Sukses

Beauty

5 Tips agar Rambut Cepat Panjang dan Tebal

Fimela.com, Jakarta Menjaga agar rambut tetap sehat dan tebal memerlukan perawatan yang dilakukan secara rutin dan teratur.  Masalah pada rambut pun dapat menimbulkan keresahan yang dapat dirasakan oleh banyak perempuan.  Rambut dapat berpotensi untuk rontok, kusut, hingga mengembang. Begitu juga dengan pertumbuhan rambut yang melambat.

Melansir dari situs Health, pertumbuhan rambut dapat disebabkan oleh banyak faktor. Seperti efek alami penuaan, perubahan hormon, penyakit, gangguan autoimun, pengobatan, dan stres berat. Rambut dapat tumbuh secara bertahap melewati beberapa fase.

Sebagian besar rambut pun akan terus tumbuh, meskipun mengalami kerontokan. Untuk mempercepat pertumbuhan rambut tersebut, Sahabat Fimela dapat melakukan beberapa cara yang mudah. Merangkum dari berbagai sumber, inilah cara-cara yang bisa dicoba agar rambut cepat panjang.

1. Mengimbangi Vitamin dan Nutrisi

Vitamin dan nutrisi yang cukup dapat memengaruhi pertumbuhan rambut agar lebih cepat panjang. Selain mendapatkan asupan tersebut dari suplemen, beberapa makanan juga dapat menjadi komponen bahan alami untuk membuat rambut tetap terawat.

Diketahui dari situs Healthline, kandungan tersebut meliputi omega 3, DHA, zinc, biotin, vitamin C, zat besi dan vitamin D. Mengonsumsi suplemen dan makanan yang mengandung nutrisi seimbang akan membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut agar cepat panjang.

2. Oleskan Minyak Esensial pada Rambut

Meningkatkan pertumbuhan rambut dapat dimulai dari menjaga kesehatan kulit kepala. Merawat rambut perlu untuk dilakukan dari akar terdalam. Itulah mengapa minyak esensial perlu untuk dioleskan pada rambut supaya rambut dapat tumbuh lebih cepat.

Namun, perlu diperhatikan juga bahwa minyak esensial tidak dapat langsung dioleskan pada kulit, tetapi harus dicampurkan dengan minyak pembawa atau minyak dasar, seperti carrier oil. Carrier oil terdiri dari jenis yang berbeda-beda, contohnya seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan lain-lain. 

Minyak esensial yang dapat bermanfaat untuk perawatan rambut ini, misalnya minyak lavender, chamomile, peppermint, dan sebagainya. Minyak tersebut dapat dipilih sesuai selera karena dapat memberikan aroma yang berbeda-beda. Meskipun begitu, minyak ini tetap memiliki fungsi yang sama untuk membuat rambut cepat panjang, kuat, dan berkilau. 

3. Mengubah Rutinitas Perawatan Rambut

Rambut memerlukan perawatan yang lebih supaya tetap sehat, apalagi faktor dari luar bisa membuat rambut cenderung mudah rapuh dan rontok. Terdapat beberapa kebiasaan yang perlu diperhatikan untuk mengurangi munculnya kerusukan rambut, misalnya dengan melakukan keramas secukupnya saja.

Gunakan kondisioner setiap kali keramas karena kondisioner dapat menutrisi dan melindungi rambut secara menyeluruh. Selalu perhatikan formulasi produk rambut yang digunakan sesuai dengan kondisi rambutmu.

Kebiasaan lain yang perlu dilakukan, yaitu membiarkan rambut untuk mengering dengan sendirinya. Diketahui dari situs WebMd, penggunaan alat pemanas pada rambut yang sangat basah bisa meningkatkan risiko rambut menjadi rapuh. Sebaiknya, kurangi penggunaan alat untuk menata rambut supaya rambut tidak mudah rontok. 

4. Mengurangi stres

Stres yang berkepanjangan dapat menimbulkan banyak dampak yang buruk bagi tubuh. Termasuk pada kondisi kesehatan rambut. Rambut akan mudah untuk rontok. Selain itu, stres juga dapat memunculkan risiko alopecia areata, yaitu kerontokan rambut karena adanya gangguan pada autoimun. Sistem kekebalan tubuh dapat menyerang folikel rambut dan menyebabkan kerusakan pada rambut. Oleh sebab itu, penting untuk dapat mengatasi dan mengelola stres supaya pertumbuhan rambut tidak terganggu. 

 

5. Memijat Kepala

Memijat kepala secara teratur ternyata dapat membantu rambut bertumbuh lebih tebal. Kebiasaan sederhana ini dapat membantu dalam meredakan stres. Apalagi, stres bisa menyebabkan kerontokan pada rambut. Memijat kulit kepala, terutama saat mencuci rambut dapat membantu untuk melancarkan aliran darah ke folikel rambut. 

Membuat rambut cepat panjang membutuhkan beberapa perawatan. Perhatikan kebiasaan baik yang bisa mendukung pertumbuhan rambut supaya lebih cepat. Selalu melindungi rambut dengan menggunakan produk yang sesuai dengan kondisi rambut dan tambahkan vitamin untuk perawatan yang lebih optimal. 

 

Penulis: Syifa Azzahra

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading