Sukses

Beauty

7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan, Dapat Melembapkan Wajah

Fimela.com, Jakarta Lidah buaya dikenal sebagai salah satu obat herbal yang paling banyak digunakan untuk masalah kulit. Karena di dalam lidah buaya terdapat beberapa komponen seperti gel dari tanaman yang dikenal sebagai penyembuhan kulit dari berbagai penyakit ringan. Namun selain untuk menyembuhkan kulit, kamu pasti bertanya-tanya mengenai manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

Tak jarang ternyata lidah buaya digunakan sebagai salah satu produk kecantikan. Hal ini benar, karena kita menggunakan lidah buaya sebagai obat penyakit ringan dapat mempengaruhi kulit kamu. Nah biasanya, jika kamu sedang berada diluar ruangan dan terkena matahari yang menyegat, apakah kamu pernah memikirkan untuk menggosokkan lidah buaya ke kulit? Ternyata lidah buaya ini dapat menenagkan kulit yang hangus.

Coba mungkin kamu memiliki tanaman hijau segitiga berduri di halaman belakang rumah yang tidak kamu ketahui. Karena lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang memiliki segudang manfaat, Jangan khawatir karena kita akan membahas manfaat lidah buaya untuk kecantikan. Berikut adalah manfaat lidah buaya untuk kecantikan :

1. Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki kandungan sebagian besar 95% air, kandungan tersebut dapat menghidrasi kulit tanpa membuat kulit berminyak. Selain itu juga dapat menunci kedalam kulit, lidah buaya juga dapat menjadi lem yang membuat lapisan atas sel-sel kulit mati saling menempel serta menghasilkan kulit yang lebih halus dan lembut.

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif dan berminyak, lidah buaya telah terbukti dapat menjadi pelembap yang sangat baik bagi kecantikan kulit. Jika kamu ingin mencari pelebab yang cocok di musim dingin atay panas, jangan lupa untuk memasukkan lidah buaya sebagai teman kecantikan kulitmu. Lidah buaya juga memiliki beberapa bahan yang alami untuk membantu menutrisi kulit seperti santan, minyak wijen, kapulaga dan minyak zaitun.

Seperti yang kita ketahui lidah buaya tidak seperti pelembab pada umunya karena tidak akan meninggalkan lapisan berminyak pada wajah dan kulit. Faktanya dapat membuka pori-pori dan melembutkan kulit. Kamu dapat mengaplikasikan dengan mengoleskan sedikit gel ke wajah dan dibiarkan selama 5-10 menit, kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan lembut.

2. Menenangkan Sunburn

Selain membuat kulit lebih lembab ternyata lidah buata juga dapat menenagkan sunburn, lidah buaya dikenal sebagai “tanaman bakar” karena tanaman ini sangat efektif dalam menenagkan kulit yang terbakar dari sinar matahari. Lidah buaya mengandung senyawa terntentu yang disebut poliskarida, yang membantu dalam mendorong perbaikan kulita dan sel-sel kulit baru. Selain itu lidah buaya juga mengandung senyawa yang dapat menghilangkan rasa penyakit carboxy peptidase yang dapat memberikan sensasi menenangkan kulit setiap akan mengoleskan lidah buaya.

Namun jika kulit wajah kamu mempunyai tanda-tanda karena kerusakan akibat sinar matahari seperti terbakar sinar matahari dan bintik hitam, kamu dapat mengoleskan lidah buaya diwajah untuk memperlambat masalah tersebut.

Kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya yang dingin dengan 2 atau 3 kali dalam sehari di area yang terbakar sinar matahari. Dan dapat digunakan selama beberapa hari atau sampai warna kulitmu kembali normal.

3. Melawan Jerawat dan Memudarkan Noda

Selanjutnya manfaat lidah buaya untuk kecantikan dapat melawan jerawat sekaligus dapat memudarkan noda, karena lidah buaya mengandung anti inflamasi dan anti bakteri. Lidah buaya juga dapat mencegah bakteri yang berada di area wajah kita. Sedangkan asam salisat dalam lidah buaya juga dapat membantu membuka pori-pori serta menghilangkan bekas luka dan memudarkan noda. Selain itu juga dapat mengurangi garis penuaan, dan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan elastisitas kulit.

Untuk hal tersebut kamu dapat mengaplikasikan gel lidah buaya di wajah, dengan cara menambahkan 2-3 tetes minyak pohon teh ke dalam gel lidah buaya yang baru diambil dan dapat dipijatkan di area wajah. Selain cara tersebut kamu juga dapat menggunakan 1 sendok makan gel lidah buaya dengan tambahan 2-3 tetes lemon segar. Simpan campuran tersebut didalm toples dan taruh di lemari es. Setelah itu kamu dapat mengoleskan ke area wajah atau brekas luka, kamu dapat melakukan ini 2 kali sehari.

4. Memperlambat Tanda-Tanda Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit kita juga akan mulai mengendur, berkendur dan kehilangan elastisitasnya. Namun kamu jangan khawatir, karena lidah buaya dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Selain manfaat lidah buaya untuk mengurangi kerutan dan garis halus juga dapat meningkatkan elasisitas kulit dan memperbaiki sel-sel kulit. Sehingga dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Lidah buaya juga memiliki vitamin C dan E, beta-karotin yang melimpah. Karena itu hal ini yang membuat lidah buaya sebagai sifat anti-penuaan. Hal ini juga dapat mengandung sifat antimikroba dan anti-inflamasi, hal ini yang dapat menghilangkan noda kulit dan mengurangi garis usia. Dan dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan elastisitas kulit.

5. Membantu Masalah Iritasi Kulit

Selanjutnya manfaat lidah buaya untuk kecantikan dapat membantu masalah iritasi kulit. Lidah buaya dikenak sebagai salah satu tanaman super untuk kulit sensitif, karena memiliki sifat pendingin yang membantu menenagkan, infeksi, ruam dan gatal. Senyawa acemannan dalam lidah buaya juga dapat mengandung sifat anti jamur dan membantu mengobati masalah kulit inflamasi seperti kista. Tak heran jika lidah buaya biasa dijadikan sebagai salah satu perawatan untuk kulit.

6. Membersihkan Kulit

Kemudian lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki serta memulihkan kulit. Hal ini juga berkaitan dengan manfaat lidah buaya yang dapat mengobati kulit terbakar, bekas jerawat, bintik hitam serta dapat membersihkan penumpukan oleh paparan polusi dan kotoran. Dengan menggunakan lidha buaya sebagai bahan utama untuk membersihkan kamu juga dapat mendapatkan semua manfaat untuk kebersihan kulit.

7. Membantu Pengelupasan Kulit

Asam salisat yang terkandung dalan gel lidah buaya juga dapat menjadi eksfoliator dengan mengelupaskan sel-sel kulit mati dengan lembut. Sedangkan lignin dalam lidah buaya dapat meningkatkan efek penetrasi bahan lain ke dalam kulit.

Nah sekarang kamu tahu kan manfaat lidah buaya untuk kecantikan sangat banyak, nah untuk itu kamu jangan khawatir dengan permasalah kulit kamu. Karena kamu dapat menjadikan lidah buaya sebagai salah satu bahan yang dapat membantu kamu untuk mengalami permasalah kulit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading