Sukses

Beauty

5 Penyebab Bau Ketek, Ternyata Pola Makan Juga Berpengaruh

Fimela.com, Jakarta Ketek yang bau dapat membuat kita kurang percaya diri, hal ini karena masalah yang biasa dihadapi kebanyakan orang sebelumnya. Ketek yang bau biasa disebut sebagai bau badan dan secara teknis sebagai bromhidrosis, namun kamu juga tidak perlu terlalu menghawatirkannya. Namun jika kita memikirkan bau ketek, kita akan langsung memikirkan bau yang tak sedap berasal dari tubuh kita.

Perubahan bau tersebut juga dapat terjadi karena masa pubertas bagi seorang anak remaja, biasanya mereka akan mulai mengeluarkan keringat yang berlebih. Perubahan lainnya juga dapat disebabkan karena lingkungan, obat-obatan, atau makanan.

Banyak orang juga mengalami bau ketek dari waktu ke waktu, saat berkeringat cairan tersebut dapat bercampur dengan bakteri di kulit. Saat mongering dapat menyebabkan bau yang tidak sedap, Selain itu kamu juga perlu untuk mengatasi permasalahan bau ketek, dengan membantu untuk  meminimalkannya serta mencegah bau ketek. Untuk kamu yang mengalami bau ketek, dapat mencari tahu di bawah ini apa saja penyebab bauk ketek :

1. Infeksi

Biasanya kulit yang infeksi juga dapat menyebabkan bau badan yang tak sedap, bakteri di kulit ini juga dapat terinfeksi dan menghasilkan keringat berurea. Keringat inilah yang dapat membuat bau yang tak sedap uncul, jika kamu mengalami kulit yang infeksi sebagaiknya langsung mengatasi kulit tersebut agar mikroorganisme tidak semakin berkembang.

2. Konsumsi Obat-Obatan terntentu

Ternyata beberapa obat juga memiliki efek samping yang berkaitan dengan bau ketek lho. Karena jika kamu mengonsumsi obat-obatan secara berlebihan dapat menghasilkan keringat berlebih bilsa dikonsumsi. Serta obat-obatan juga dapat menyebabkan, bau badan seperti antipsikotik dan antidepresan. Jika kamu mengonsumsi aspirin dan acetaminophen dalam jumlah yang berlebihan dapat memproduksi keringat yang berlebih.

3. Pola Makan

Tak hanya mengonsumsi obat-obatan yang berlebihan, ternyata makanan dan minuman dapat memengaruhi aroma tubuhmu lho. Walaupun makanan mengandung nutrisi yang baik untukmu, kamu juga perlu untuk memilih makanan yang sehat untuk tubuh. Mengapa makanan dapat menjadi penyebab bau ketek, hal ini dikarenakan dalam makanan mengandung zat-zat yang dapat menyebabkan bau badan.

Seperti bawang merah dan bawang putih adalah salah satu penyebab bau ketek yang paling populer. Rempah-rempah juga dapat menjadi salah satu penyebabnya, karena mengandung zat alisin. Jika kamu pecinta sayuran, ada beberapa sayuran yang membuat keringat yang dihasilkan tubuh berbau tak sedap seperti brokoli, kubis dan sayuran lainnya yang termasuk cruciferous. Karena sayuran juga mengandung sulfur dan sulfide di dalamnya.

4. Penyakit

Biasanya, keringat yang berlebih juga dapat menjadi pertanda penyakit tertentu, salah satunya yaitu diabetes. Untuk para pengidap diabetes biasanya akan kesulitan mengontrol gula dalam darah, serta dapat menggantikannya dengan glukosa. Jika kamu menggantikannya dengan glukosa, tubuh akan memanfaatkan lemak sebagai bahan bakar pengganti. Selain diabetes penyakit yang dapat menyebabkan bau badan tak sedap, adalah ginjalm liver dan disfungsi metabolisme.

5. Gangguan Metabolisme

Dan yang terakhir salah satu penyebab bau ketek adalah masalah gangguan metabolism, kondisi ini biasa disebut sebagai trimethylaminuria. Hal ini dikarenakan tubuh kehilangan kemampuan untuk memecah hormone trimentilamina yang dikarenakan beberapa makanan tertentu. Akan tetapi jika hormone yang tidak terpecah akan dikeluarkan melalui keringat, napas, maupun urin yang memiliki bau amis dan tak sedap. Kamu juga dapat mentasinya dengan menggunakan deodorant atau dapat mengatur pola makan.

Nah, di atas adalah beberapa penyebab bau ketek, jika kamu memiliki masalah tersebut pastikan untuk mencari tahu penyebabnya serta mencari cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pastikan kamu juga selalu menjaga kebersihan dan kesehatan ketiakmu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading