Sukses

Beauty

7 Penyebab Rambut Kasar yang Jarang Disadari Beserta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Punya rambut lembut, halus, dan gampang diatur sudah pasti jadi impian banyak perempuan. Bukan tanpa alasan, pasalnya rambut indah pastinya bisa menunjang penampilan.

Namun, tidak jarang juga beberapa perempuan mengeluhkan kondisi rambutnya yang kering dan juga kasar. Tentu hal ini akan membuat kamu tidak nyaman dan rambut pun menjadi tidak sehat. 

Rambut kasar adalah kondisi rambut kering dan tidak memiliki kelembapan sama sekali. Ketika rambut kering, kutikula akan menjadi kasar. Ketika cuaca lembap, maka rambut akan menjadi semakin kasar, bahkan keriting. Apakah kamu tahu hal lainnya yang juga menyebabkan rambut kasar? Penasaran?

Berikut Fimela.com telah marngkum 7 penyebab rambut kasar yang jarang disadari beserta cara mengatasinya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Rambut Kasar Akibat Kebiasaan Buruk

1. Menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung sulfat

Sulfat telah terbukti dapat membuat rambut semakin kasar. Sulfat juga dapat mengelupas minyak alami dari rambut yang membuatnya tetap lembap.

2. Menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung alkohol

Produk perawatan rambut yang mengandung alkohol juga bisa membuat rambut terasa kasar, sekaligus menjadikannya semakin rapuh dan mudah kusut. Alkohol dapat benar-benar menyerap kelembapan yang dapat membantu rambut melawan kekeringan.

3. Mencuci rambut dengan air yang sangat panas

Mencuci rambut dengan air yang sangat panas dapat benar-benar menghilangkan minyak alami pada rambut. Jika rambut terasa kasar setelah mencuci rambut, sebaiknya lain kali, cobalah mengurangi tingkatan panasnya.

4. Terlalu banyak menyentuh rambut

Menyentuh rambut justru dapat membuat rambut kusut. Sebaiknya setelah keramas, segera aplikasikan serum rambut dan biarkan sampai benar-benar kering, tanpa menyentuhnya sama sekali.

5. Handuk yang diunakan untuk mengeringkan rambut

Beberapa bahan diketahui terkadang kurang ramah untuk kesehatan rambut kita. Maka dari itu, sebaiknya kamu gunakan handuk yang tepat untuk mencegah rambut menjadi kasar. Rambut basah adalah kondisi rambut yang paling rapuh.

6. Menata rambut dengan alat pemanas

Alat pemanas yang biasa kamu gunakan untuk menata rambut ternyata dapat merusak rambut dan menyebabkannya menjadi kasar. Disarankan jika kamu memang harus menggunakan alat pemanas, maka atur pada tingkatan yang paling rendah.

7. Terlalu banyak menyisir rambut

Menyisir rambut dalam keadaan basah juga dapat mengganggu lapisan luar dan menyebabkan rambut menjadi kasar. Saat rambut dalam keadaan basah, cukup rapikan dengan menggunakan jari-jari saja. 

Cara Mengatasi Rambut Kasar dengan Bahan Alami

Kamu tidak perlu khawatir, rambut yang kasar bisa kembali menjadi halus menggunakan bahan alami, berikut penjelasannya: 

Seledri

Seledri menjadi bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara melembutkan rambut secara alami dan permanen, karena mengandung banyak nutrisi yang diperlukan rambut.

Siapkan sekitar 100 gram seledri yang telah dicuci bersih, kemudian rebus seluruh bagian daun sampai mendidih. Saring dan pisahkan air rebusan sampai menjadi dingin, lalu tambahkan satu sendok makan cuka. Ratakan air rebusan ke seluruh bagian rambut, diamkan sampai mengering, lalu bilas dengan air bersih.

Madu

Salah satu cara melembutkan rambut secara alami dan permanen yakni dengan menggunakan madu. Langkah awal yang perlu dilakukan yakni dengan mencuci rambut, barulah oleskan madu ke seluruh bagian rambut. Diamkan beberapa saat, lalu bilas dengan air hangat sampai bersih.

Minyak zaitun

Kandungan vitamin E dalam minyak zaitun berperan penting untuk menjaga rambut tetap sehat. Cara melembutkan rambut secara alami dan permanen cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan rambut dari pangkal hingga ujungnya.

Diamkan selama 10 menit, lalu cuci rambut dengan sampo hingga bersih.

Cuka dan Minyak Gandum

Salah satu cara melembutkan rambut secara alami dan permanen yakni menggunakan kombinasi cuka dan minyak gandum. Langkah awal yang perlu dilakukan yakni dengan mencuci bersih rambut dengan sampo.

Campurkan 100ml cuka apel dengan satu sendok makan minyak gandum, lalu oleskan campuran tersebut ke permukaan rambut yang masih agak basah. Diamkan kira-kira 10 menit agar meresap, lalu bilas dengan air bersih.

Kemiri

Kemiri tidak hanya bermanfaat menghitamkan dan menebalkan rambut, namun juga bisa menjadi cara melembutkan rambut rusak. Cara yang perlu dilakukan yakni dengan mengoleskan minyak kemiri pada seluruh bagian rambut sembari melakukan pijatan ringan.

Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

 

Minyak Kelapa

Cara melembutkan rambut kasar bisa juga dengan menggunakan minyak kelapa. Cukup dengan mengusapkan minyak kelapa dari pangkal sampai ujung rambut, lakukan pijatan perlahan dan diamkan kira-kira 15 menit.

Setelah itu cuci dengan sampo sampai bersih. Lakukan secara rutin untuk menjaga kelembapan dan sebagai cara melembutkan rambut.

Yogurt dan Telur

Kombinasi antara yogurt dan telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan rambut, salah satunya bisa dijadikan sebagai cara melembutkan rambut kasar.

Campurkan 1 butir telur dan 6 sendok makan yogurt, lalu campurkan sampai merata. Oleskan campuran tersebut ke seluruh permukaan rambut, lalu bungkus rambut dengan handuk dan diamkan selama 10 menit. Selanjutnya bilas rambut dengan air hangat sampai bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading