum, melewatkan penggunaan pelembap dan tidak menggunakanĀ sunscreen.

Sedangkan kebiasaan buruk yang sering dilakukan, sehingga menyebabkan kulit menjadi dehidrasi adalah sering mengonsumsi alkohol, merokok, kurang tidur, kurang air minum, tidak olahraga dan mengonsumsi makanan cepat saji yang sedikit nutrisi.

Ciri-Ciri Oily Dehydrated Skin

Mungkin tidak semua orang menyadari kalau sedang mengalami kondisi kulit yang dehidrasi, karena kondisi ikulit ni bisa terjadi sementara saja, saat kandungan air di dalam lapisan kulit dan tubuh menipis.

Ciri-ciriĀ oily dehydrated skinĀ yang sering dirasakan, adalah setelah membersihkan wajah denganĀ facial wash,Ā kulit wajah akan terasa kaku, ketarik dan kering.

Selain itu, kulit memiliki tekstur yang kasar,Ā makeupĀ susah menempel di wajah, pori-pori terlihat membesar, munculnya garis putih dan kerutan di area wajah serta mata.

Kandungan untuk Oily Dehydrated Skin

1. Hyaluronic Acid

KandunganĀ skincareĀ yang bisa merawat kulit dehidrasi, yaitu kandunganĀ hyaluronic acidĀ yang berbahan dasar humektan. Kandungan ini bisa membantu menjaga kelembapan kulit, mengunci air dan meningkatkan produksi kolagen.

2. Niacinamide

KandunganĀ niacinamideĀ juga bisa mengatasi kulit yang dehidrasi. Kandungan ini bisa memperbaikiĀ skin barrierĀ yang rusak, melembapkan kulit, menyamarkan kerutan dan melindungi kulit dari radikal bebas.

3. Ceramides

Kandungan yang terakhir adalahĀ ceramides.Ā Kandungan ini sering terdapat dalam pelembap dan serum wajah, yang berfungsi untuk mengunci kadar air di dalam kulit dan membuat kulit tetap terhidrasi.

Cara Merawat Oily Dehydrated Skin

1. Face Wash

Cara pertama untukĀ merawat oily dehydrated skin, yaitu menggunakanĀ face washĀ yang memiliki teksturĀ gentle. Kamu bisa menggunakanĀ face washĀ teksturĀ foamĀ atauĀ mild,Ā yang tidak meninggalkan residu di wajah.Ā GunakanĀ face washĀ yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit, dan gunakan sehari maksimal 2 kali saja.

2. Serum

Cara yang kedua adalah menggunakan serum, yang bisa merawat kulit dehidrasi. Gunakan serum yang memiliki kandunganĀ hyaluronic acidĀ danĀ niacinamide, agar tekstur kulit tetap halus, lembap dan terhidrasi.

3. Moisturizer

Cara yang terakhir adalah menggunakanĀ moisturizerĀ atau pelembap,Ā yang memiliki kandunganĀ ceramidesĀ atauĀ niacinamide, yang teksturnya tidak terlaluĀ creamy agar cepat meresap ke dalam lapisan kulit. Usahakan untuk menggunakan pelembap yangĀ oil free, agar tidak menyumbat pori-pori dan memicu munculnya komedo.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading