Sukses

Beauty

5 Penyebab Bulu Mata Rontok dan Cara Merawatnya dengan Alami

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang nggak ingin punya bulu mata lentik? Tentunya setiap perempuan ingin memiliki bulu mata yang lentik dan tidak mudah rontok. Untuk mendapatkan bulu mata yang lentik ini, banyak perempuan rela mengeluarkan uang banyak, untuk membeli maskara atau pasang bulu mata palsu.

Padahal terlalu sering menggunakan bulu mata palsueyelash extension atau maskara, bisa membuat bulu mata asli menjadi mudah rontok. Bulu mata rontok ini bisa membuat rasa kepercayaan diri seseorang menurun, dan riasan bagian mata menjadi kurang menarik.

Agar tidak mengalami kerontokan, Sahabat Fimela harus mulai merawat bulu mata dengan cara alami, dan menghindari beberapa penyebab bulu mata rontok. Berikut penyebab bulu mata rontok dan cara merawatnya:

Penyebab Bulu Mata Rontok

1. Sering Mengucek Mata

Penyebab bulu mata rontok yang pertama adalah sering mengucek mata. Kebiasaan ini sering kita lakukan tanpa disadari. Kebiasaan mengucek mata juga bisa menyebabkan penglihatan menjadi buram. Sebaiknya kurangi kebiasaan buruk ini agar bulu mata tidak mudah rontok.

2. Sering Menggunakan Maskara

Maskara adalah makeup yang bisa membuat bulu mata terlihat lebih panjang dan lentik. Tetapi terlalu sering menggunakan maskara, justru membuat bulu mata jadi mudah rontok. Karena maskara memiliki kandungan yang bisa membuat bulu mata menjadi kaku, seperti kandungan maskara waterproof. Hal ini bisa membuat maskara jadi susah dihilangkan, dan menempel di bulu mata dalam waktu lama. Apalagi jika kamu sering menjepit bulu mata sebelum menggunakan maskara.

3. Menggunakan Bulu Mata Palsu

Penggunaan bulu mata palsu ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering. Karena lem yang digunakan untuk menempelkan bulu mata palsu ini, memiliki kandungan bahan kimia yang bisa membuat kelopak mata gatal dan bulu mata rontok. Biasanya bulu mata akan rontok saat kamu melepaskan bulu mata palsu itu.

4. Radang Kelopak Mata

Kelopak mata adalah bagian yang sensitif dan mudah terkena reaksi alergi. Jika kelopak mata mengalami peradangan atau infeksi, maka area mata akan terasa gatal, sakit, panas dan bulu mata akan rontok. Kondisi ini dikenal dengan istilah blefaritis, dan biasanya disebabkan karena infeksi kuman, bakteri dan pemicu alergi yang menempel di kelopak mata.

 

5. Alopecia

Penyebab bulu mata rontok yang terakhir adalah alopecia, yang disebabkan karena penyakit autoimun. Selain menyebabkan bulu mata rontok, penyakit ini juga bisa membuat alis rontok, rambut rontok dan bulu di tubuh rontok.

Cara Merawat Bulu Mata Agar Tidak Rontok

1. Lidah Buaya

Cara pertama merawat bulu mata agar tidak rontok, yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Karena lidah buaya ini memiliki banyak manfaat untuk menyuburkan bulu atau rambut, dan mencegah kerontokan, karena lidah buaya mengandung vitamin A, vitamin C, thiamin, kalsium, zat besi dan antioksidan.

Cara menggunakan lidah buaya pada bulu mata, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bulu mata dengan menggunakan spoolie. Lalu diamkan selama 1 jam dan bilas dengan air dingin sampai bersih.

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk mencegah kerontokan bulu mata. Karena minyak zaitun memiliki kandungan vitamin A dan vitamin E, yang bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut atau bulu mata, dan membuat bulu mata lebih lebat dan kuat. Cara menggunakannya, yaitu cukup mengaplikasikan minyak zaitun ke bulu mata dengan spoolie, lalu diamkan minyak zaitun semalaman dan bilas keesokkan harinya.

3. Minyak Kemiri

Cara merawat bulu mata yang selanjutnya, yaitu dengan menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri memiliki kandungan asam linolenic dan asam lemak omega-3, yang bisa membantu membuat bulu mata terlihat lebat.

Cara menggunakan minyak kemiri untuk bulu mata, yaitu dengan mengoleskan minyak kemiri ke bulu mata, biarkan meresap ke bulu mata semalaman dan bilas di keesokan harinya dengan air dingin.

 

Cara Merawat Bulu Mata Agar Tidak Rontok yang Selanjutnya

4. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu bahan alami untuk menyuburkan bulu mata dan mencegah kerontokan. Kandungan kafein dan flavonoid yang terdapat di dalam teh hijau, bisa mempercepat pertumbuhan bulu mata, sehingga terlihat lebih panjang dan lebat.

Cara menggunakannya dengan menyeduh teh hijau di pagi hari, lalu usapkan teh hijau di bulu mata setelah teh menjadi dingin. Kamu bisa mengaplikasikan teh hijau ke bulu mata, dengan menggunakan cotton bud atau bola kapas di pagi hari.

5. Minyak Kelapa

Cara merawat bulu mata yang terakhir adalah dengan minyak kelapa. Minyak kelapa ini memiliki kandungan protein, yang bisa mempercepat pertumbuhan bulu mata, membuat bulu mata panjang dan lentik.

Cara menggunakannya dengan mengaplikasikan minyak ke bulu mata, dengan menggunakan cotton bud atau spoolie. Setelah itu biarkan minyak kelapa meresap semalaman ke bulu mata, dan bilas di pagi hari sampai bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading