Sukses

Beauty

Cara Menghilangkan Kulit Belang Akibat Sinar Matahari, Cobain Yuk

Fimela.com, Jakarta Cara menghilangkan kulit belang sebenarnya bisa dicoba buat orang-orang yang selalu berada di luar ruangan dan terus terpapar sinar matahari. Pasalnya, terlalu sering terpapar sinar matahari ternyata dapat menyebabkan warna kulit jadi nggak merata atau sering disebut sebagai kulit belang. Ini nggak cuma berlaku buat wajah doang, melainkan juga bagian tubuh manusia lainnya, seperti tangan dan kaki.

Meskipun warna kulit yang nggak rata ini cuma berlangsung sementara, namun kehadirannya tentu bikin siapapun jadi kurang nyaman. Selain bikin penampilan jadi kurang maksimal, adanya kulit belang ini juga mampu membuat rasa percaya diri jadi menurun. Ini pun juga akan mempengaruhi gaya berbusana kamu, lho. Sebab, kamu jadi nggak bebas memilih berbagai jenis pakaian yang disukai.

Namun, gimana sih caranya untuk membuat warna kulit merata kembali? Sebetulnya, ada beberapa pilihan solusi yang bisa dicoba agar kulit belang segera hilang. Di antaranya dengan menggunakan skincare hingga perawatan dari bahan-bahan alami. Berikut tips mudah menghilangkan kulit belang akibat matahari yang bisa diterapkan.

Alasan Mengapa Sinar Matahari Bisa Bikin Kulit Belang

Kulit belang akibat sinar matahari, kok bisa ya? Seperti yang diketahui bahwa sinar matahari ini bisa mengenai kulit di manapun kamu berada, bahkan ketika berada di dalam rumah sekalipun. Sebenarnya, sinar matahari ini bisa ditangkal oleh lapisan kulit tubuh. Pasalnya, kulit manusia sendiri sejatinya memproduksi pigmen melanin, yang berfungsi melindungi lapisan kulit dari pengaruh buruk matahari.

Namun, jika lapisan kulit terus-menerus terkena sinar matahari, maka pigmen melanin pun juga akan terdampak dan sebabkan kulit menjadi belang. Inilah mengapa sinar matahari, khususnya UVA dan UVB bisa menjadi penyebab kulit wajah belang.

Cara Menghilangkan Kulit BelangĀ 

Jika kamu bertanya, apakah kulit belang bisa hilang dengan sendirinya? Jawabannya sudah pasti nggak bisa. Untuk mengatasi kulit yang belang sendiri, kamu wajib melakukan sejumlah perawatan agar warna kulit bisa merata seperti sedia kala. Lantas, apa saja tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi warna kulit nggak rata? Ini jawabannya.

1. Gunakan Skincare yang Mencerahkan

Cara menghilangkan kulit belang yang pertama adalah menggunakan skincare yang memiliki kemampuan untuk mencerahkan. Pemakaian produk skincare yang tepat biasanya akan mampu menghasilkan perubahan dengan cepat, bahkan dalam waktu 1 hari saja. Akan tetapi, bagaimana ya caranya agar bisa memilih produk skincare untuk kulit belang secara tepat dan juga efektif?

Untuk pilihan skincare khusus kulit belang, kamu bisa memilih produk-produk yang di dalamnya mengandung vitamin C, alpha arbutin, azelaic acid, kojic acid, licorice extract, niacinamide, dan tranexamic acid. Berbagai bahan ini dipercaya dapat mencerahkan kulit serta mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kekusaman. Namun, untuk lebih amannya lagi, kamu bisa kok berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli kecantikan.Ā 

2. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Cara menghilangkan kulit belang selanjutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Kamu wajib tahu bahwa melakukan hal ini ternyata dapat membantu mengurangi masalah kulit yang belang, lho. Ini bisa terjadi karena eksfoliasi kulit belang sendiri merupakan perawatan yang berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan berbagai kotoran dari permukaan kulit tubuh. Sehingga, kulit bisa lebih cerah dan belang pun akan turut berkurang.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukanlah kegiatan eksfoliasi kulit belang sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Sementara itu, kamu dapat memanfaatkan berbagai produk eksfoliasi yang mengandung AHA dan BHA, glycolic acid serta salicylic acid.

3. Pelembap Jadi Salah Satu Kunci Penting

Untuk mengatasi kulit wajah belang, pemakaian pelembap sudah menjadi sebuah keharusan untuk dilakukan. Aplikasikan pelembap ke seluruh permukaan kulit setelah menggunakan produk eksfoliasi. Hal ini berguna untuk mengunci kelembapan kulit agar nggak kering dan menghindarinya dari kekusaman.Ā 

Kulit wajah belang akan bisa dihilangkan jika kamu menggunakan produk pelembap yang tepat. Untuk urusan ini, kamu bisa percayakan produk pelembap yang mengandung retinol, vitamin C, vitamin A, vitamin E dan niacinamide yang memiliki sifat sebagai antioksidan. Pasalnya, ragam kandungan tersebut punya kegunaan untuk mengurangi kulit yang belang dan membuatnya menjadi semakin cerah.

4. Aplikasikan Sunscreen Secara Teratur

Selain melakukan eksfoliasi kulit belang dan memakai pelembap, kamu wajib juga untuk mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya secara teratur. Cara menghilangkan kulit belang seperti ini sangat penting sekali, apalagi kalau kamu memiliki berbagai rutinitas yang dilakukan di luar rumah.Ā 

Pada dasarnya, pemakaian skincare untuk kulit belang seperti sunscreen diperlukan guna melindungi kulit dari bahaya sinar UV serta menutrisi kulit agar cerah merata. Nah, untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari sunscreen, sebaiknya pilihlah yang memiliki kandungan SPF yang tinggi, minimal minimal SPF50 serta PA++++. Selain itu, jangan lupa pula untuk mengaplikasikan kembali atau reapply sunscreen setelah 2 jam ya.

5. Gunakan Vitamin C

Cara menghilangkan kulit belang yang bisa dicoba berikutnya adalah menggunakan produk vitamin C. Sudah bukan rahasia lagi jika vitamin C memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Selain bikin kulit cerah, produk skincare dengan vitamin C pun banyak diburu karena manfaatnya yang mampu mengatasi kulit belang sekaligus mencerahkan kulit.Ā 

Mengatasi kulit wajah belang dengan vitamin C dipercaya menjadi metode yang mudah dan punya hasil yang cukup efektif. Maka dari itu, pilah-pilihlah berbagai skincare yang memiliki kandungan vitamin C di dalamnya. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kebaikan vitamin C bagi kulit ini dari makanan juga. Misalnya saja seperti buah jeruk, stroberi, paprika, dan lainnya.

6. Hindari Makanan atau Minuman Tertentu

Banyak orang yang belum tahu bahwa beberapa makanan atau minuman tertentu ternyata juga bisa menjadi penyebab mengapa kulit belang nggak kunjung hilang. Lantas, apa saja sih makanan atau minuman yang membuat kulit menjadi belang dan susah hilang?Ā 

Pertama-tama, kamu wajib tahu dulu bahwa kulit yang indah dan flawless akan bisa terwujud bila kamu memperhatikan berbagai asupan yang disantap. Jika makanan yang disantap memiliki nutrisi yang seimbang, maka kulit pun juga akan menjadi lebih sehat dan cantik. Namun jika sebaliknya, maka mungkin saja kulit akan mengalami beragam permasalahan, misalnya saja seperti kulit muka belang.

Untuk itu, perbanyak makanan seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin serta mineral. Sebab, jenis makanan seperti ini yang diperlukan oleh tubuh, termasuk organ kulit. Sementara itu, hindari makanan yang mengandung banyak gula, makanan pedas, serta makanan yang berlemak atau berminyak. Lalu, hindari pula konsumsi alkohol karena itu dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

7. Menggunakan Teh Hijau

Mengatasi kulit wajah belang faktanya juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan- bahan alami. Diketahui, ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan sebagai penghilang kulit wajah belang. Salah satunya adalah teh hijau.

Bagi yang belum tahu, teh hijau memiliki kadar antioksidan yang mampu membantu melawan radikal bebas dan membuat kulit menjadi lebih bersih serta cerah. Selain itu, teh hijau juga punya kebaikan dari katekin, yang berkhasiat untuk mengurangi peradangan dan bahkan bisa mengatasi jerawat.

Cara menghilangkan belang secara alami dengan teh hijau pun juga terbilang mudah diterapkan. Kamu hanya perlu merendam kantong teh hijau selama 3-5 menit. Setelah itu, gosokkan kantung teh tersebut ke kulit secara perlahan. Lakukan tips ini sebanyak 1-2 kali, sehingga kulit yang belang tadi bisa perlahan-lahan memudar.Ā Ā 

8. Pakai Aloe Vera/Lidah Buaya

Cara menghilangkan kulit belang dengan cara alami berikutnya yaitu dengan memakai aloe vera atau lidah buaya. Sama seperti teh hijau, aloe vera juga merupakan bahan alami dengan sejuta manfaat baik bagi kulit. Sebab, di dalam bahan alami ini terdapat kandungan aloin dan aloesin yang mampu membuat warna kulit menjadi rata dan wajah tampak lebih cerah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya kalau paparan sinar matahari dapat membuat kulit menjadi belang. Tapi nggak usah khawatir lagi, karena dengan memanfaatkan aloe vera, kamu jadi bisa meratakan warna kulit kembali secara mudah dan efektif. Cara menghilangkan belang secara alami menggunakan aloe vera bisa kamu lakukan dengan mengupas kulit aloe vera dan potong-potong dagingnya menjadi beberapa bagian. Kemudian, oleskan daging dan gel aloe vera secara merata ke bagian kulit yang belang.Ā 

9. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Mengonsumsi air putih dengan cukup pun menjadi rahasia selanjutnya untuk mengatasi kulit belang. Ini karena air putih memiliki peran yang penting untuk mengatur warna kulit tubuh. Bahkan, manfaat dari air putih ini nggak cuma sampai di situ saja.Ā 

Kenyataannya, minum air putih sesuai dengan rekomendasi ahli kesehatan, yaitu 2 liter atau 10 gelas sehari, dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit, membuat kulit kusam menjadi lebih cerah, serta memudarkan kulit muka belang yang mengganggu. Oleh karena itu, jangan bersikap abai dan penuhi kebutuhan cairanmu secara rutin mulai dari sekarang.

10. Pakai Masker atau Topi untuk Hindari Kulit Belang

Mengatasi kulit belang akibat paparan sinar matahari yang terakhir bisa dilakukan dengan memakai masker atau topi. Penggunaan kedua barang ini sangat bisa dicoba agar kulit terhindar dari terkena sinar matahari secara langsung. Cara mengatasi kulit wajah belang ini tentunya bisa kamu coba dengan diiringi penggunaan sunscreen tentunya. Sebab, pada dasarnya sinar UV matahari bisa menembus berbagai objek, termasuk masker dan topi.Ā 

Itu tadi beberapa cara menghilangkan kulit belang yang simpel dan bisa ditiru. Tapi ingat, bahwa pencegahan adalah langkah terbaik dalam menghindari kulit belang dan permasalahan lainnya akibat sinar matahari. Jadi, selalu gunakan tabir surya dan hindari paparan sinar matahari berlebihan untuk menjaga kulit kamu tetap sehat dan cantik.

Jika kamu memiliki masalah kulit yang lebih serius atau ragu tentang perawatan yang tepat, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli kecantikan, ya. Sebab dengan begitu, kamu akan jadi lebih yakin lagi dengan langkah yang diambil dalam mewujudkan kulit cerah, sehat, dan tanpa belang. Semoga bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading