Sukses

Beauty

Rekomendasi Micellar Water yang Aman untuk Kulit Sensitif

Fimela.com, Jakarta Dalam dunia kecantikan, dikenal dengan istilah double cleansing atau membersihkan wajah dengan dua tahapan, yaitu tahapan pertama menggunakan micellar water yang dilanjut dengan penggunaan facial wash.

Micellar water adalah produk pembersih wajah yang berbahan dasar air, yang sangat mudah dan cepat mengangkat makeup maupun kotoran di wajah. Produk micellar water ini sangat populer dan banyak dijual di pasaran dengan harga yang terjangkau.

Tetapi tidak semua produk micellar water bisa digunakan untuk kulit sensitif. Seperti yang kita ketahui, kulit sensitif akan sangat mudah bereaksi, saat terkena kandungan bahan aktif dalam produk skincare. Untuk menghindari iritasi pada kulit sensitif, berikut rekomendasi micellar water yang aman digunakan untuk kulit sensitif, dilansir dari berbagai sumber:

Manfaat Lain Micellar Water Selain Membersihkan Makeup

Selain digunakan untuk membersihkan makeup yang waterproof, ternyata micellar water juga memiliki manfaat yang lainnya. Berikut manfaat micellar water yang lainnya:

1. Membersihkan Kuas Makeup

Kuas makeup adalah alat yang digunakan untuk mengaplikasikan makeup ke wajah. Sehingga kuas makeup ini harus selalu dirawat dan dibersihkan, agar bulunya tetap halus dan bebas dari bakteri. Cara menggunakan micellar water untuk membersihkan kuas adalah merendam kuas dalam mangkuk yang berisi micellar water, lalu angkat, bilas di air mengalir dan keringkan.

2. Membersihkan Noda di Pakaian

Kalau ada noda yang menempel di pakaian, jangan panik terlebih dahulu. Ambil micellar water, lalu teteskan micellar water ke noda pakaian, dan bersihkan menggunakan tisu.

3. Memperbaiki Produk Makeup yang Rusak

Biasanya produk makeup yang rusak bisa diperbaiki dengan alkohol. Seperti bedak tabur atau eyeshadow yang pecah. Jika tidak memiliki alkohol, kamu bisa menggunakan beberapa tetes micellar water untuk menyatukan bubuk makeup yang pecah.

4. Membuat Eye Shadow Lebih Pigmented

Selain menggunakan base untuk eyeshadow, kamu bisa menyelupkan kuas eyeshadow ke dalam micellar water, lalu kuaskan ke eyeshadow dan aplikasikan ke area mata. Maka eyeshadow akan terlihat lebih pigmented.

5. Melepas Bulu Mata Palsu

Bulu mata palsu yang menempel erat di kelopak mata, bisa dilepas menggunakan micellar water. Caranya dengan merendam cotton pad ke dalam micellar water, lalu tempelkan cotton pad ke kelopak mata selama beberapa menit, dan lepaskan bulu mata palsu dari kelopak mata.

Tips Memilih Micellar Water untuk Kulit Sensitif

Karena kulit sensitif sangat mudah bereaksi terhadap kandungan bahan aktif di dalam produk skincare, maka berhati-hatilah saat memilih kandungan di dalam produk skincare seperti micellar water. Saat kulit sensitif bereaksi terhadap bahan aktif, kulit akan memerah, terasa gatal atau panas, bahkan bisa memicu munculnya beruntusan atau pengelupasan kulit.

Saat memilih micellar water untuk kulit sensitif, hindari produk yang memiliki kandungan AHA, BHA, alkohol, parfum dan paraben. Walaupun AHA dan BHA adalah kandungan bahan aktif yang baik untuk kulit, tapi sifatnya sebagai eksfoliator bisa menyebabkan kulit jadi iritasi.

Agar kulit tidak kering atau kemerahan setelah menggunakan micellar water, kamu bisa menggunakan micellar water yang kandungannya bersifat anti inflamasi dan calming, seperti aloe vera extract, greentea extract, chamomile extract dan lain sebagainya.

Rekomendasi Micellar Water Kulit Sensitif

1. Wardah Nature Daily Seaweed Cleansing Micellar Water

Rekomendasi micellar water untuk kulit sensitif yang pertama adalah Wardah Nature Daily Seaweed Cleansing Micellar Water. Dengan kandungan balancing seaweed dan cucumber extract, bisa mengangkat makeup dan kotoran di wajah, serta mengembalikan kelembutan kulit yang alami. Produk ini dijual dengan harga sekitar Rp 28ribuan.

2. Garnier Micellar Cleansing Water Rose

Rekomendasi yang selanjutnya adalah Garnier Micellar Cleansing Water Rose. Produk ini memiliki kandungan rose extract, yang bisa membantu membersihkan wajah tanpa menyebabkan kulit iritasi. Produk ini juga bisa menyegarkan wajah dan dijual dengan harga sekitar Rp 30ribuan.

3. Nivea MicellAIR Xpert

Produk dari Nivea MicellAIR Xpert memiliki kandungan ekstrak black tea, blackcurrant dan blackberry, yang bisa mengangkat makeup waterproof, menghidrasi kulit wajah dan sebagai antioksidan. Harga dari produk ini sekitar Rp 35ribuan.

4. Byphasse Micellar Solution

Produk Byphasse Micellar Solution adalah micellar water yang diformulasikan dari 95% bahan alami, sehingga tidak menyebabkan kulit wajah jadi kering atau kemerahan. Produk yang aman untuk kulit kering cenderung sensitif ini dijual dengan harga sekitar Rp 80ribuan.

5. Bioderma Sensibio H2O

Rekomendasi micellar water untuk kulit sensitif yang terakhir adalah Bioderma Sensibio H2O. Produk ini memiliki pH 5,5 yang bisa digunakan untuk kulit sensitif, karena bisa mencegah inflamasi di wajah dan membantu mengangkat kotoran atau makeup di wajah. Harga dari produk ini sekitar Rp 150ribuan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading