Sukses

Beauty

9 Penyebab Kepala Berketombe yang Jarang Disadari, Begini Solusinya

Fimela.com, Jakarta Rambut ketombe sangat mengganggu penampilan, dan membuat kulit kepala menjadi sangat gatal. Ketombe di kepala dapat ditandai dengan adanya serpihan kulit yang warnanya putih dan keabu-abuan, yang biasanya menempel di rambut dan jatuh di area bahu.

Ketombe di kepala juga bisa membuat rambut jadi bau apek. Bahkan rambut berketombe menyebabkan rambut terlihat lebih kusam, kusut dan menyebabkan kerontokan. Sehingga ketombe di kepala harus segera diatasi.

Sayangnya, beberapa orang tidak menyadari penyebab munculnya ketombe sehingga masalah ketombe terus muncul walaupun sudah coba diatasi. Jadi, apa saja penyebab kepala berketombe?

Berikut Fimela.com kali ini telah merangkum 9 penyebab kepala berketombe yang jarang disadari beserta solusi untuk mengatasinya. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Adanya Infeksi Jamur hingga Kulit Kepala yang Kering

1. Infeksi Jamur di Kepala

Penyebab kepala berketombe adalah karena adanya infeksi jamur di kepala. Jamur yang biasanya menginfeksi kulit kepala disebut dengan jamur Malassezia globosa. Jamur ini muncul karena adanya penumpukan minyak di kulit kepala. Jamur akan menyerap minyak tersebut, dan menyebabkan kulit kepala gatal, kering, serta muncul ketombe.

2. Jarang Keramas

Keramas yang terlalu sering memang tidak baik untuk rambut akan tetapi keramas yang jarang juga tidak baik untuk kesehatan rambut kamu. Saat kita tidak cukup kramas maka minyak akan menumpuk dan menyebabkan kulit berketombe

3. Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering adalah salah satu penyebab ketombe yang paling umum ternyata hal ini akan memperburuk jika kamu selalu memiliki kulit kering. Kulit kering juga terkadang akan kamu rasakan, pilihlah perawatan rambut yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kamu.

Perawatan Rambut yang Buruk hingga Efek Mengonsumsi Makanan

4. Jarang Menyisir Rambut

Salah satu rutinitas sederhana yang nyatanya sangat berpengaruh pada kesehatan rambut adalah menyisir. Menyisir rambut secara berkala dapat mengatasi masalah rambut berketombe. Hal tersebut disebabka oleh gerakan menyisir yang justru mensitimulasi produksi minyak alami. Sehingga kulit kepala akan menjadi lebih lembap.

5. Produk Perawatan Rambut yang Tidak Cocok 

Mengaplikasikan beragam jenis hair treatment memang dapat menjaga kesehatan rambut. Namun, perhatikan komposisi bahan di dalamnya. Pastikan jika perpaduan di dalamnya aman dan tidak menyebabkan ketombe. Selain itu, jangan terlalu sering berkeramasa atau pun mewarnai rambut. Hal tersebut juga berisiko menimbulkan ketombe parah.

6. Mengonsumsi Makanan Manis secara Berlebihan

Salah satu penyebab ketombe adalah kelebihan zat gula dalam darah. Hal tersebut dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang akan memperparah rambut berketombe. Tidak hanya itu, gula ternyata menstimulasi pertumbuhan ragi Candida yang menjadikan kulit kepala dipenuhi oleh seprihan pipih berwarna putih. Gula juga merupakan senyawa yang menghambat kerja dari vitamin B.

Adanya Masalah Kondisi Medis pada Kesehatan Rambut

7. Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak adalah penyebab ketombe di kepala. Penyakit kulit ini diakibatkan karena kulit kepala terlalu sensitif dengan kandungan beberapa produk perawatan rambut. Untuk itu, sebaiknya hati-hati dalam memilih produk perawatan rambut. Hindari menggunakan sampo yang mengandung alkohol dan bahan kimia berbahaya lainnya.

8. Dermatitis Seboroik

Penyebab ketombe yang selanjutnya adalah karena penyakit dermatitis seboroik. Penyakit yang menyerang kulit kepala ini ditandai dengan adanya peradangan di kulit kepala, sehingga kulit kepala akan meradang, muncul kemerahan, jadi kering dan muncul ketombe.

9. Malassezia sp

Malassezia sp adalah salah satu jamur hidupnya di kulit kepala. Jamur ini bisa tumbuh di kulit kepala, saat kondisi kulit kepala sangat lembap, lalu kulit mengalami peradangan dan membuat kulit menjadi bersisik, sehingga menyebabkan ketombe.

Solusi Mengatasi Kepala Berketombe dengan Bahan Alami

Untuk kamu yang tengah mengalami masalah rambut berketombe, ada solusi praktis dan alami yang bisa kamu coba. Berikut beberapa bahan alami yang bisa menjadi solusi untuk masalah kepala berketombe: 

1. Minyak Zaitun

Cara mengatasi ketombe yang pertama, yaitu menggunakan minyak zaitun, yang berfungsi melembapkan kulit kepala, sehingga mencegah munculnya ketombe di kulit kepala yang kering. Kamu bisa mengoleskan minyak zaitun ke area kulit kepala, kemudian pijat-pijat sampai minyak zaitun meresap, diamkan selama 30menit dan bilas dengan air hangat.

2. Minyak Almond

Minyak almon bisa dijadikan sebagai antioksidan alami, yang bisa membantu menghilangkan ketombe. Caranya dengan memijat kulit kepala dengan minyak almon, lalu diamkan selama 30 menit dan bilas sampai bersih.

3. Minyak Kemiri

Cara mengatasi ketombe yang terakhir, yaitu menggunakan minyak kemiri. Minyak kemiri sering dijadikan sebagai penyubur rambut, membuat rambut lebat dan menutrisi kulit kepala yang kering. Aplikasikan minyak kemiri selama 30menit sebelum keramas, lalu pijat-pijat sampai minyak meresap dan bilas dengan air hangat.

4. Bawang Merah

Bawang merah dipercaya bisa membantu mengurangi peradangan kulit kepala, yang menyebabkan ketombe. Caranya dengan menghaluskan bawang merah yang sudah dikupas kulitnya, kemudian meratakan bawang merah ke kulit kepala, diamkan maksimal 10 menit dan bilas sampai bersih.

5. Garam

Garam biasanya digunakan untuk menambah cita rasa asin pada masakan. Bumbu dapur ini ternyata bisa membantu mengatasi ketombe dan mengangkat sel kulit mati, dengan cara menggosokkan garam secara langsung di kulit kepala, lalu diamkan sebentar dan bilas sampai bersih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading