Sukses

Beauty

9 Makanan Penyebab Jerawat dan Komedo yang Harus Dihindari

Fimela.com, Jakarta Jerawat dan komedo adalah masalah kulit yang sering dialami perempuan. Ada banyak sekali penyebab jerawat dan komedo. Salah satu penyebabnya adalah salah mengonsumsi makanan yang tidak baik untuk kulit.

Makanan penyebab jerawat dan komedo, bisa meningkatkan produksi minyak di wajah. Sehingga makanan ini tidak baik dikonsumsi. Seperti yang kita ketahui, jerawat dan komedo muncul di kulit wajah yang berminyak. Ada baiknya menghindari makanan penyebab jerawat dan komedo, agar peradangan jerawat segera sembuh.

Makanan penyebab jerawat dan komedo memiliki kandungan lemak jenuh, yang tidak baik untuk kesehatan. Bahkan makanan ini bisa menyebabkan obesitas dan menimbulkan komplikasi penyakit. Berikut makanan penyebab jerawat dan komedo yang harus dihindari, dilansir dari beberapa sumber:

Makanan Penyebab Jerawat dan Komedo

1. Produk Olahan Susu Sapi

Makanan penyebab jerawat dan komedo yang pertama, yaitu produk olahan susu sapi. Produk olahan susu sapi bisa meningkatkan kadar lemak jenuh di dalam tubuh. Sehingga produksi minyak di wajah akan lebih banyak. Lebih baik mengonsumsi susu yang terbuat dari nabati, seperti susu kedelai.

2. Daging Sapi

Daging sapi atau daging merah bisa menyebabkan peradangan jerawat dan menambah komedo. Daging sapi memiiki kandungan tinggi protein, yang bisa memicu meningkatnya produksi minyak. Daging olahan yang terbuat dari daging sapi, sebaiknya juga dihindari. Karena tidak baik untuk kesehatan kulit.

3. Telur

Walaupun tubuh kita membutuhkan protein dan omega-6 yang terkandung dalam telur, tetapi telur merupakan makanan penyebab jerawat dan komedo. Bagi sebagian orang, mengonsumsi telur juga bisa menyebabkan alergi kulit.

Makanan Penyebab Jerawat dan Komedo

4. Gula

Makanan penyebab jerawat dan komedo yang selanjutnya adalah gula. Gula merupakan pemanis yang bisa meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi gula bisa mengakibatkan peradangan jerawat menjadi tidak sembuh. Bahkan kadar insulin yang meningkat, bisa membuat produksi minyak berlebih di wajah.

5. Dessert

Dessert atau makanan penutup memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi. Dessert seperti kue kering, kue tart, cokelat, es krim dan semacamnya, tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hindari mengkonsumsi dessert, agar jerawat dan komedo hilang.

6. Buah Kering

Buah adalah makanan yang menyehatkan untuk dikonsumsi. Tetapi mengkonsumsi buah kering bisa menyebabkan jerawat dan komedo di wajah. Buah yang dikeringkan memiliki kandungan gula dengan kadar yang tinggi. Tak hanya buah kering, jus buah juga kurang baik dikonsumsi untuk kesehatan kulit.

Makanan Penyebab Jerawat dan Komedo

7. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau fast food merupakan makanan penyebab jerawat dan komedo. Karena makanan cepat saji diproses menggunakan minyak jenuh yang banyak, sehingga meningkatkan kadar lemak jahat di dalam tubuh. Terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, bisa mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, yang berpengaruh terhadap jerawat.

8. Makanan Laut

Mengkonsumsi makanan laut atau seafood bisa menyebabkan jerawat dan komedo. Karena seafood memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, dan jika kelebihan protein dapat mengakibatkan masalah kulit seperti jerawat di pipi. Makanan laut juga bisa menyebabkan alergi, sehingga berisiko menimbulkan ruam dan gatal di kulit.

9. Camilan

Makanan penyebab jerawat dan komedo yang terakhir adalah camilan. Camilan adalah makanan yang sering kita konsumsi saat senggang, tetapi bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat dan komedo. Karena dalam satu bungkus plastik kripik memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan produksi minyak diwajah, dan meningkatkan insulin ditubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading